Cake Decorating


Setiap ngeliat kue tart yang bentuknya cantik, de selalu berharap bahwa suatu hari nanti de harus bisa bikin kue kaya gitu. Gak perlu secanggih chef di hotel berbintang atau koki di bakery terkenal yang bisa bikin tart pengantin dengan kue 5 susun. Keinginan de cuma simpel aja kok, de pingin bisa bikin kue dengan hiasannya sebagai hadiah ulang tahun untuk Rafa – Fayra dan masguh tentunya. Selama ini kan de cuma bisa bikin kue standar kaya poto disamping ini. Itupun hasil kursus CAKE DASAR beberapa bulan lalu hihihihi *malu-maluin aja deh…bikin kue aja kursus dulu*. Ini salah satu penyesalan de, knapa dulu lebih seneng nyolder dikamar dibanding bantuin mami didapur. Sekarang musti kursus segala deh.

Minggu tgl 26 Des ada jadwal Decorating Cake di Titan. Kesempatan ini langsung de ambil. Tapi de cuma masuk waiting list karena memang banyak banget yang berminat. Setelah deg-degan 2 hari, akhirnya dikabarkan ada yang batal ikut. Wah de seneng banget dan langsung transfer biaya kursusnya saat itu juga. Saat masguh tau biaya kursusnya, dia sempat kaget…mahal amat. Tapi de jawab “ilmu emang mahal mas. lagian ini kan invetasi. kalo udah bisa kan jadi peluang bisnis rumahan“. De bilang sih biaya nya wajar kok. Soalnya kita dapat makan siang, alat-alat dan bahan untuk dekorasi, juga kue lapis surabaya untuk kita hias. Tau sendiri kan kalo kue lapis surabaya mahal harganya, wong 1 kue dibikin dari 30 butir telur … gimana gak mahal.

Masuk ke ruang kursus, de bingung clingak-clinguk. Kenapa semua udah mulai asyik menghias gabus bulet. Ternyata memang dikelas ini gak ada kata pengantar dari guru. Semua meja udah dilengkapi dengan bahan dan peralatan menghias termasuk kue dummy yang terbuat dari gabus berbentuk bulat dan kotak. Trus pengajarnya (mbak fatmah) menginstruksikan ambil spuit nomor sekian dan bentuk hiasan nya. Dikasih contoh dulu sih, setelah itu kita langsung menghias diatas gabus. Kita diminta untuk terus berlatih 1 bentuk hiasan sampai hiasan yang dibuat bentuknya sama semua alias konsisten. Karena de belum terbiasa … duh berasa susah banget deh. Yang lain udah praktek bentuk lain, de maish aja berkutat dengan bentuk kerang huhuhu. Tapi (mbak fatmah terus ngasih semangat supaya de terus mencoba dan bersabar. De bilang “duh de gak bakat deh mbak. buktinya gak bisa bisa gini. masih gak sama… pertamanya gede kok lama-lama kecil yah“. Mbak fatmah nasihatin:

bakat itu cuma 10% non, 90%nya itu kemauan

. Langsung deh semangat lagi

Biar ketinggalan sama yang lain, biarin deh de dengan sabar tetep nyoba. Akhirnya bisa juga walo masih blepotan. Yang penting udah tau teknik dasarnya, tinggal kreatif ato enggak nya aja nih. Duh de mah gak punya jiwa seni sama sekali. Jadi apa yang diajarin itu yang de praktekin. Tambahin warna, tambahin hiasan bunga, jadi deh kue tart ala de yang sederhana banget ini.

Gak terasa waktu cepat berlalu. Kursus yang dimulai jam 10 pagi dan harusnya berakhir jam 3 sore … tetap aja dirasa kurang ama peserta. Bayangin ajah…dari pagi ampe jam 3 kita baru selesai bikin hiasan di kue dummy alias gabus. Sedangkan kue beneran yang udah disediain untuk dibawa pulang belum juga dihias. Akhirnya kita punya waktu cuma 2 jam untuk menyelesaikan hiasan kue lapis surabaya. Soalnya toko Titan udah mau tutup. Mana badan udah capek banget, segala ide langsung lenyap seketika. Akhirnya dengan sedikit konsentrasi dan melirik-lirik bikinan teman lain, de mencoba untuk menghias kue semampunya. Liat deh kue ungu ini…mayan kan yah untuk orang yang baru megang spuit dan baru tau yang namanya buttercream? hehehe. Saat de sampe rumah, Rafa langsung nanya “mana kue yang ada gambar batman nya ma?” walah nak…boro-boro bikin batman, bikin keong aja gak lulus-lulus. Tapi Rafa cukup bangga juga ngeliat hasil hiasan mamanya. Bahkan dia gak berani nyolek takut kue nya rusak. Saking sayangnya…kue ini masih nangkring di kulkas gak ada yang motong. hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>