TBC tulang

Sejak de menceritakan penyakit yang de alami selama tahun 2003-2004 di blog ini, de menerima beberapa pertanyaan – email – sms – bahkan telpon yang ingin mendengar secara langsung bagaimana penyakit ini bisa disembuhkan.

Supaya de gak bolak balik nulis email, menjawab SMS atau menceritakan ulang melalui telepon … de akan tulis semua informasi tentang TBC sejauh yang de tau.

De himbau untuk pembaca yang akan menulis komen atau bertanya, sebaiknya baca seluruh komen atau pertanyaan dibawah postingan ini. Karena sebagian besar pertanyaan sudah dijawab, tetapi kadang masih aja ada email, komen atau pertanyaan yang sama terus diajukan ke de. Jadi mohon maaf kalo de tidak menjawab pertanyaan/komen yang diajukan, karena mungkin de sudah pernah menjawab pertanyaan yg sama sebelumnya. Untuk itu diharapkan baca postingan ini sampai selesai. Kalau memberikan komen, tolong jangan pakai singkatan atau bahasa 4L4Y!

Untuk teman-teman yang merasa senasib dan ingin share ke pasien lain, silahkan bergabung ke dalam grup Facebook TBC Tulang Belakang

Mohon maaf kalo mungkin bahasa yang de tuturkan disini bukan bahasa ilmiah kedokteran, karena memang de bukan dokter. Kalo pun de mendapatkan informasi tsb, de menemukan melalui GOOGLE, berdasarkan penjelasan dokter, juga pengalaman yang de rasakan. Maaf kalo postingannya panjang sekali.

TBC?

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru dibandingkan bagian lain tubuh manusia. Info didapat dari sini

Bagaimana seorang bisa dicurigai TBC?

Seseorang HARUS dicurigai TBC jika:

  • Mempunyai sejarah kontak erat (tinggal serumah) dengan penderita TBC positif
  • Terdapat reaksi kemerahan cepat setelah penyuntikan BCG (dalam 3-7 hari)
  • Terdapat gejala umum TBC

Gejala umum TBC?

  • Berat badan turun selama 3 bulan berturut-turut tanpa sebab yang jelas, dan tidak naik dalam 1 bulan meskipun sudah mendapatkan penanganan gizi yang baik –> de pernah turun 10kg dalam waktu 1 bulan
  • Nafsu makan tidak ada dan berat badan tidak naik
  • Demam lama/berulang tanpa sebab yang jelas (bukan tifus, malaria atau infeksi saluran nafas akut), dapat disertai keringat malam –> suhu badan de sampai 40,5 selama 2 minggu
  • Pembesaran kelenjar getah bening yang tidak sakit. Biasanya paling sering didaerah leher, ketiak dan lipatan paha.
  • Gejala-gejala dari saluran nafas, misalnya batuk lama lebih dari 30 hari (setelah disingkirkan sebab lain dari batuk), tanda cairan di dada dan nyeri dada.
  • Gejala-gejala dari saluran cerna, misalnya diare berulang yang tidak sembuh dengan pengobatan diare, benjolan benjolan atau cairan dalam rongga perut.

Gejala spesifik TBC?

Gejala-gejala ini biasanya muncul tergantung dari bagian tubuh mana yang terserang, misalnya:

  • TBC kulit
  • TBC tulang dan sendi:
    1. tulang punggung (spondilitis): gibbus (bungkuk)
    2. tulang panggul (koksitis): pincang, pembengkakan di pinggul
    3. tulang lutut: pincang dan/atau bengkak
    4. tulang kaki dan tangan
  • TBC otak dan saraf:
    1. Meningitis: dengan gejala iritabel, kaku kuduk, muntah-muntah dan kesadaran menurun.
  • Dan lain lain

Informasi dari sini

Pengujian TBC?

Uji TBC, yang biasa disebut sebagai tes Mantoux, merupakan tes tuberkulin pada kulit dengan menggunakan 5 unit derifatif protein termurnikan (purified protein derivative, PPD) *sumpah gak ngerti juga maksudnya apa*. Kebanyakan penderita TBC tidak menunjukkan gejala apapun. Mereka dikatakan mengalami infeksi TBC jika memiliki hasil PPD yang positif, walaupun hasil foto rontgen-nya normal dan tidak memiliki tanda atau gejala TBC.

Sebagai tambahan dari tes tuberkulin pada kulit, penderita TBC juga harus menjalani tes tambahan dengan mengkultur bakteri TBC. Dengan demikian bisa ditentukan bakteri yang dikultur sensitif terhadap jenis obat apa. Karena TBC adalah bakteri yang lambat pertumbuhannya, kultur ini bisa mencapai 10 minggu untuk memperoleh hasilnya. (Biasanya penderita diminta untuk menyerahkan dahak pagi hari untuk dibawa ke lab selama 2 hari berturut-turut).

Info didapat dari sini

Bagaimana cara penularan TBC?

Ketika seseorang yang mengidap TBC itu batuk atau bersin, udara yang disemburkan mengandung titik air yang tercemar bakteri tersebut. Biasanya orang tertular TBC karena menghirup udara yang mengandung titik air terinfeksi ini. Bakteri TBC terhisap melalui saluran pernapasan masuk kedalam paru, kemudian bakteri masuk lagi ke saluran limfe paru dan dari sini lah TBC menyebar ke berbagai organ di seluruh tubuh melalui aliran darah. Dengan demikian yang dapat menularkan TBC adalah penderita TBC paru. Sedangkan penderita TBC di organ lain (kulit, tulang, saraf, otak, kelenjar, dan lain-lain) tidak menularkan TBC. Masa inkubasi, yaitu waktu yang diperlukan mulai terinfeksi sampai menjadi sakit, diperkirakan sekitar 6 bulan.

Bagaimana cara pengobatan TBC?

Penderita TBC dapat melakukan rawat jalan dan pengobatan di rumah. Pengobatan TBC biasanya berupa pengobatan oral (obat minum). Pengobatan bertujuan untuk menyembuhkan, mencegah kematian, dan kekambuhan. Pada beberapa kasus, ada tiga atau empat jenis obat yang diresepkan.

Obat yang digunakan untuk TBC digolongkan atas dua kelompok yaitu :

  • Obat primer : INH (isoniazid), Rifampisin, Etambutol, Streptomisin, Pirazinamid.
    Memperlihatkan efektifitas yang tinggi dengan toksisitas yang masih dapat ditolerir, sebagian besar penderita dapat disembuhkan dengan obat-obat ini.
  • Obat sekunder : Exionamid, Paraaminosalisilat, Sikloserin, Amikasin, Kapreomisin dan Kanamisin. *de gak pernah dapat/konsumsi yang ini*

Meskipun demikian, pengobatan TBC hampir selalu menggunakan tiga obat yaitu INH, rifampisin dan pirazinamid pada bulan pertama selama tidak ada resistensi terhadap satu atau lebih obat TBC primer ini.

Rangkaian pengobatan harus dijalani dengan lengkap agar TBC dapat disembuhkan, meskipun membutuhkan waktu beberapa bulan (TBC paru minum obat selama 6 bulan, TBC tulang minum obat sampai 18 bulan). Obat yang digunakan merupakan kombinasi antibiotik, tergantung dari resistensi bakteri terhadap obat yang umum digunakan.

Info dari sini dan situ

Fakta tentang TBC:

Micobacterium tuberculosis (TB) telah menginfeksi sepertiga penduduk dunia, menurut WHO sekitar 8 juta penduduk dunia diserang TB dengan kematian 3 juta orang per tahun (WHO, 1993).

Di negara berkembang, kematian ini merupakan 25% dari kematian penyakit yang sebenarnya dapat diadakan pencegahan. Diperkirakan 95% penderita TB berada di negara-negara berkembang. Kematian wanita karena TB lebih banyak dari pada kematian karena kehamilan, persalinan serta nifas. Info dari sini

Dengan penduduk lebih dari 200 juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia.

Hasil survei Kesehatan Rumah Tangga Depkes RI tahun 1992, menunjukkan bahwa Tuberkulosis / TBC merupakan penyakit kedua penyebab kematian, sedangkan pada tahun 1986 merupakan penyebab kematian keempat.

Jumlah penderita TBC paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat. Saat ini setiap menit muncul satu penderita baru TBC paru, dan setiap dua menit muncul satu penderita baru TBC paru yang menular. Bahkan setiap empat menit sekali satu orang meninggal akibat TBC di Indonesia. Info dari sini

TBC TULANG VERSI DE:

Awal de divonis TBC tulang

Berawal dari jatuh ditangga kampus yang kebetulan letaknya berada diantara mushola dan kamar mandi, badan de jadi sering pegal-pegal. Bolak balik manggil tukang pijat kok ya gak sembuh-sembuh juga. Akhirnya de ke dokter spesialis Rehabilitasi Medik, dilakukan fisio terapi selama 5 hari berturut-turut dengan metode ‘dipanasin’ (sebuah alat seperti lampu diletakan diatas punggung de. Setiap terapi de cuma tengkurap aja di tempat tidur), tapi tidak ada perubahan berarti.

De diminta untuk melakukan xray, ternyata tulang lumbal 2 dan 3 patah dan kelihatan ada bayangan putih disekitar tulang tersebut. Akhirnya de dirujuk ke dokter spesialis bedah tulang, kemudian dilakukan pengetesan TBC secara lengkap (mantoux dengan hasil buletan bengkak seukuran bola tenis, kultur darah dan nilai LED menunjukan TBC positif). Melihat kondisi 2 ruas tulang yang sudah hancur de diminta operasi secepatnya.

Foto xray nya nih:

Operasi pertama

Sebelum dilakukan operasi, de mencoba mencari second opinion kemana-mana. Dari dokter bedah tulang lain yang bilang setelah operasi tubuh de akan di gips selama 6 bulan, pengobatan alternatif seperti pijat, jamu, sinse, dll. Tapi semua gak ada yang berhasil, dan de gak mau badan de di gips selama 6 bulan. Akhirnya de setuju dilakukan operasi oleh dokter yang menjelaskan langkah yang sama dengan dokter pertama.

Operasi pertama dilakukan bulan April 2003. Pen titanium sepanjang 14cm dengan mur sebanyak 7 buah dipasang untuk menyangga tulang yang rusak. Tentunya abses TBC yang sudah membentuk 2 kantung nanah dibersihkan alias dibuang.

Selesai operasi de menginap 1 malam di ICU, tapi de sudah latihan gerak miring ke kanan kiri malam itu juga.

Hari ke 2 de dipindahkan ke ruang rawat biasa, mulai belajar duduk.

Hari ke 3 de belajar berdiri di pinggir tempat tidur.

Hari ke 4 de belajar jalan, kateter dicopot.

Hari ke 5 de sudah boleh pulang.

Secepat itu de?

Iyah … semakin kita cepat berlatih untuk bergerak, maka semakin cepat kita boleh pulang.

Emang gak sakit?

Sakit banget, de kan bukan robot hehehe. Tapi ini bagian dari perjuangan menuju kesembuhan!

Hasil operasinya:

Nah de berubah menjadi bionic woman deh. Hanya 3 bulan sejak operasi pemasangan pen ini, de mendapat tugas untuk mengikuti training di Utrecht – Belanda. Security checking di Changi Airport sungguh menyebalkan. Sampai 3x bolak balik keluar masuk, alat itu masih bunyi juga. Untung de di ingatkan sama teman kalo ada besi yang de bawa dipunggung … hihihihi … payah badan sendiri malah lupa. Setelah de bilang “implant” baru boleh lewat. phhhiieeewwwhhh

Operasi kedua

Dasar de bandel dan kelewat cuek, obat TBC yang harusnya diminum terus menerus mulai de tinggalkan. Apalagi setiap minum itu de selalu muntah dan diare. Merasa diri udah sehat, de stop obat itu tanpa bilang dokter. Ternyata TBC menyerang tulang de lebih ganas dari sebelumnya. Dokter menyarankan untuk melakukan rekontruksi ulang yaitu dibongkar lagi dengan operasi berikutnya. Kondisi de saat itu sangat memprihatinkan. Sudah nyaris lumpuh pinggang ke bawah. Daya tahan tubuh menurun drastis, begitu pun berat badan yang turun 10kg dalam waktu 1 bulan!

Teman-teman dunia maya banyak yang mendukung de juga mendoakan ketika mereka membaca blog ini. Bahkan atta dan pey (Blogger dari bandung) juga ikut mengantar de sampai pintu kamar operasi. Gak nyangka sedemikian perhatiannya teman2 blogger. Terima kasih semuanya.

Operasi kedua dilakukan bulan April 2004. Pen titanium seharga 14jt itu pun diangkat dari tubuh de. Abses yang timbul akibat kuman TBC dibersikan. Tulang yang remuk ikut diangkat. Sebagai penyangga, diambil 2 ruas tulang rusuk plus tulang pinggul untuk mengganjal (katanya tulang rusuk de terlalu pipih, gak cukup untuk mengganjal).

Operasi dilakukan selama 7 jam. Alhamdulillah mami diperbolehkan menemani di dalam ruang operasi (masguh ditawarin, tapi gak tega katanya). Tidak banyak dokter yang mengijinkan hal ini, bahkan operasi sesar pun kadang suami gak boleh nemenin. Mami bilang ke dokter “saya mo liat penyakit apa yang ada di dalam tubuh anak saya. Kalo pun sampai umur dia tidak panjang, saya puas bisa melihat penyebabnya“. I love you even more, mom!

Begini tampilan tanpa pen:

Setelah operasi yang bikin resleting di tubuh nambah 3 biji, de juga harus pakai baju besi yang disebut jewet / brace. Beratnya sekitar 600 gram. De hanya boleh nyopot kalo mandi dan tidur aja. De pakai selama 6 bulan. Bentuknya kaya gini:

Operasi ketiga

Busettt masih kurang de? hehehehe

2 minggu setelah operasi, suhu badan de masih juga diatas 39. Tadinya dikira hanya sementara, sebagai tanda penyesuaian tubuh terhadap banyaknya sayatan yang ada ditubuh. Tapi setelah di USG, ternyata masih ada 1 kantong abses TBC yang terletak diantara lambung dan ginjal. Pantes aja de gampang mual kalo lambungnya diisi makanan sedikit. Untungnya de masih nginap di rumah sakit.

Akhirnya dilakukan operasi lagi untuk membuang cairan tsb, yang ternyata ada sekitar 600cc (1 botol aqua sedang gitu deh). Setelah itu dibuang, tubuh de berangsur-angsur pulih. De bisa latihan duduk, berdiri sampai jalan ditempat (masih pegangan pinggir tempat tidur). Total de nginap di RS selama 1 bulan aja. Biayanya? sekitar 75jt.

Pengobatan lanjutan

Kapok dengan semua yang sudah de jalani, de putuskan untuk kembali ke jalan yang benar. hihihihi

De memakai jewet / brace selama 6 bulan, dengan penampakan seperti ini:


tampak belakang


tampak depan

De minum obat TBC yang diberikan dokter secara teratur selama kurang lebih 18 bulan non-stop. Alhamdulillah tubuh de berangsur membaik, berat badan naik dengan perlahan sekitar 1kg per bulan (total 15kg dalam waktu 1 tahun). Memang tanda sembuh dari TBC itu salah satunya adalah berat badan naik. Yang tadinya cuma tetelan ma kulit doang, yah secara tulang ma daging gak ada kan ya boowww … alhamdulillah akhirnya bisa gempal lagi.

Obat yang de minum dirubah-rubah kombinasinya sesuai dengan kondisi tubuh de antara obat suntik dan obat minum. De juga rutin cek darah dan xray, dari mulai sebulan sekali … lalu 3 bulan sekali .. sampai 1 tahun sekali. Sampai sekarang pun de masih harus rutin GCU (general check up) dan xray setiap tahun, yang de lakukan setiap ulang tahun. Kata dokter biar gampang ingetnya.

Alhamdulillah walo udah diancam untuk tidak HAMIL, de bisa menjalani kehamilan sampai melahirkan Fayra. Tapi kemarin waktu check-up tahunan, dan de mengajukan pertanyaan apa boleh program anak ke 3 … dokter bilang “masih pingin lagi? pake celana gih biar gak hamil” hahahaha pake celana mah tiap hari dok, kalo enggak nanti semriwing masuk angin. Baiklah berarti memang gak boleh hamil lagi, khawatir akan membahayakan tubuh de sendiri.

Jadi sekarang de sudah bersih dari TBC (bukan berarti gak bisa kambuh lagi yah, harus tetap jaga kondisi badan tentunya). De sudah tidak pake pen lagi, melainkan cangkok tulang rusuk dan pinggul yang ditanam sbg pengganti pen. De sudah bisa beraktifitas normal lagi, walo masih belum bisa nyetir dan melakukan olahraga ekstrim *update … de sudah melakukan body rafting di Green Canyon yihaaa*.

Pernah terjangkit penyakit TBC, baik dalam masa penyembuhan maupun sudah dinyatakan bersih … tidak berarti kegiatan kita sebagai manusia aktif harus berubah menjadi pasif. Tidak ada larangan dalam melakukan kegiatan apapun, selama tulang kita dinyatakan sudah cukup kuat untuk beraktivitas. Tetapi yang tau kondisi tubuh kita ya hanya kita sendiri.

Jadikan rasa sakit/ngilu/capek/pegal/ngilu sebagai alarm yang mengingatkan tubuh kita untuk beristirahat dan mengurangi kegiatan.

Kesimpulan:

  • TBC bisa disembuhkan!
  • Minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter.
  • Dukung penderita TBC disekitar anda untuk mencapai kesembuhannya.
  • Ingatkan penderita TBC untuk minum obat secara rutin (biasanya bulan ke 3 udah mulai males minum obat).

Kalo de yang nyaris lumpuh ini aja bisa sembuh dan gempal lagi seperti sekarang, percaya deh kalo penderita TBC lain juga bisa sembuh.

JANGAN MENYERAH sama penyakit ya. Allah SWT memberikan penyakit itu sebagai penggugur dosa-dosa kita di dunia. Kuncinya : bersyukur, tawakal dan selalu berusaha mencari jalan menuju kesembuhan.

ps:

 

 

 

  • untuk pasien dr.LG yang ketemu de waktu kontrol tahunan, jangan takut untuk dioperasi. Percaya deh kalo beliau punya PENGETAHUAN, PENGALAMAN dan PERALATAN yang tidak diragukan lagi.

 

 

  • untuk bu tina di Bandung, selamat menjalani rekontruksi. De tau gak gampang menjalani ini semua, tapi yakin aja bahwa ibu pasti BISA!

 

 

  • untuk 2 orang teman de yang menderita TBC otak dan telah pergi menghadap Illahi, selamat jalan yah. De tau kalian bukan menyerah karena penyakit, de tau perjuangan kalian sampai nafas terakhir dihembuskan. Ini pasti yang terbaik dariNYA untuk kalian. Rest in peace friends! Kalian gak akan merasakan sakit lagi sekarang.

Alhamdulillah PEN titanium difoto atas telah de hibahkan ke BIBAH yang saat ini menderita TBC Tulang pada Lumbal 5. Semoga pen tsb cocok ditulang belakangnya dan berguna untuk badannya. Cerita lengkap bisa dibaca di sini

Sekarang secara tidak resmi de jadi penyuluh TBC tulang nih hehehe.

359 thoughts on “TBC tulang

  1. Wuaaah lengkap bgt, serasa ngunjungin blog dokter :p

    ikut ngedoain buat bu Tina, dan al fatihah buat yang telah pergi. semoga kita bisa mensyukuri nikmat jasmani yang sudah diberikan Allah SWT, AMiin! :)

  2. waaah, selama ini za pikir TBC itu ya batuk aja, ternyata ada TBC tulang juga…. ngeri jadinya. Tapi, untung segera tau, jadi bisa mencegah….

    tetep semangad mbak De….!

  3. nambahin de …
    waktu ei ikutan seminar PESAT sesi TBC, katanya TBC tidak akan menular hanya dengan sekali interaksi dengan penderita TBC. Tapi minimal 2 minggu berturut2 setiap hari berinteraksi, baru bisa ketularan.

    sekarang banyak dokter yg vonis pasien dengan istilah flek paru, berdasarkan hasil photo rontgen, tapi terapinya persis seperti terapi tbc paru dikasih obat selama 6 bulan.
    kalo ada yang di vonis flek paru sama dokter trus dikasih terapi pengobatan 6 bulan, mendingan minta test mantoux dulu atau cari second opinion ke dokter lain
    terapi pengobatan 6 bulan saat ini hanya untuk yang positif sakit tbc. Terinfeksi kuman TBC tidak selalu sakit TBC. Lengkapnya liat di sini : http://www.idai.or.id/hottopics/detil.asp?q=70

  4. wah ternyata panjang banget ya ‘pergulatan’ De dengan TBC.
    Asli baru tahu klo TBC bisa menyerang tulang, kirain cuma menyerang ke paru2 doang.

    Itu yang di bandara Changi…kok bisa lupa siy De…

    nyimpang dikit dari topik:

    layout nya balik ke yang lama ini ya?
    tentang Rafa yg gak mau bangun sahur: wah jangan dibiarin De, harus sahur meskipun cuma dikiiit.
    Ayo Rafa semangat puasa ya…

  5. Mba..De..Top deh postingan dari mba. Sangat berguna bagi yg sudah menjalani ataupun yg belum tau kayak aku.
    Pokoe..ALLAH maha sayang ya mba…Setiap sakit pasti ada obatnya. seperti mba de..yg selalu ikhtiar ini.

    Buat Rafa..selamat puasa juga yahh..jangan takut kayla juga kurus he he. yg penting sehat dan bergizi.

  6. postingan dengan informasi yang sangat bagus bermanfaat bagi banyak orang. Insya Allah membawa barokah,..
    Alhamdulillah de saat ini telah sembuh dan sehat beraktifitas kembali,..
    mengaminkan doa doa de atas teman-teman,..

  7. Tulisan2 mbak De terarah dan yang baca cepet ngerti walopun bahasa2 yang digunakan jaoh dari kehidupan sehari2 hehehe… Artikel kayak gini nih yang dibutuhkan oleh banyak orang…
    Btw met wiken… met puasa… kalo mas guh di ostrali… oleh2 lebaran na banyaaaaaaaaak :D hehehe

  8. Tante saya divonis dokter kena TBC tulang, bahkan disuruh operasi… tapi beliau masih takut, mohon izin tulisannya mu di print untuk tante, supaya dapet pencerahan, makasih banyak infonya…

    silahkan danish. Semoga bisa menambah semangat tantenya. Semoga diberikan kesembuhan yang sempurna. amin

  9. wah, gue baru tau tyt ada TBC tulang
    gue pikir elu operasi tulang karena jatuh hihihi…

    setelah gw jatuh itu baru tau kalo dalemnya ada TBC tulang din. Jatuh itu sebagai ‘jeweran’ untuk gw kek nya. kalo gak gitu gw gak sadar-sadar

  10. salut gw ama lo..ternyata lo berjuang banget bt sembuh…sekarang ade gw lagi sakit. Katanya sich sakit TBC tapi ga tau sakit TBC Tulang ato bukan..tapi dia awal gejalanya, juga jatuh tp jatuh dari kasur. setelah itu tulang belakangnya sakit. ke tukang urut, diurut2in, ga sembuh-sembuh juga. trs kemaren discan ktnya sih TBC…ga jelas juga nich..tulangnya sampe sekarang msh sakit, kdg suka nyeri..moga-moga bkn TBC tulang..:d

    sebaiknya bawa adik kamu untuk periksa lebih lengkap lagi deh. hasil scan menunjukan TBC, udah di mantoux dan tes darah belum?

    periksa secepatnya, agar penanganan bisa maksimal. Sebelum sakitnya bertambah parah

  11. Nggak nyangka ya.. ternyata mbak De punya pengalaman hidup yang penuh perjuangan! Hebad.. bisa menjalani semuanya dengan penuh semangat!

    Baca postingan ini jadi ngerti banyak tentang TBC. Kirain TBC itu cuman paru doang :D .
    Tunggu aja… bentar lagi nongol di Majalah Kesehatan :P

  12. buat de boleh tau alamat emailna ga?
    aqu juga ngidap penyakit itu… sekarang dah operasi yang ke 2 penna diambil..

    cm mau sherring aja secara pribadi.

    hai Gustin,
    de udah email kamu yah. Tapi kalo belum diterima, kamu bisa email ke mama at rafayra dot com

  13. great….tulisan yg bgus pwt penyemangat ..

    dibadanq jg ada pen nya tp krna kna skoliosis.. :-) ..

    wktu itu prnh posting di msi kn???

    lam kenal mba’ de…

    uchie

    de udah baca blog kamu. PEN nya panjang juga yah

  14. Ak juga sekarang kena penyakit TBc tulang. boleh minta alamat emailnya ga? atau FS?

    email : mama at rafayra dot com

    FS atau FB : dekretno at yahoo dot com

  15. mbak mbak mau tanya masa recov TBC itu harus 6 bulan ya??mungkin gak bisa di percepat atau justru malah jadi lama??faktor penyebabnya apa aja??kalo kena TB paru selain obat dokter punya anjuran kah buat mempercepat penyembuhan??maklum udah mulai k.o neh nelen obat dokternya hehehehe

    masa pengobatan TBC itu minimal 6 bulan. Kalau TBC tulang lebih lama, butuh waktu 18 bulan. De sih gak nyaranin pengobatan lain selain ke dokter. Karena de juga udah nyoba yang lain, tetap aja balik ke dokter.

  16. de…teman saya ada juga yg terkena penyakit TBC Tulang,kalau boleh saya tahu kemarin de operasinya dimana,mohon informasinya.Saya dengar-dengar biaya operasinya mahal sekali.sekali lagi mohon dibantu informasinya.sebelumnya terima kasih banyak.

    Udah de jawab di komen sebelumnya.

    Operasi pertama thn 2003 de lakukan di RS. Pondok Indah oleh dr. Ifran Saleh

    Operasi kedua dan ketiga thn 2004 dilakukan di RS Mitra Kemayoran oleh dr. Lutfi Gatham

  17. Mau tanya dong, waktu itu pakai dr siapa n praktek di mana? Thx ya.

    Operasi pertama di RS. Pondok Indah sama dokter Ifran Saleh
    Operasi kedua dan ketiga di RS. Mitra Kemayoran sama dokter Lutfi Gatham

  18. Saya juga pernah kena penyakit tbc tulang punggung. Gejalanya awal tahun 2007 dan aku sempat opname 2 kali, meski sudah divonis oleh dokter tuk secepatnya operasi. Akhirnya awal juli aku lumpuh dari pinggang kebawah, terus aku dibawa ke surabaya. ke dr. Soetomo. Disana aku gak bisa apa2 selama 2 bulan. Cuma bs gerakan tangan dan kepala saja.

    Awal agustus 2007 aku operasi pertama tuk membersihkan virus tbc. Karena virusnya sudah kering, maka tulang aku harus dikerok, sehingga aku harus di operasi lagi kedua kali tuk pasang pen.

    Setelah operasi aku harus belajar tuk duduk, meski rasanya sakit tapi aku punya tekad tuk sembuh, dan aku harus minum obat selama hampir setahun. Aku juga harus pake baju yang dibuat dari fiber selama 6 bulan.

    Tuk kembali seperti normal butuh perjuangan yang sangat berat dan panjang. Tanpa dukungan dari orang dekat dan dari semangat sendiri mustahil aku bisa jalan seperti ini. Dan juga aku membutuhkan mukjizat dari Allah, dan alhamdullilah aku mendapatkannya dengan izinya karena aku sudah pasrah atas kehendak-Nya. jika aku memang umur aku sudah gak panjang lagi aku siap diambil kapan saja.

    Tepat setahun agustus pertengahan 2008 pen aku dicabut. dan sekarang aku dah bisa jalan lagi, bisa aktivitas seperti dulu.

    Alhamdulillah, another success story. Berjuang melawan penyakit mematikan, memang tidak mudah. Tapi bukan tidak mungkin! semoga kita diberi kesembuhan yang sempurna. Amin

  19. ibu q ckrng terserang TBC tulang kata dokter gak perlu d oprasi,ckp minum obat selama 1thn,kira2 nti setelah 1th bs sembuh kaya semula gak ya????????/
    cz ckrng ia sulit untk berdiri…………….^_^
    coment

    Mungkin kondisi ibu kamu belum terlalu parah. Jadi belum diperlukan tindakan operasi. Yang pasti TBC bisa disembuhkan. Minum obat secara teratur aja, jangan sampai putus.

    Tapi kalau sudah sampai sulit berdiri, dokter memutuskan belum perlu operasi…. mungkin kamu perlu ke dokter lain. Cari opini kedua atau bahkan ketiga. Untuk memastikan aja bahwa memang belum perlu dioperasi dan kondisi nya tidak terlalu parah.

  20. hebattt…aq salut ma kegigihan mbak de.
    jd inspirasi aq tuk jalani pengobatan lg …
    smoga qt sll dpt perlindungan dan kekuatan dari Nya… amien

  21. aku jg setahun yang lalu kena tb tulang.. udah minum obat teratur dan berat badan naik 20kg alhamdulillah.. sekarang masi minum rifam sama inh 1x perhari.. kata dokter masi satu tahun lagi minum obatnya..
    yang aku takutkan istri apakah bisa tertular..?soalnya barusan dia mengeluh sakit pegal2 di kaki kirinya..
    yang aku dapat dari berbagai info klo kita sudah minum obat at least 2 bulan. dia udah gak bisa menular lagi dan yang paling berbahaya menular adalah balita.. apakah benar demikian?
    mohon sharing infonya mba de, dan teman2 lainnya.. dan apa saja pencegahan terbaiknya..
    trims,,

    Alhamdulillah udah bisa melalui setahun yang lumayan berat. Obatnya diminum terus yah, jangan sampai putus. Sayang loh kalau harus mengulang lagi.

    Untuk TBC selain paru, tentu aja tidak menular. Kalaupun ada kerabat kita yang kena TBC setelah kita, pasti disebabkan oleh pasien TBC paru.

    Coba istrinya dicek dulu yang lengkap ke dokter. Biar dapat jawaban yang lebih jelas aja. Apa pegal2nya itu krn TBC tulang atau ada penyebab lain. Atau mungkin cuma kecapekan aja.

    Pencegahan terbaik tentu aja dari pola hidup. Bagaimana kita senantiasa menjaga tubuh kita tetap sehat. Makan dan olahraga secara teratur, itu yang paling utama. Dan kalo kita merasa ada sesuatu yang aneh dalam tubuh kita, secepatnya periksa ke dokter. Itu aja paling.

    • Assalamualikum.. Nama saya iin ( coWok)

      Sekitar 2 bulan terakhir ini ,saya mengalami sakit di tulang belakang bagian bawah / pinggang,

      Tadinya ga saya rasa, karena saya pikir cuma sakit pinggang biasa karena kecapean ,tp akhir2 ini sakitnya malah semakin parah,?
      Apa lg di saat saya gerak,jongkok,tiduran,duduk, serab salah deh pokoknya,?

      Selain sakit di tulang pinggang, sekarang. Di tambah lg, rasanya kayak lg kebelet pup and pipis, tp anehnya di bawa ke toilet , jongkok berjam-jam, ga ada yg keluar?

      Saya udah coba pijat ke tukang urut,tp ga ada perubahan, terus saya coba ke dokter, kata dokter otot tegang, lalu saya di suntik,sehari setelah saya di suntik sih memang hilang total sakitnya, tp 2 hari kemudian kambuh lg..?

      Ada teman menyarankan coba di bawa ke tukang urut, mungkin turun bero,kata tukang urut, setelah mendengar keluhan saya,saya positif turun bero, tp stelah bero saya di naikin lg, hasilnya ttp sama, sampai akhirnya td siang saya berobat dan konsultasi ke dokter, kata dokter saya di sarankan mekmakai korset penyangga tulang belakang, saya juga di kasih rujukan untuk segera test rontsen dan Xray.

      Mohon kepada teman-teman bantu info dan solusinya buat saya,
      Thanks.

  22. Waa lengkap bgt infonya,mba ade blh tanya ga dr.LG itu dimana? Soalnya temen saya jg kena TB tulang.terima kasih ya infonya

    dr. LG ada di RS Bintaro, RS Pondok Indah, RS Mitra Kemayoran, RS Fatmawati

  23. salam kenal,

    Apa ada yg pernah ngalamin tiap bangun pagi tulang punggung belakang area belakang lambing sakit luar biasa,

    Apakah gejala awal tbc tulang bisa jg seperti skt punggung yg saya alami?

    Salam,
    Ve

  24. Untuk Mbak Khojia yang sedang berjuang untuk penyakit ini smoga bisa mengatasinya n cepat sembuh aja.
    Allah akan memberi kekuatan untuk kesembuhan Mbak.

    Khojia? Siapa kah?

  25. Mbak De, mau tanya dong…
    kalau boleh tahu kenapa operasi 2&3 tidak dilanjutkan dengan dr. Ifran Saleh?
    Thanks yah.

    Dulu operasi pertama ke Dr. Ifran, karena Dr. Lutfi lagi ke US. Nah begitu harus operasi ke 2&3, balik lagi ke Dr. Lutfi. Memang knapa?

  26. Oh begitu.. Saya lagi bingung pilih dokter untuk operasi mbak. Kebetulan mbak De pernah sama 2 dokter. Saya takut salah pilih mbak.
    Thanks ya mbak.

    2-2nya sangat berpengalaman kok. Lagian kan mereka punya pengalaman, pengetahuan, dan peralatan. Insya Allah percaya saja ama mereka. Kapan mau operasi?

  27. Rabu pagi ini aku dioperasi ama dokter ifran mbak. Bantu2 doanya mbak. :)
    Thanks.

    Insya Allah, semoga diberikan kesembuhan yang sempurna yah. Kalo ada apa2 YM aja: dekretno

  28. Subhanallah….luar biasa..
    Terimakasih banyak sharingnya ya..
    Untung ketemu mb de baru setahun belakangan…kalo dulu2 ketemunya, ngeri kali ya melihatnya (abis adanya tulang+kulit doank)..skr nggak nyangka kalo mb de alumni sarang TBC tulang, orangnya lari2 & brisik melulu he he..kayak nggak pernah sakit…saya yakin info ini sangat bermanfaat bagi semua orang…tetap semangat ya mb e..wasslam

    setidaknya sekarang badan de udah ada ‘tetelan’nya kan? gak brani bilang montok soalnya hahahaha.

  29. mbak saya punya kaka ipar juga pengidap penyakit TB baru ini masuk ke rumah sakit dinyatakan TB otak dan syaraf, sekarang kondisinya sudah dibawah sadar, mungkin anda sekalian ada yang tahu ttg TB yang satu ini saya tunggu jawabannya, adakah harapan sembuh untuk TB otak ini Thanks

  30. informasinya bagus banget, lengkap, dan membuat optimis pembaca termasuk saya. Apakah boleh sharing lewat email? Ada satu hal penting yang ingin saya tanyakan, yaitu apakah orang yang pernah tbc masih bisa hamil secara normal, tanpa usaha inseminasi, misalnya? terima kasih banyak!

    alhamdulillah…semoga berguna

    silahkan mbak kalo mau email ke mama at rafayra dot com aja

  31. saya dari malaysia..
    mahu tanya, macam mana nak cegah TB tulang..?
    kena operate juga ke?
    xdela teruk sangat..
    cuma sakit2 belakang jer…

  32. saya mo tanya, mungkin mbak sedikit banyak udah tahu, anak saya divonis kena TBC Otak, kira2 bisa sembuh, nggak?

    pertanyaannya berat banget nih.
    Jujur de gak bisa bilang apakah seseorang bisa sembuh dari TBC atau enggak (apapun TBCnya). Semua tergantung dari bagaimana pasien menyikapi penyakitnya aja. Kalau kita semangat untuk mencapai kesembuhan, maka insya Allah kita diberikan kemudahan melaluinya.

    Support dari lingkungan terdekat pasien (keluarga, teman, dll) sangat dibutuhkan.

    Lebih baik konsultasi ke dokter aja untuk tau lebih jelas kondisi penyakitnya dan bagaimana proses penyembuhan yang harus dilalui

  33. berawal dari jan awal sekitar tgl 5,aku demam2 bolak-balik dokter yang berbeda dengan obat berbeda hanya penghilang sakit dan dgn diagnosa yang berbeda-beda.sampai akhirnya rujuk ke Rs.Budhi asih,dan test2 semua sampai positive tbc tulang.karena ada benjolan yang terasa nyeri di leher.membuat badan pegel2 selalu stiap saat demam.

    Trus gimana kondisi kamu sekarang? Sudah membaik kah?

  34. wah.. mba ceritannya mengharukan banget.. baru baca aja udah langsung tersentuh..

    ternyata TBC msh bs di sembuhkan ya mba?
    bgini mba, ada tmn dket saya yang di diagnosa sm dokter mengidap TBC Tulang..

    mdh2an aja deh g terjadi cz br diagnosa aja.. skarag c bru tahap X-ray, Periksa Dahak, sama sample darah..

    mau nanya ni mba, dulu mba pas terserang pnyakit tsb di rumah sakit mana? menurut mba rmh skt mana yg bagus di jakarta ini buat penanganan penyakit ini?

    mba saya msh pgn tanya lbih jauh lagi ni, maukah mba berbagai ilmu dgn saya? ini demi teman dekat saya jg mba.. makasih ya mba.. bolehkah kita sharing di email saja?

    ni email saya rama_a_ekavitra@yahoo.co.id mohon jawab pertanyaan saya ini di email saya ya mba..
    makasih byk lho mba atas informasinya.. karena informasi mba dpt menolong byk orang..

    semoga sehat selalu..

    Hai Rama,

    Terima kasih ya udah baca blog de.

    Saat divonis TBC tulang, kebetulan de berobat di RS Mitra Kemayoran. Setelah itu mencari kebenaran vonis dengan pindah2 dokter. Dari MMC-kuningan, RS. Siaga Raya, RS. Pondok Indah. Dan ternyata smua menyatakan penyakit yang sama.

    Operasi pertama dilakukan di RS. Pondok Indah oleh Dr. Ifran Saleh

    Operasi kedua dan ketiga dilakukan di RS. Mitra Kemayoran oleh Dr. Lutfi Gatham

    Sebenarnya gak bisa bilang RS mana yg bagus untuk penanganan penyakit ini. Yang terbaik untuk proses penyembuhan adalah bagaimana pasien menyikapi penyakit yang dideritanya.

    Kalau mau ngobrol lebih enak, kamu bisa SMS ke nomor yang de kasih via email. Nanti de yang telp kamu deh

  35. Mbak saya juga pasang pen dipunggung sejak tanggal 13 November 2006 di RS. Panti Rapih Yogya dan dokternya Tedjo Rukmoyo. Dan sampai sekarang masih dipunggungku.

    Tulangku yang rusak tulang lumbal 3 hancur karena kena virus tbc dan itu gara-garanya jatuh di tahun 1996 dan terasa baru tahun 2006. Karena memang dulu aku gemuk 74kg langsung jadi 57kg tetapi setelah operasi dan keluar dari rumah sakit dan minum obat tbcnya cuman 6 bulanan berat badanku naik jd 65kg, ttp ak skrg diit buat kurusin bdn ttp hrs sehat.

    Mbak kalo hamil bgmn karena aku belum nikah jadi menurut mbak bahaya gak?

    Insya Allah aku mau lepas pen dipunggung Juli 2009 doain berhasil ya….
    Terima Kasih

    hai Diana,
    Kalo mo hamil gampang kok. Tapi cari suaminya dulu biar aman ada yang tanggung jawab. hehehehe

    Sebaiknya kamu pikirin setelah lepas pen aja. Nanti konsultasi ke dokter aja prosedurnya gimana.

    De udah operasi 3x berhasil hamil lagi tuh. Asal muasalnya bisa dibaca disini dan lengkapnya baca di situ

  36. Assalamualaikum…
    Hai De…, ternyata kita punya pengalaman yang sama,boleh kan Ry berbagi cerita.

    posisi tulang belakang Ry yang terkena serangan adalah posisi thorax IV – VI, sejajar lingkar dada,disanalah tempat plat platina itu ditanam, baru 1.5 tahun yang lalu, di RS Halmahera Siaga BDG .

    Walaupun Ry cuma 1x operasi, tapi karena posisi tersebut pusat syaraf sensitif dan pusat keseimbangan tubuh, efek sampingnya setelah keluar ruang operasi Ry sempet lumpuh dari pinggang ke bawah, kaki ini betul2 gak bisa bergerak.

    Wuuiiiihhhh….serasa runtuh dunia ini, knapa gini jadinya ? operasi yang diharapkan bisa menghilangkan penyakit malah menimbulkan masalah baru.

    Tapi Alloh memang maha besar, Ry masih diberi kesempatan untuk sehat, lewat fisioterapi dan banyak berlatih, juga support dari orang2 terdekat, terutama mama, akhirnya fungsi kaki ry berangsur-angsur pulih, saat ini ry sudah bisa jalan lagi, walaupun belum normal seperti sebelumnya, terutama kaki kanan yang masih kaku dan agak susah digerakkan juga keseimbangan tubuh yang masih belum stabil, jd jalan nya msh goyang-goyang gitu deh.. kyk orang teler…he..he..

    walau begitu Ry bersyukur banget, skrng udah bisa kerja lagi, ampe detik ini, ry msh minum obat dan terapi, mudah2an, bisa pulih 100%

    thanks ya De udah mau berbagi cerita, ry jd gak ngerasa gak sndiri berjuang melawan penyakit ini.

    semoga semua penderita TBC juga bisa sembuh total dan tetap semangat menjalani hidup.

    Gak ada yang gak mungkin klo ALLOH berkehendak.

    Thanks udah mau denger cerita Ry.

    Hai Ry,
    Terima kasih udah baca blog de.

    Semangat ya Ry, kamu pasti bisa melalui ini semua. Kalo de aja bisa sehat lagi seperti skrg, de yakin yang lain juga bisa.

    Kesembuhan hanyalah wujud dari kemauan! Kalo kita mau dan semangat untuk sembuh, maka kesembuhan pasti terwujud.

    Semoga kita diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin

  37. De….
    iparqu di diagnosis kena tbc tulang blum lama. Padahal,diagnosis awalnya karena osteoporosis di bagian pinggul.Osteoporosisnya tidak dioperasi melainkan di gips dan sudah menjalankan terapi.Tapi, karena tidak kunjung sembuh (masih sering sakit padahal sudha hampir 3 tahun lho) akhirnya coba tanya ke dokter spesialis lain dan di diagnosis kena tbc (3 dokter lho de…).Masalahnya de, iparqu ini takut di operasi.Sedangkan yang aku liat di blogmu operasinya panjang juga yach….Kira2 ada nda sepengetahuanmu alternatif lain untuk pengobatan tbc tulang selain di operasi.
    Thank ya de….
    PS: De, tolong reply ke emailqu juga yach…

    Hai Hani,
    De memang pernah mencoba beberapa alternatif untuk menghindari operasi. Dari mulai pijet, jamu, sinsei,dll. Tapi gak ada yang berhasil.

    Jadi de gak menyarankan teman2 untuk mencoba hal itu juga. Lebih baik ke dokter aja deh

  38. Hi Mba, pacarku juga belom lama ini habis operasi tbc tulang belakang.minggu kemaren sudah boleh pulang dari RS setelah sminggu sbelumnya dioperasi . sy bisa ngerasain gimana perjuangan mba waktu itu , wah hebat , smangat mba besar bgt.salut utk mba .

    mba boleh berbagi pengalaman ga , gini setelah dioperasi apa pinggang mba jadi linu2?

    soalnya sampe sekarang pacar sy ini pinggang nya masi sakit pasca operasi . dokter masi tetep suru pake korset utk bbrp bulan .tapi anehnya kadang bisa lbh sakit dari beberapa hari setelah operasi.
    takutnya pinggangnya itu sakit karena tbc nya menyebar kepinggang atau ada saraf yg kejepit waktu berlatih jln .

    apa mba juga dulu ngalamin yg sama setelah operasi ? mba bisa mulai hidup dgn normal lagi & berhenti bed rest berapa lama? sy boleh email ke email pribadi mba ga?atau sy ym ? makasi yach mba utk share nya .

    hai eva,
    setelah operasi, perasaan ngilu didalam tulang – perih dijahitan – kaku dibadan … itu smua pasti dirasakan ama de juga. Yah de kan manusia juga, bukan robot hehehe.

    Apalagi 2 tulang pinggul dan 2 tulang rusuk diambil untuk dicangkok ke punggung. Jadi bekas potongan itu berasa banget ngilu nya. Jangan tanya gimana rasanya saat dokter pencabut benang jahitan sepanjang 30cm dipunggung yah … rasanya luar biasa ^_*

    Malah krn tulang pinggul dikiri itu diambil, saat bisa jalan .. de agak pincang jalannya. Tapi dokter mengingatkan de utk tidak membiasakan jalan pincang, karena takut akan keterusan. Jadi de belajar jalan dengan posisi badan tegap. Untungnya dengan bantuan korset/jewet, badan de udah tegak dengan sendirinya. Malah teman2 bilang “lo itu abis dirumah sakit sebulan, atau akademi militer?” hahaha

    Hidup normal lagi brapa lama?

    wah de gak merasa hidup de gak normal, cuma de merasa jadi orang sakit doang yang kebetulan numpang nginep 30 hari di RS, 2 hari di ICU, 3x di kamar operasi

    stelah itu dirumah saya tidak total bedrest. Cuma saya berhenti dari kerja kantoran aja. Pekerjaan dan kegiatan lain dirumah dilakukan normal aja. Korset/jewet tetap saya pakai selama 6 bulan.

  39. Assalamualaikum,
    Boleh kenalan ya…
    Nggak sengaja ketemu blog de pas cari ttg skoliosis
    cerita yang luar biasa, kisah yang sama pernah saya alami sekitar th97-99
    Tahun 97 saya mulai merasa sakit dengan gejala yang macam-macam dan tidak khas sampai dokter pun sulit menyimpulkan saya sakit apa, perut membesar tapi tidak hamil, mual, kembung, kejang perut, BAB sakit, ada pembesaran kelenjar di selangkangan , hernia, kaki terkadang sakit sekali sampai puncaknya haidz saya ikut berhenti. Anehnya hasil laboratorium semua baik( Salah kali ya) pemeriksaan penunjang seperti usg dan rontgen pun tak bisa membuat dokter mengambil keputusan. Akhirnya th 98 saya beranikan diri untuk menjalani operasi, sebelumnya saya sangat takut operasi, takut nggak bangun lagi, hehe.. konyol bener. Hasilnya rongga perut saya penuh dengan cairan abses kuman TB, lapisan perut saya koyak karena kuman tsb sehingga usus saya turun ke selangkangan, itu yang menyebabkan kalo BAB sakit luar biasa. Dari hasil PA saya menderita TBC perut dan kelenjar. Satu hal yang amat saya syukuri dari hasil PA tsb tidak nampak keganasan. Dari situ saya yakin akan sembuh jika saya tertib minum obat tb yang dianjurkan dokter, pengobatan direncanakan 12 bulan. Kondisi saya waktu itu sama dengan de tinggal tulang berbalut kulit, tinggal 33 kg sebelumnya 47-49 kg.
    Cerita masih berlanjut.
    Entah karena kuman sudah telanjur menyebar kemana-mana atau karena kondisi melemah karena kuman tb, 2 minggu setelah operasi, badan saya mulai kaku-kaku, sendi mulai sakit kalo digerakkan, dari berdiri,jalan, duduk tidak bisa saya lakukan. Akhirnya saya hanya berbaring,itupun saya sulit bergerak kekanan dan kekiri, bisa tapi sakit dan berat. Ketika dikonsulkan sama suami itu karena tb-nya, jika kuman melemah semua gejala itu akan hilang. Itu belum selesai, luka jahit di selangkangan yang semula kering, bengkak lagi. Dokter bilang kalo pecah jangan panik dibersihkan saja. Benar sesampai dirumah lansung pecah dan terus menerus mengeluarkan cairan, baru kering setelah enam bulan pengobatan. Syukur alhamdilillah, saya merasa telah dipanjangkan umur saya, sedikit demi sedikit kesembuhan itu nampak. Bln ke-4 saya sudah bisa ruku’, haidz saya datang lagi dan terus teratur sampai sekarang, kekuatan fisik saya pulih dan berat tubuh saya meningkat hingga sekarang sudah bulat dan bundar. Saya dinyatakan sembuh setelah pengobatan 12 bulan, dengan meninggalkan bekas bengkoknya tulang belakang ya skoliosis itu tadi. Sebenarnya tidak mengganggu.
    Kalau tidak diingatkan Allah seperti tidak sengaja nemu blog ini sering lupa kalo pernah sakit. Jadi ingat untuk lebih syukur lagi.
    Dulu ketika sakit saya pernah mencoba jalan ke kamar mandi dari kamar saya yang hanya 5m, butuh waktu 15 menit itupun dengan dituntun suami sambil nangis karena sakit, tahun kemarin Allah beri kesempatan untuk ibadah haji, kita jaln kaki dari tenda untuk melempar jumrah ke jamarat menempuh jarak 14 km pulang pergi tanpa berhenti. Subhanallah, saya menangis penuh syukur merasakan kemurahan dan kekuasaan Allah.
    Untuk yang masih sakit, jangan pernah putus asa, Allah-lah yang akan menyembuhkan segala penyakit, amat mudah bagi Allah untuk angkat semua penderitaan kita.
    Buat de, semoga Allah selalu menjadikan de menjadi orag yang selalu bersyukur dan diberi umur yang barokah
    wassalam

  40. Mba de,
    saya mau tanya
    saya kan baca tulang rusuk mba de kan diambil 2ruas, bs numbuh lagi ga mba tulang rusuk yg diambil.
    thanks ya info nya

    hai lydia,
    tulang rusuk yang sudah diambil tidak bisa tumbuh lagi. Tapi kata dokter, manusia dengan 2 tulang rusuk aja masih bisa hidup kok. Sementara de dari 12 sisa 10…masih cukup lah. hehehe kaya barang apa aja yah.

    tapi tulang pinggul yg diambil 2 ruas itu, katanya akan tumbuh sampai umur kita 40th. gak tau deh tumbuhnya akan sempurna seperti sebelum diambil atau enggak. De gak berani ngintip hihihihi

  41. Mba ade makasih bgt ya td udh jawab email saya.mba klu boleh saya mau tanya lagi? Ngilu yg tulang rusuk itu brp lama br ga brasa? Mesti minum obt anti sakit ga& klu perlu minum brp lama? Klu makan ada pantangan ga mba? Kata orang-orang habis dioperasi ga blh makan makanan dingin.terima kasih bnyk ya mba,.maaf ni jd bnyk pertanyaan,thanks ya infonya

    Ngilu dirusuk brapa lama yah gak berasa…lupa tuh. Pokoknya kalau dijalankan dengan ikhlas dan terus bersyukur kita masih diberikan kesempatan utk hidup … insya Allah semua akan lebih ringan. De menghindari obat penghilang rasa sakit atau ‘pain killer’. Takut ketergantungan dan kebiasaan. Jadi sakit n ngilunya dinikmati ajah. Pantangan makanan gak ada. Pantangan kegiatan cuma:

    • no high heels / gak boleh pake sepatu dengan hak >3cm
    • no more car driving / boleh nyetir kalo mobilnya matic dan jalanan gak macet
    • gak boleh bawa beban lebih dari 3kg
    • gak boleh sering-sering naik turun tangga

    Intinya sih gak boleh jadi orang susah kali ya hehehe

  42. mw tanya mbak de…
    klo blh tahu, operasi dilakukan dimana? oleh dokter siapa?
    makasih

    udah dijawab sebelumnya loh. coba scroll up-down

  43. Mbak de,
    saya ibu tina di Bdg.

    trims atas doanya. skrg Alhamdulillah saya sudah sembuh dan sudah bekerja lagi 3 bulanan ini.

    saya dulu dioperasi 2 kali, yaitu di RSHS dan di Fatmawati karena ada abses.

    Saya dulu dpt info dari De ttg Dr.Lutfi dan saya dioperasi yg ke 2 oleh Dr Lutfi.

    Sekali lagi terima kasih ya atas semangatnya. Ini saya pakai email anak saya rivan. Kalau boleh saya ingin tahu email atau no kontak ry yang TB tulang dari Bdg.

    Bu Tina,
    Alhamdulillah ibu sudah bisa bekerja dan sehat lagi seperti semula. Inti dari kesembuhan itu cuma KEMAUAN. Kalau kita mau untuk sembuh dan yakin bisa sembuh, maka kesembuhan akan terjadi. Semoga kita semua diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin.

  44. Mba,
    Saya Ana 29 thn.

    Saya divonis dokter mengidap penyakit TBC tulang (L4-L5) disarankan operasi, tapi karena masalah biaya saya makan obat saja selama 18 bln. Setelah 5 bln kemudian tulang belakang saya semakin hari semakin m’bengkak. Dan badan saya makin m’bungkuk. Rencana saya mau operasi.

    Yang mau saya tanyakan:
    Bahayakah operasi itu dan apa saja resikonya?
    Dan berapa kira2 biayanya?

    Trimakasih ats bantuannya ya mba..

    Ana,
    Terima kasih sudah membaca blog ini. Saya agak sulit menjawab pertanyaan kamu karena kondisi setiap pasien itu tidak sama dan biaya operasi di setiap rumah sakit juga berbeda. Apalagi saya dioperasi tahun 2003 dan 2004. Inflasi kenaikan harga pasti ada. Tapi sebagai gambaran aja saya sebutkan disini:

    1. Pada tubuh saya, resiko jika tidak dioperasi adalah LUMPUH PINGGANG KEBAWAH. Karena kondisi kantung nanah yang cukup besar (600ml) dan L2-L3 saya juga sudah rusak parah. Bahkan saat itu kantung nanah sudah menekan lambung dan ginjal. Saya gampang merasa kenyang walau hanya diisi sedikit makanan, hingga berat badan saya turun sampai 10kg/bln. Mungkin resikonya akan lebih gawat lagi jika kantung nanah ini pecah didalam tubuh saya.

    Jika saya telat dioperasi, kemungkinan terburuk yang terjadi adalah kantung nanah itu pecah … organ tubuh saya akan dipenuhi nanah. Selain itu dengan turunnya berat badan saya yang drastis, dipastikan metabolisme tubuh saya juga akan terganggu. Saya tidak tau lagi apakah dengan kondisi seperti itu saya masih bisa bertahan hidup.

    2. Setelah operasi dilakukan tentu saja ada proses yang harus dilalui. Minum obat non-stop selama 18 bulan, menggunakan jewet/korset/baju besi selama beberapa bulan sampai tulang saya kuat untuk beraktivitas normal, menghindari naik-turun tangga, menghindari peggunaan high-heels (sepatu hak tinggi >5cm), menghindari olahraga high-impact (aerobic, lari, dll). Selain itu harus rutin kontrol ke dokter untuk pengecekan darah, urine dan xray dengan periode dari 1 bulan sekali, 3 bulan sekali, 6 bulan sekali. Bahkan sampai saat ini pun saya masih rutin melakukan general check-up, yang dilakukan setiap saya ulang tahun (biar gampang inget nya… birthday sbg alarm)

    3. Biaya operasi pertama thn 2003 = 50jt sekian. Biaya operasi kedua dan ketiga thn 2004 total = 70jt sekian. Itu pun saya ambil kamar kelas 2.

    semoga ada gambaran yah. Selamat menjalani proses menuju kesembuhan, semoga diberikan kemudahan dan kelancaran. Semoga kita diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin

  45. Assalamualaikum.. mbak saya betra 35 th,
    1,5 tahun yang lalu tepatnya september 2007 saya kena tbc tulang tapi kenanya dileher C4 dan C5 yang mengakibatkan saya lumpuh sebelah kanan, karena takut operasi saya mencari pengobatan alternatif selama 1 bulan ,akibatnya bukan sembuh malah saya menjadi lumpuh dari leher kebawah. yang bisa digerakan hanya kepala .

    Pada waktu itu saya dan keluarga mengambil keputusan berobat kejakarta tepatnya RS Fatmawati. Pada tanggal 2 Nopember 2007 saya dioperasi oleh dr.lutfi gatam ,dileher saya dipasang pen. Saya menjalani parawatan selama 3,5 bulan di RS. Keluar dari rs sudah bisa jalan pakai alat bantu.

    Alhamdulillah sekarang sudah 1,5 tahun dan saya sudah bisa berjalan dengan normal kembali dan melakukan aktifitas rumah tangga seperti biasa.O ya pen dileher saya menurut dokter tidak usah dibuka.

    Tapi ada sesuatu yg mau saya tanyakan sama mbak, apakah mbak de setelah 1.5 tahun selesai operasi masih merasa capek melakukan aktifitas terutama kalau banyak berdiri ?

    Punggungnya masih terasa pegal\ngilu gak?

    kemudian klu tdk salah mbak de kan ngak pakai pen yg jadi pertanyaan saya untuk menyambungkan tulang rusuk dengan tulang belakang pakai apa?

    Makasih atas jawabannya…

    Wa’alaikumsalam
    Hai Betra,
    makasih udah baca blog de.

    Alhamdulillah another success story, senang deh bisa tau ada pasien TBC lain yang bisa sembuh. Supaya pasien lain ikut semangat melihat perjuangan kita menuju kesembuhan ini.

    Setelah operasi tentu aja kondisi badan kita beda dengan sebelumnya. Sekarang walo udah 4 th berlalu, badan lebih gampang capek. Apa karena faktor umur yah? hahahaha penuaan dini

    Serius nih, memang pastinya beda kok kondisi badan kita setelah operasi. Namanya juga udah diobok-obok dokter, dan badan kita udah gak sesempurna dulu (postur tulang sudah gak sempurna, kulit juga ada bekas sayatan operasi). Jadi wajar aja kalo sekarang lebih gampang capek. Kalo sudah capek pasti tulangnya ngilu. Itu semua de alamin juga kok. Yah de kan juga manusia, bukan robot … walo badan udah kaya frankenstein banyak bekas sayatan hihihihi.

    Tapi semua itu tidak de sesali. Semua de nikmati. Bahkan sekarang de jadikan sebagai ALARM badan. Jadi kalo kecapekan … tulang mulai ngilu … kaki mulai bengkak, itu alarm biar de gak kelewat lincah lagi kaya bola bekel. Biar de mulai ngerem … take a break … istirahat.

    Pengganti tulang belakang setelah pen dicopot kan sudah de tulis diatas: TULANG RUSUK 2 buah + TULANG PINGGUL 2 buah.

  46. aduwh informasinya komplit banget……..
    mba,aq syfa di bdg usia saya 14 th
    aq baru tau lho ada tbc tulang,,
    hehehe,,,
    aq juga ada pembekokan tulang punggung tapi aq belum tau aq apa penyakit aq ntah skoliosis tow tbc tulang…
    kata dokter aq harus ke rs hasan sadikin untuk memastikan apa penyakit aq yang sebenarnya…
    soo,,aq harus siap” untuk di diagnosa,,,
    hehe
    jadi degdegan nikh.,

  47. mw tnya mbak de.
    aq pnya oom skrng lg diRS arifin pekanbaru riau,dya divonis pnykt TBC tulang, udh diagnosa n trnyata hrs dioperasi secepatnya.yg aq tnya apa pnykt TBC tulang ini bs jg ya menular ke organ tbh lainnya??

  48. Asw De..saya ida dari Malaysia sangat kagum dengan semangat juang & redha kamu kepada yang Maha Esa. Terima kasih kerana berkongsi pengalaman.

    Ayah saya juga disyaki mengidap tb tulang tetapi masih lagi dalam proses penyiasatan.

  49. trma kasih bnyak mba.. Dngan membaca blog in ayah sya yang sekarang baru selesai operasi tb tulang nambah smangatnya untuk sembuh dan cepat pulih.. ayah saya sudah divonis tb bulang sejak maret 2008, tetapi sma seperti mba tidak mau operasi..
    Memang mei 2008 sempat sembuh dan beraktivitas tetapi sejak maret 2009 kembali kambuh dan sampai lumpuh dari pusar ke bawah..akhirnya setelah 3 bulan baru ayah saya mau dioperasi…
    Kalo ada info tentang terapi dan masa pasca operasi mohon dikabar2i…
    Trima kasih banyak sekali lagi mudah2an kita semua selalu diberi nikam sehat,iman dan islam..amiin

  50. de.. saudaraku baru ketahuan kena TBC Tulang. Apa memang solusinya cuma operasi. Ada cara lain ga… ???
    Thx

    Coba baca baik2 cerita de diatas. Solusi terbaik bisa ditanyakan langsung ke dokter. Karena kondisi pasien beda2, metode penyembuhannya juga beda2. Untuk kasus de, udah nyoba jalan selain operasi gak ada yang berhasil tuh

  51. ikutan yah..

    Saya pernah divonis kena tbc tulang

    awalnya pada mei 2007, saya merasakan nyeri yang luar biasa pada punggung, letak nyerinya berpindah2, kadang2 di punggung sebelah kanan, kadang2 di sebelah kiri. Langsung aja saya manggil tukang pijet, punggung saya dipijet, ditekan kencang banget. Hasilnya hanya bertahan beberapa menit. Paginya saya kembali merasa nyeri. Kemudian saat itu saya mengikuti diklat yang kebetulan ruangannya dingin banget.. Kira2 2 minggu menjalani diklat, saya pernah hampir tidak bisa menggerakkan tangan kiri saya karena saking nyerinya.. Bahkan bergerak sedikit seperti berjalan aja, langsung terasa. Menurut dokter umum yang memeriksa saya, kemungkinan saya kena rematik. Diberi resep, ternyata nyeri saya hilang. Tapi kalau saya ga minum obatnya, nyerinya datang lagi bahkan terasa lebih sakit.. Saya di rontgen, hasilnya baik. Akhirnya saya tidak menjalani pengobatan apapun, hanya berusaha hidup sehat seperti tidak lagi mandi malam. Kemudian saya pindah ke kota lain yang kebetulan lebih dingin. Rasa nyeri saya masih terasa tiap hari, pernah saya bawa olahraga berat sekalian, hasilnya badan terasa lebih enteng, dan ini bertahan hanya 1 malam. Besoknya ya nyeri lagi..

    Di tempat yang baru saya berobat ke dktr spesialis rematik yang katanya paling baik di kota tersebut, saya juga di rontgen, tapi hasil rontgen baik2 aja dan saya kembali mengalami kecanduan obat wlw jenisnya berbeda dng obat yang saya terima dari dktr umum. Nyeri saya hilang kalau saya minum obat aja.

    Saya juga pergi ke berbagai pengobatan alternatif. Ada 1 pengobatan alternatif yang sangat memberi efek positif pada nyeri saya. Waktu itu saya sudah tidak bisa menggerakkan tubuh saya, karena saking nyerinya. Beberapa hari saya hanya tidur. Bahkan pada saat saya tidur, rasa nyeri itu mampu membangunkan saya, punggung dan diafragma saya juga tidak hanya nyeri melainnkan juga sakitnya seperti ditusuk dan terbakar/rasa panas yang menyebar. Saya hanya bisa menangis dan menunggu rasa sakit itu hilang dng sendirinya, karena saya toh tidak sedang salah salah gerak atau bergerak.
    Namun setelah saya ke pengobatan alternatif ini, rasa nyeri yang datang tiba2 itu sudah tidak terasa lagi. Bahkan saya mampu berjalan dengan tidak merasakan nyeri sedikitpun ketika keluar dari tempat pengobatan tersebut. Berdasarkan informasi yang saya terima, orang yang mengobati saya adalah ahli tulang, sering mengobati orang2 yang kecelakaan, orang2 yang tulangnya patah.
    Tapi ternyata pengobatan ini belum menyelesaikan masalah saya, saya kembali ketergantungan obat herbal dan ketergantungan terapi.

    Akhirnya baru pada okt 2007 saya memutuskan mendatangi rumah sakit dan ingin menjalani pengobatan serius. Saya ke praktek umum, di rontgen, hasilnya, dokter mulai curiga karena foto 2 ruas tulang belakang saya tidak jelas. Kemudian saya scan. Hasilnya makin jelas, ada cairan putih yang menutupi tulang saya, n 2 ruas tulang saya juga rusak, walaupun belum sampai patah. Saya juga baru sadar, ada sedikit benjolan di punggung saya yang disebabkan karena tulang saya rusak dan bergeser dari tempatnya. Langsung saya di rujuk ke dokter internis, dokter tulang dan dokter syaraf, saya dilarang bangun dari tempat tidur, tidak boleh banyak bergerak. Kemudian para dokter yang merawat saya memutuskan bahwa saya belum perlu dioperasi, terutama dktr internis, beliau yang menyarankan sekali bahwa pengobatan cukup dengan obat. Setelah menjalani test untuk meyakinkan apa panyakit saya, akhirnya saya mulai menjalani pengobatan di rumah sakit tersebut. Saya di rawat selama 21 hari di rumah sakit ditambah full bed rest selama 1 bulan lbh di rumah. Awal 2008 baru saya masuk kantor, dan juga harus pakai korset/baju besi. Saya terus minum obat sampai awal juni 2008 dan ke dkter internis setiap bulan.

    Pada awal juni 2008 saya melakukan test darah dan scan, hasilnya tanda2 tbc negatif. Dokter menyatakan saya sudah sembuh, dan selanjutnya boleh menghentikan minum obat, hanya dianjurkan minum vitamin tulang. Alhamdulillah sampai saat ini saya sehat wal afiat. Tapi karena membaca postingan mb de, saya berniat melakukan general check up atau test khusus untuk tbc.
    makasih semuanya

    Alhamdulillah another success story. Makasih udah ikutan sharing disini yah

  52. saat ini saya menderita hernia masih berupa benjolan dislakangan belum ke scortum sejak 2 bulanan, kata dokter MESTI OPERASI!, apakah ada pengobatan hernia tanpa operasi dan sembuh, tolong dan trima kasih.

    Pak Arman,
    mohon maaf de kurang paham dengan penyakit Hernia

  53. kayanya TB tulang itu emang msH blm bnyK yg tau….berdasarkan pengalamaN, terkadang ciri2nya sM kaya osteophorosis ya…..jd klo mau rontgeN gT hrs bnr2 mendetail biaR ga salaH penafsiraN…….

  54. De..aku tetanggamu di Nerada. Seorang temen kantor baru aja dioperasi. Tapi dia bilangnya karena virus. Aku langsung ‘teg’ gitu. Virus ? Kok nyerang tulang sih ? Aku langsung kepikiran kalo itu TBC Tulang. Mungkin temenku malu bilang dia menderita TBC.
    Awalnya dia didiagnosis syaraf kejepit sampe terapi dan ganti dokter beberapa kali. Yg buat aku bingung dia tuh orang berada jd kena TBC nya di mana ? Kalo makanan kayaknya gak deh. Wong makannya di tempat mahal terus. Ya, mungkin itu dari salon seperti yg De share.
    Aniway, thx informasinya. Blogmu mau aku print biar temenku baca, soalnya aku takut kalo dia gak disiplin minum obatnya.

    Halo tetangga,
    Ternyata ada juga orang Nerada yang baca blog ini. hiks jadi malu hehehe

    Silahkan di print. Temannya suruh ngobrol ama de lsg juga gpp via email: mama at rafayra dot com

  55. De, boleh minta no tlp rumah or hp? Keponakan suamiku di vonnis TB tulang. kt dktr I tlg bonggol sdh mengkristal & sdh kena paru sdkt, dktr II blg, nti pakai pen aja. dijadwalkan operasi besok, tp hr ini didiagnosa levernya gak bgs ( mungkin kena obat2 yg diminum? ). aku berharap keponakanku itu bs komunikasi lgsg via tlp ke De. krn dia agak2 down… dgn semua diagnosa yg ada. Harapan ku De bs membesarkan hati dia. — tks ya

    Wienda,
    sudah de kirim lewat email yah nomor telp de. Silahkan telp n ngobrol. De akan dengan senang hati menerimanya.

  56. isatri saya difonis TBC tulang pi da 1 thn blm sembuh ni sama dr cma dksh terapi obat gmna cra pnymbhnya sya da hampr putus asa mohon sya dksh tau

    Satria,
    untuk Surabaya, kamu bisa konsultasi ke dr. Sarwani di RS. Karangmenjangan. Maaf de gak tau lagi beliau praktek dimana aja selain RS itu. Yang de tau beliau ‘jagoan’ nya spesialis bedah tulang belakang untuk wilayah Indonesia Timur.

  57. tlg krm tlp mbk krna sya da gak ada biaya lgi , mk bsa krm no tlp pean ke email aku apa sms ja keno hp aku ntk biar aku yang tlp ni no aku

    Satria,
    udah catat tadi no telp de kan yah? no telp yg tertulis disini de hapus utk menghindari hal2 yang tidak diinginkan.

  58. mba aq juga punya adek yg positif tb tulang, tapi adek aq ga seberuntung mba yg bisa sembuh, adek aq malah harus pergi untuk selamanya bahkan sampai saat ini kami sekeluarga masih bingung dengan vonis doker yg beda”, kami udah mengusahakan yg terbaik untuk dia, cek ke dokter tiap 2 kali dalm sebulan sampai terakhir dia di rawat dirumah sakit selama satu minggu, tapi dokter belum memberikan penjelasan yg bisa buat kami sekeluarga puas, setelah balik kerumah satu minggu kemudian dia menghembuskan nafas yg terakhir tanpa keluhan apapun, saya sangat menyayangkan sikap dokter yg tidak memberikan tentang kepastian penyakit adik saya

  59. suamiq saat ini terjangkit tbc tulang,umurnya sama denganq 24 tahun. saat ini dia dirawat di RSUD Dr.SOETOMO ruang bedah B. kondisinya semakin hari semkain menurun,awalnya bisa jalan lama-lama dia mengeluh kedua kakinya sulit untuk digerakkan terutama kaki sebelah kanan. kalau malam sering keringat dingin.dan kakinya kadang-kadang suka bergetar sendiri(refleks).kalau kakinya tertekuk dengan sendirinya gak bisa diluruskan lagi harus minta bantuan orang lain.sebelum suamiq mengidap tbc tulang dia pernah jatuh dari sepeda motor tahun 2002(biasalh ank muda wkt msh STM suka blapan speda biar kereen katanya…)dan akibatnya tulang blkangnya patah dan dipasang pen habis 14jt.pen tsb g dimbil slama 7tahun. insya allah kamis 3sept’09 rencananya akan dioperasi.katanya dokter dipasang pen lagi 8buah dan operasinya gratis krn pake jamkesmas.kata profesor bambang yang menangani operasinya 2kali bagian belakng dibedg untuk pasang pen dan depan dibedah juga untuk pengambilan nanah ditulang blakangnya.kata dokter suamiq bisa terancam lumpuh seumur hidup,apa iya???…kami baru 5bulan nikah…apa setelah operasi bisa jalan normal lagi??apa operasinya harus 2kali baru bisa normal lagi jalannya?

    • Dulu saya mengalami sama persis yg di alami oleh mba yaitu tb tulang saya sempat lumpuh total hampir 2thun dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh..cuma platina yg dipunggungku bersifat permanen sedang yg punya mba bisa dilepas lagi

  60. de oktober 2008 sy mengalami jatuh dari tangga di rumah kost waktu itu menggendong anak usi 2,4th anak saya peluk sampai saya meluncur kebawah..dan saya tidak merasakan apa2x bulan november ada rasa nyeri sewaktu waktu dan ada benjolan tumbuh sebesar jempol saya abaikan sampai memebesar bola kasti saya masih bisa akfitivasi kerja dibulan febuari 2009 bejolan pecah mengeluarkan cairan sebanyak 1 glas besar sampi bulan september 2009 pinggang bgian kiri saya mengalami lubang sebesar uang logam 100 dan terus menerus mengeluarkan cairan setiap hari saya pake perban uk menutupi lubang kalu basah ganti yang baru..apakah saya mengalami Tbc Tulang saya ingin sembuh operasi tapi biaya dari mana hidup saya hanya pas uk hidup trimakasih mohon dijawab penyakit say sama dengan de

    halo mas Andy,
    makasih udah baca blog de. Jujur de gak bisa nentukan apakah benjolan tsb spondilitis (kumpulan cairan /nanah TBC) atau bukan. Sebaiknya diperiksa ke dokter dengan seksama deh mas, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau memang hasilnya positif TBC, harus diobati sampai tuntas. karena TBC tanpa obat bisa beredar lebih ganas di tubuh kita. Pengalaman de 3 hari berhenti minum obat, sudah ada 1 kantong nanah baru dilambung.

    De bukan ingin menakuti, tapi sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara detil. Supaya jelas tindakan apa yang harus dilakukan, drpd didiamkan bisa memperparah keadaan.

  61. assalamualaikum,
    mb’de, dari smua info yg aku dah baca diblognya mba’ hampir smua yg mengidap tb tulang awlnya jatuh dari tangga,apakah itu salah 1 penyebab terjangkitnya tbc tulang slaen virus yg menyerang kita? mohon jawabannya,
    thx b4

    Wa’alaikumsalam,
    Sebenarnya jatuh dari tangga bukan penyebab TBC Tulang. Justru karena tanda fisik tidak kasat mata (tidak terlihat secara langsung oleh mata kita), makanya butuh ‘jatuh’ dulu baru ngeh kalo ada TBC di dalam tulang kita.

    Tanda-tanda TBC yang bisa terlihat jelas cuma:
    - berat badan turun (kurusan secara berkala)
    - metabolisme badan turun (gampang capek)

    Mungkin karena cuma sgitu tanda2nya, jadi sama Tuhan musti dijewer dengan jatuh di tangga dulu. Karena efeknya lebih berasa kalau udah jatuh. Pegal-pegalnya, ngilunya, sakitnya lebih berasa setelah jatuh. Baru deh kita periksa dengan seksama dan ternyata ketauan ada TBC tulang nya. hehehe

  62. Mba de salam kenal…………
    saya ela, mau tanya kalo test mantoux itu disuntik atau tes darah????
    mohon di jelaskan, soalnya anak saya sabtu besok harus test mantoux.

    terima kasih

    Hi Ela,
    test mantoux itu adalah memasukan cairan dilapisan bawah kulit kita dengan alat suntik. Jadi berbeda dengan tes darah

  63. Pembantu saya kena firus TBC tulang dipanggul, menurut dokter I harus operasi untuk dikikir firusnya, karena pembantu saya takut dia tdk mau. Kalau ditanya sekarang dia tdk mengalami sakit atau nyeri kecuali terasa pegal kalau berjalan terlalu lama dan yang terlihat sekarang dia sulit duduk dan sulit sujud kalau sholat.

    setelah hampir 2 thn dia baru siap untuk dioperasi, kita bawa dia ke dokter lain, dokter ke II ini blg untuk melakukan operasi percuma begitu pun minum obat jd disukuri karena masih bs jalan, dapat dioperasi tapi masih dalam jangka waktu yg lama. Apa masih ada cara lain untuk pengobatannya.

    Hi Yaya,
    Walaupun kondisi pasien terlihat sehat dan masih bisa berjalan, kita tidak tau bagaimana kondisi tulang didalam tubuhnya. Sebaiknya diperiksa secara mendetil dengan melakukan tes darah dan Xray. Jangan tunda untuk melakukan operasi. Karena resiko yang dihadapi akan semakin besar. Saya tidak menyarankan pengobatan lain selain medis. Karena saya sudah mencoba semua pengobatan alternatif dan tidak ada hasilnya.

  64. wuah….hebat perjuangannya mbak.

    Saya punya adik yg terkena tbc paru2 sejak 2 th yg lalu tapi baru ketauan sekarang. sebetulnya dokter menyarankan unt operasi karena ada tulang belakang yg rusak 4 biji. dan di perut sebelah kanan sudah ada kantong nanah tapi adik saya bersikeras tdk mau operasi tapi dia berusaha sembuh dgn minum obat dr dokter.

    bagaimana menurut mbak, apakah dengan minum obat dia akan sembuh?

    saya juga kurang jelas bagaimana dgn nasib tulang belakangnya kalau tdk di operasi. saat ini dia slalu memakai korset di perutnya dan adik saya ini masih berumur 29 tahun.

    apakah betul teh rosella ,susu kambing organik bisa membantu penyembuhannya?

    tolong mbak kasih saran selain obat apa yang bisa membantu dia untuk cepat sembuh saat ini dia baru minum obat sekitar 5 hari. terima kasih atas bantuannya

    Hi Yuli,
    Terima kasih udah baca blog de. Sejauh yang de tau, kalau TBC sudah membentuk kantung nanah yang disebut spondilitis … sebaiknya dibersihkan nanahnya (operasi). Setelah nanah dibersihkan, baru tulang yang rusak di rekondisi (dipasang pen).

    Korset hanya membantu membatasi gerak sehingga rasa sakit bisa diminimalis. Tetapi korset tidak menyembuhkan penyakit TBC.

    Teh rosella dan susu kambing hanya membantu memperkuat daya tahan tubuh, tidak bisa membersihkan nanah dalam tulang dan tidak bisa memperbaiki kondisi tulang yang rusak.

    Obat TBC harus terus diminum min 6 bulan untuk pasien TB Paru dan min 9 bulan utk pasien TB tulang

    • salut bngt buat mba dee….

      mba dee slama mium obat tbc, efek sampingnya apa aja ya mba? sya sedang dlm masa pengobatan tbc paru2 dan sudah berjalan 3 bulan, yg saya rasakan knp badan saya masih suka lemas, dan jari2 suka ngilu trus kadang suka sempoyongan kalo orang bilang pusimg kali ya hehehe….
      kalo boleh saya minta no telp mba de ya….tqbe4 mba de

  65. Ass.wr.wb.
    mbak De, Alhamdulillah saya telah bolak-balik baca story mbak beberapa waktu sebelum ini, sehingga seakan saya siap mental jika pada suatu saat harus menghadapi cobaan seperti itu, karena saya melihat tanda-tanda penyakit yang mirip pada anak perempuan balita saya.

    Baru kemarin saya berkemampuan pergi ke dokter, dan anak saya dinyatakan positif TBC tulang belakang. saya disalahkan dokter karena terlalu lambat periksa, padahal katanya ada yang murah bahkan gratis … dst.

    Allah Maha Pengasih dan Penyayang, lagi Maha bekehendak.

    Disaat saya sedang sulit sekarang ini, seakan masih diberikan lagi peringatan/cobaan tambahan. Saya PNS rendahan dengan 3 anak sekolah, istri masih dalam perawatan kesehatannya setelah hampir setahun ini, sementara untuk kebutuhan hari-hari yang harus sana-sini. Mungkin ada Askes, selama ini ketika istri sakit tetangga dan kawan kerja menaruh kepedulian yang tinggi dan keluarga kami banyak sekali bantuannya. Kali ini saya seakan pasrah jika harus lagi mengoperasikan 2 tulang belakang anak saya, walau saya akan tetap berusaha sekuat daya dan upaya. Semoga Allah pula memberikan petunjuk dan jalan keluarnya.

    Saran mbak De, saya harus bagaimana ? Adakah RS askes, yang mungkin terjangkau untuk seperti kami ini ? atau Dokter/perorangan/lembaga yang peduli, yang mungkin bisa dijangkau masyarakat awam untuk mendapatkan pertolongan, seperti untuk anak saya ini ?

    Terima kasih mbak De berkenan. Terima kasih juga jika perlu ke email saya. Semoga Allah membalaskan amal ibadah mbak De.
    Wassalam

    Walaikumsalam,
    Saran saya sebaiknya segera dibawa ke RS Fatmawati yang merupakan RS Negeri dan menerima ASKES. Disana ada Dokter Lutfi Gatham juga rekan sejawatnya yang sudah ahli dengan masalah TBC tulang. Disana juga sudah dibangun gedung khusus untuk menangani Orthopedi (Gd. Prof Sularto).

    Boleh minta nomor telp nya? silahkan email ke mama at rafayra dot com

    Terima kasih

  66. ass.wr.wb
    mb de ni kondisiq juga kena tb tulang..q udah menjalani operasi th 2007..tetapi kondisiq sekarang masih lumpuh dr pinggang k bawah dg reflek yg masih tinggi,q udah menjalani terapi obat selama 30 bulan..dan hasilnya masih positif…

    dulu ketika sebelum operasi q masih bisa jalan,tetapi setelah operasi kondisiq lumpuh..kata dokter itu karena terkenanya saraf d tulang belakang akibat operasi dan akan sembuh dengan sendirinya kurang lebih 12bulan,tp udah 30 bulan q masih lumpuh..

    mb q mau tanya tentang solusi pengobatannya selain terapi obat..sebab dokterq bilang d suruh hanya menunggu..apkah mb punya saran???

    Mas,
    saran saya: coba cari 2nd opinion deh. Coba ke dokter tulang (orthopedi) lain. Mungkin mereka punya pendapat yang beda.

    MENUNGGU bukan tindakan yang tepat untuk menuju kesembuhan!

    Terus minum obat secara kontinyu, terapi untuk melatih gerakan sampai bisa berjalan … itu yang harus dilakukan.

    saya tidak menyarankan pengobatan lain selain medis. karena saya sudah pernah mecoba dan itu semua tidak ada yang berhasil

  67. Mbak,,,kakakku divonis terkena tbc tulang belakang dan harus dioperasi. Namun kk ku masih takut untuk itu. Salah satu dokter mengatakan bahwa tulang dia harus di pain seumur hidup. Itulah yang membuat dia down dan berputus asa, bahkan selalu menangis jika teringat pernyataan dari dokter tersebut. saya dan keluarga sejujurnya sangat kesal dengan dokter tersebut karena dia sangat tidak kooperatif, saran2 dia sgt tdk memotivasi shg kakak saya slalu tambah berputus asa. akhirnya kami mencari dokter lain yg lebih baik. yang menjadi pertanyaan:
    1. sebenarnya pemasangan pain pada tulang bersifat sementara atu permanent??
    2. mba, saya boleh minta no telp mba tidak supaya kami bs menghubungi anda dan kk saya bs share dan mendapat motivasi langsung dari mba?? terima kasih

  68. Ass mbak, sy 27th br aj divonis tb tulang pd C7 n skrg msh terbaring di rs.panti rapih jogja menunggu lampu hijau dr dr. Paru (dr.iswanto) br dr.Tedjo berani operasi, sy bingung kmren dr.tedjo menyarankan sktr 1mg lg br berani operasi tp dr.iswanto bilang utk menghilangkan bakteri tb sktr 3mg, sy sdh 2mg ijin dr krjaan sy di banjarmasin, apakah bnr utk menghiangkan bakteri prlu wktu 3mg? Krn sy jg kepala keluarga yg hrs bekerja jg. Yg sy rasakan adalah tangan kiri sy kesemutan n sering kram yg luar biasa yg sering bangunkan sy wktu tdr, sdh 2mg ini sy rebahan aj krn klo berdiri atau duduk nyeri yg luar biasa pd tangan kiri, skrg jari manis n kelingking pd tangan kanan sy sdh kesemutan trs, sy takut akan lumpuh… Mbak sy mau tnya operasi dileher (C7) seberapa besar resikonya krn sy merasa leher tptnya banyak syaraf… Sy bnr2 takut. Mksh mbak mau membaca unek2 sy. Sy skrg msh terbaring di.RS.menunggu hari tiba utk operasi.
    Wsslm.

    Lutvi,
    boleh minta nomor telponya? Kaya nya ngobrol langsung di telpon lebih enak yah. Tolong di email aja ke mama at rafayra dot com

    saya tunggu yah

  69. saya sudah 6bulan lamanya tidak bisa berjalan karena bagian pantat terasa berat untuk diangkat,kalau untuk digerakan bisa .menurut hasil ronsen pada tulang punggung bagian thorax PA terdapat collaps corpus VTh 8,dimana bagian punggung saya ada sedikit benjolan pada bagian atas dan pada bagian bawah (diatas pantat),selain itu saya juga punya masalah pada bagian lambung suka kenyang walaupun makan baru diisi sedikit saja ..dan perut saya jika dipegang kadang-kadang suka keras….terapi urut sudah saya lakukan tapi tidak ada kemajuan….saya berumur 24tahun…tolong bantu saya pak terimaksih atas bantuannya…apa sebenarnya penyakit yang saya derita dan bagaiman pengobatan /terapi yang tepat

    Mbak Lina,
    udah coba konsultasi ke dokter spesialis bedah tulang khususnya tukang belakang?

    Coba dibawa semua rekam medisnya, hasil lab (darah/urine) – xray – MRI kalau ada ke dokter orthopedi tsb. Supaya ada penjelasan lebih lanjut ttg terapi yang harus dilakukan dan obat yang harus diminum

  70. Perjuangan hidup ya mbak.. Gak disangka waktu pertama kali kita ketemu (tepatnya mbak de jenguk aq di RS mitra, inget gak ya ?? ), kirain waktu itu penyebab sakit tulangnya karna kesalahan dokter waktu proses kelahiran yg mas rafa. Great story, sangat berguna dan pengingat bagi kita semua, sekecil apapun penyakit jangan dianggap remeh. Penyakit seberat apapun InsyaAllah ada obatnya, dan semangat utk sembuh… chayo !!!

  71. Nice info, mama saya sedang terbaring di RS karena mama terkena TBC Tulang dan besok akan di operasi.

    Hi Karmin,
    makasih udah baca blog de. Mama operasi di RS mana?

    Salam untuk mama yah, smoga diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin

  72. Blog ini sebenernya cow apa cew yang punya?
    Kebetulan saya juga penderita TB tulang yang pernah operasi setahun yang lalu, ya belum selesai minum obatnya, belum diangkat juga PEn-nya.

    Salam kenal bu, barangkali kita bisa share pengalaman, pengalaman menghadapi TB sekalian pengalaman di dunia telkom.

    Halo pak!
    seperti foto pada postingan ini, keliatan jelas gak gender saya apa? hehehe

  73. boleh ikutan ya mbak….
    sktr tahun 2005 saya jg pernah divonis tb, tp bukan tulang… tb abdomen.
    saya sama sekali tidak mengalami gejala2 seperti yang disebutkan diatas. kejadiannya begitu tiba2. Suatu hari perut saya kembung dan sakit sekali sampai2 tangan & kaki saya kram dan serti cacing yang kena garam badan saya seperti mengkerut. saya langsung dilarikan ke rumah sakit. waktu di rontgen dan di usg tidak ada apa2. Tapi dalam abdomen terdapat banyak cairan. memang selama ini ada sedikit keputihan, saya kira itu hal biasa. Ternyata setelah diperiksa, cairan itu mengandung virus tb. Setelah pengobatan lebih dr 12 bulan, saya dinbyatakan sembuh. Tapi saya masih penasaran. Saya ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang tb abdomen tapi saya tidak tahu harus mencari dimana karena informasi tentang tb abdomen sangat sedikit. kalau mbak bisa memberi saya informasi saya sangat berterimakasih sekali

    salam,
    Shirley

  74. hai mbak. boleh minta alamat email mbak? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan mengenai tbc tulang. karena saya juga divonis terkena tbc tulang.

    Hi Ayip,
    Sudah de email yah. Coba cek gmail nya

  75. assalam…
    mb de yg di rahmati Allah, Q mau tanya.. ibuQ kan mengalami pembengkakan di bagian kemiri kaki. di kira hanya keseleo. tapi ternyata tidak. Lalu ibu periksa ke puskesmas, terus di tes asam urat, kolesterol, n darahnya, dan ternyata ga terjadi pa2 juga. semua normal, tapi kata dokternya menduga kalo ibu kena TBC tulang dan di suruh untuk memeriksakan lagi ke rumah skit. Sayangnya ibu Q malah takut… yang Q tanyakan:
    1. Apakah TBC tulang bisa terjadi di sekitar kemiri?
    2. Apa pantangan(makanan) yang tidak boleh, dan yang dianjurkan?
    tolong di balas via email saya ya!!! saya butuh keterangan itu…sekalian di add juga fb saya dengan alamat email yang sama… terima kasih

    Wa’alaikumsalam
    terima kasih sebelumnya karena udah baca tulisan de. Berikut jawaban yg bisa de berikan:

  76. Kemiri itu sebelah mana yah? de gak mengerti dengan kosa kata ‘kemiri kaki’. Kalau TBC tulang bisa terjadi dibagian tulang manapun.
  77. Tidak ada pantangan makan untuk pasien TBC tulang, malah harus banyak makan untuk meningkatkan stamina tubuh. Salah satu tanda TBC sembuh adalah dengan naiknya berat badan
  78. Assalamualaikum, sy sekarang lagi pengobatan tb tulang belakang. kata dokter yang pertama harus operasi setelah mencari 2nd opinion kata doketer yang kedua belum perlu untuk operasi. sekarang kaki masih sakit kalau dipake jalan. Mo nanya ? waktu divonis dokter harus harus diopersi bagaimana gejalanya ke kaki ? saya takut juga dioperasi tapi mudah-mudahan tidak dioperasi.

    Wa’alaikumsalam.
    Mau tanya dulu nih mbak Sari, saat dibilang dojter kedua katanya belum perlu operasi … apakah tetap disuruh mengkonsumsi obat TBC? kalau masih sakit berarti TBC nya belum sembuh. Coba cari dokter ke 3 deh mbak. Yang spesialis bedah tulang utk dapat informasi lebih akurat.

  79. mba,
    selamat udah bs jalanin smuanya dg baek dan tabah.

    saya punya kakak yang divonis dokter di Jambi (tempat kami tinggal) sakit TBC paru berdasarkan hasil xray. kakak saya itu ga tanya 2nd opinion dari dokter lain dan langsung minum resep dokter tsb selama 2 minggu. selma itu kakak saya kayanya kehilangan gairah hidupnya, lemas, dan setiap jam 3 pagi terbangun batuk2.

    2 mgg setelah minum itu obat, dia check up lagi ke dokter tersebut. ternyata hasil check up selama 2 mgg itu menunjukkan kalau hati kakak saya ga kuat mencerna obat2 TBC tsb. Itu dokter ga bilang what to do next… ga ada solusi dari dia.. payah

    mba tau ga obat alternatif yg tdk berbahaya utk hati?

    please help me. i don’t want to lose her. she is my only sister. we just lost our mom because of sirosis hati :( :(..

    thanks

    Hi Rida,
    Obat TBC itu sebenarnya ada macam2. Kalau obat yang dikasih dokter itu gak cocok dibadan kita (dengan fungsi hati terganggu). Minta obat alternatif dari dokter. Kita sbg pasien punya hak minta solusi dari dokter.

  80. Assalamualaikum mba De,mo tanya nih…Pen yg di pasang di tulang blakang itu berapa lama y bertahannya,sy udah 4 thn pakai pen pasca operasi tbc tulang blakang,makasih mba.

    Hi Deni,
    Pen bisa bertahan brapa lama tergantung orangnya. Karena tiap badan kondisinya beda-beda. Selama tidak mengganggu badan kita, bisa selama nya kok. Walaupun ada dokter yang menyarankan jika sudah lebih dr 4thn boleh dicopot pennya. Tapi apa rela di operasi lagi untuk angkat pen? hehe

  81. Maaf ba’ sy mau nanya,sy punya adik,di fonis tb tulang oleh dr,tp tdk di sarankan untuk operasi,kira2 kenapa ya. Tks atas jawabannya

    Mungkin kondisinya belum terlalu parah?

    atau mungkin dokter tsb tidak punya pengalaman untuk operasi tbc tulang?

    coba ke dokter lain, cari opini kedua. sebelum terlambat dan virus TBCnya menyerang yang lain

  82. de….,boleh gk sy minta no hp kamu????sy mo tny langsung soal TBC tulang,krn sy sering nangis merasakan sakit di tulang belakang.

    notelp udah de email yah. coba dicek emailnya

  83. mba de ,aku sdh bc semuanya tapi boleh tanya lg ga?aku dinyatakan +TB tulang.tapi dokter bingung krn Alkaline Fosfatase baik=164 normal dibawah 258.belum dikasih obat apapun dan dirujuj ke dokter yg lain.rencana sabtu besok mba,dan keluhanku pinggang kiri sakit ngilu,dan setelah MRI terdapat tanda spondyloarthrosis dan degenerasi discus pd segmen l4-l5.

    disertai dengan protusi diskus ke intraspinal dan prostusi lebih berat pd l5,dgn kemungkinan iritasi terutama radices l5 kiri.mnrt mb de aku pasti op ya mba kl liat tanda2nya seperti ini.

    makasih semuanya,semoga bs dijawab ya mba…(aku konsul di rs siaga)

    Mbak Heni,
    Makasih sebelumnya udah baca blog de yah.

    De sarankan secepatnya ke dokter lain deh untuk cari opini kedua. Untuk lebih memastikan kondisi TBCnya juga langkah pengobatan yang harus secepatnya dilakukan. Jangan buang-buang waktu dan diam dengan keadaan. Jangan sampai terlambat penanganan TBCnya. Semakin dini, pengobatan yang dilakukan akan semakin mudah.

    Coba ke dr. Lutfi Gatham di RS. Fatmawati atau RS Pdk Indah atau RS Bintaro atau RS Mitra Kemayoran. Silahkan gugling jadwal prakteknya. Beliau sangat berpengalaman dibidang ini.

  84. mbak de aku dah baca tulisan mba dan yg mbak alami sama persis dengan penyakit ku yg terletak di L2-L3 dan aku baru aja di operasi karena terkena penyakit yg sama seperti mba de “spondilitis TB” (TB tulang) sekitar 3 minggu.

    Mbak aku mau tanya pasca operasi apa mbak de mengalami rasa ngilu yg amat sangat di daerah tulang belakang?
    –> sekarang ngilu kalo capek aja. kalo gak capek, rasanya ‘normal’

    soalna sudah beberapa hari ini aku susah tidur karena didaerah tulang belakang ku sakit sekali.
    oh ya aku juga mengalami 2x operasi yg di lakukan dalam waktu tidak lebih dari seminggu.
    –> ayoo coba balik kontrol ke dokter. Sampaikan semua keluhannya. Biar dicek lagi perkembangan setelah operasinya.

    operasi ke 1 tanggal 18 februari 2010 yg ke 2 tanggal 22 februari 2010

    di operasi 1 kantung nanah bagian belakang diambil dan tulang yg terinfeksi di bersihkan serta di pasang pen.

    di operasi yang ke 2 di lakukan pencangkokan tulang dan pembersihan kantung nanah bagian depan, tulang yg diambil tulang betis dan tulang pinggul.

    alhamdulillah aku sekarang sudah bisa jalan dengan lancar. kata dokter yg menangani aku, pen yg di pasang di tulang belakang ku ini untuk seumur hidup

    apakah pen yg di pasang seumur hidup itu tidak menimbulkan masalah nantinya?
    –> selama kita gak merasa masalah dengan pennya, gpp kok seumur hidup dibadan. Daripada harus operasi lagi cuma untuk buang pen. Emang mau di’bongkar’ lagi badannya? Kalo de terpaksa dibongkar dan dibuang pennya, karena tulangnya bermasalah.

    minum obat na juga lumayan lama, 1 tahun kurang lebih
    –> Obat kalo bisa 1,5 tahun yah. Emang capek dan bosan sih, tapi WAJIB gak boleh putus. Untuk mastiin badan kita beneran bersih dari TBC

    tadi na aku pikir cuma aku doang yg ngalamin penyakit separah ini ternyata ada temen na juga toh.
    –> banyak banget kok temannya. Mau de kenalin sama pasien TBC lainnya?

    doakan saya yah semoga bisa kembali normal secepatnya.
    –> Semoga kita diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin

    oh iya mba boleh minta YMnya?
    –> udah de add yah sesuai dengan email yang kamu tulis disini

  85. aku jg mo ty2 ya mbak..aku punya anak putri yg skrg usianya 3 thn, wkt umur 1 thn dia pernah divonis kena flek paru dan diharuskan minum obat selama 18 bln dan stlah minum obat dgn rutin selama 18 bln itu anakku dinyatakan sembuh oleh dokter..tp yang aku khawatirkan skrg koq badannya ga mo gemuk2 dan aku melihat ada tonjolan tulang belakang di tubuhnya apakah TBC itu masih ada…kalau hrs ke dokter apakah aku hrs lgsg ke dokter tulang ato dokter anak aja…tlg kasih masukan ya…makasih byk…

    Hi Mbak Kiky,
    Flek paru itu biasanya digunakan dokter utk mengganti kata TBC paru. Minum obat biasanya cuma 6 bulan. Kalau TBC tulang diminta minum obat lebih lama (1-1.5thn) untuk menghindari kuman datang lagi dan memastikan bahwa kuman tbc nya benar2 tidak ada lagi.

    Sebaiknya cek ke dokter tulang untuk benjolannya, disertai rekam medik yang menyatakan flek paru. Kalo bisa disebutin nama obat yang pernah dikonsumsi supaya dokter bisa menganalisa secara menyeluruh. Biasanya akan diminta untuk xray, untuk melihat benjolan itu apakah spondilitis (kantung nanah TBC tulang) atau yang lain.

    Jangan ragu mencari pendapat dokter lain. Kita sebagai pasien berhak mencari opini kedua, ketiga dan seterusnya.

  86. mba de, sy mau shar dong, mau tanya nih, ibu sy usia 75 thn, kmrn baru ketauan bhw dia ada tbc tulang, sy mau tanya kalu itu ada pengobatan alternatif ga ya? makasih

    Mbak Yuni,
    De tidak menyarankan pengobatan alternatif yah. Karena de udah mencoba semua, ternyata gak ada yang efek tuh. Sebaiknya ke dokter tulang untuk lebih jelas pengobatan apa yg harus ditempuh.

    De udah email notelp de, kalo mau ngobrol langsung. Atau mungkin ibunya juga bisa ngobrol langsung ama de.

  87. cerita yg membere semangat.. mba blh minta no hp nya kah? Aku mau ngobrol n konsultasi. Tks.. Oya add aku di fb ya mba, brgkali ada ptanyaan lain aku mau nge-inbox aj. tks again..

    Susi,
    De kirim email berisi notelp de, juga alamat email utk add FB. cek inbox yahoo yah

  88. Asalamualaikum mba de,
    aku sudah temui 3 dokter:
    1 dokter nyaranin aku op.
    2 dokter menyarankan tidak dan bs dgn obat tapi lama.

    aku tbc tulang positif spondiloarthrosis di l4 dan l5.jalan masih normal tapi ngilu di pinggang sebelah kiri.
    setelah minum obat tbc ngilunya byk berkurang.tapi apakah betul dgn obat saja bs sembuh,mengingat tulangku katanya sdh abses tapi tulangnya msh bagus.makasih ya mba.

    wasalam.

    Wa’alaikumsalam Mbak Heny,
    Coba cari pendapat dokter lain. Saya dulu pun sampai mencari lebih dari 4 dokter untuk memastikan dibutuhkan operasi atau tidak. Kesimpulannya HARUS OPERASI, untuk membuang cairan/nanah yg terdapat dalam tulang (abses) karena disebabkan oleh TBC.

    Minum obat akan membunuh kuman TBC, tapi tidak membuang cairan (abses) yang ada di dalam tulang L4 L5 tsb. Kalau tulang masih bagus, berarti tidak diperlukan pemasangan pen atau cangkok tulang seperti saya. Operasi dilakukan hanya untuk membersihkan abses.

    Wassalam

  89. asmkm, mbak bleh mnt no telpny gak soalny skrg spupu sy lg terbaring d RS fatmawati krn abs operasi TBC tulang & skrg stgh badan dr pinggang k bwh mati rasa / lumpuh. spupu sy ingin ngobrol & konsul lngsung sm mbak, klau bs krm no ny k no ni aja. makasih y mbak. wss

    Halo Ade,
    Saya udah telp kamu tadi yah. Silahkan berikan notelp saya ke sepupu kamu kalo emang mo ngobrol lsg dengan saya. Notelp kamu disini sengaja saya hapus, utk menghindari hal2 yang tidak diinginkan

  90. assalamualaikum mbak de,aku adeknya joelendy nih mw nanya no hp nya mbak de buat shering,coz bang endy pasca operasi bagian badan sampe kaki lumpuh, gak bisa gerak .mohon bantuanya ya mbak de,
    makasih ya mbak wasalam.

    Hi Nata,
    De kirim email berisi notelp de. Coba di cek inbox yahoo nya.

  91. wuiihh..
    ttap smangat yy..

    dsini mku mndoakhan smoga cpt sembuh ky semula..

    aminn..

    allah pzt memberi kmudahan bagi setiap kita yang berusaha

  92. waaaahhhh..inspiring bgt ceritanya mba.

    Doain saya juga yah. hasil biopsi saya nunjukin kalo saya ada TB kelenjar di leher kanan. insya Allah besok mulai minum obat. saya khawatir bayi saya 2 bln knapa2 karena minum asi, sementara saya sedang berobat.

    menurut mba?

    atau ada teman lain yg bisa sharing masalah ini?

    saya udah konsul dokter anak dan bilangnya gpp. tapi masih aja ada ketakutan anak saya kena efek negatif dari obat rimstarnya.

    butuh opini banget nih. makasih sebelumnya..

    Icha,
    makasih udah baca tulisan ini. Smoga cepat sembuh yah.

    kalo dokter anak udah bilang gpp, ya dilanjut aja minum obatnya. Jangan pernah putus obat TBCnya, biar kuman gak balik lagi.

  93. Mba De,aku mau tanya temen aku kena penyakit seperti bisul tapi besar sekali dan sakit sekali ampe meriang panas dingin, sudah ke dokter bedah dan diangkat bisulnya dan dokter mengatakan TBC otot di kasih obat minum selama 20 hari dan sebenarnya bisul yang lainnya masih ada tapi dilihat dulu setelah minum obt ini, tapi belum menghilang masih membesar, dan di tangan kanan nya seperti mau timbul bisul lagi & jari2nya membengkak jd sulit untuk mengangkat benda contohnya gayung. Yang saya mau tanyakan harus ke dokter mana ya kalau sakit TBC Otot .Sekalian minta hp Mba De. Kalau Dokter LG hanya untuk TBC tulang saja? atau bisa seperti TBC Otot.Soalnya temen saya di luar kota .Terima kasih.

    Mbak,
    Dokter LG spesialis tulang, otot, syaraf skitar tulang. Dicoba aja ke beliau supaya dapat analisa lebih lengkap. Smoga cepat ditanggulangi sebelum terlambat. No HP nanti de kirim via email yah

  94. Jawaban de tgl 13 september 2009// apa yg dikatakan mba de benar saya mengalamai tbc.

    Mempuyai 2 kelenjar 2 di leher. Dokter Joy di Tanjung Sanyang melihat ga perlu rongten langsung vonis saya terkena paru. Diberi obat 2 mgg berturut selama 6 bln.. tapi dokter menyarankan untuk meringankan beban biaya obat disarankan ke PPTI di Sentiong di kontrak 6 bln. Kalau obat TBC tidak diminum, petugas akan datang atau saya dikenakan denda. sekarang saya kontrak baru 4 bulan. karena saya terkena lebih berat maka kontrak di perpanjang mba de.

    karena saya takut tulang saya kropos oleh tbc, saya terus minum obat ini mba.

    saya berbagi buat teman2x yang terkena tbc, coba datang ke klinik PPTI sentiong. Walau ramai, tapi para pasien bisa tertolong jika tidak mampu untuk beli obat mahal.

    sekian mba de

    Halo Mas Andy,
    Terima kasih udah berbagi yah. Jangan pernah bosan minum obatnya. Gak mau penyakitnya datang lagi kan? Semoga kita semua diberikan kesembuhan yang sempurna. Jangan sampe kambuh lagi. Amin

  95. Mba,
    saya bener2 putus asa dengan keadaan saya sekarang

    3tahun yang lalu saya terkena TB paru, sampai2 cairannya harus disedot oleh dokter karna cairan tersebut menutupi 3/4 paru kanan saya..

    sekarang saya harus menerima kenyataan klo saya terkena TB tulang

    pertama gejala yang sering saya dapat adalah sakit perut lalu lama2 badan *seringnya tangan* juga berasa mengkerut

    setelah tadi di USG ternyata ada kelenjar di perut kiri saya dan meskipun dokter belum mendiagnosis secara pasti dan tulisan dokter itu ga jelas, setidaknya saya bisa baca sedikit kesimpulan di hasil USG tersebut klo dokter itu mendiagnosis TB..

    meski takut, rasa penasaran saya menggelitik saya untuk browsing dan meskipun sebenernya saya tidak mau pesimis tapi gejala2 TB tulang benar2 saya rasakan

    sumpah saya bener2 sedih, bukan hanya karna keadaan saya tapi orang2 di sekitar saya *saya takut sudah menularkan mereka*

    maaf jika ada nada pesimis di dalam tulisan saya tapi itu bener2 saya rasakan sekarang, saya hanya mau mencurahkan isi hati saya karna saya sekarang dalam keadaan yang takut sekali akan masa depan saya..

    Hai Dinna,
    TBC bisa sembuh kok. Asal kamu MAU UNTUK SEMBUH dulu. Coba konsultasikan ke dokter hasil rekam medis nya. Minta solusi dari dokter, terapi apa yang bisa dilakukan untuk penyembuhan TBCnya. Kita sebagai Pasien berhak menerima informasi dari dokter.

    kalau sudah terima obatnya, diminum secara teratur … jangan bosen … jangan putus. Sampai dinyatakan benar-benar sembuh dari TBC.

    Ayo semangat dong! kalo de aja yang nyaris lumpuh ini bisa sembuh, kamu juga pasti bisa!

  96. Assalmualaikum
    mau share mba.

    ibu saya berumur 75 tahun lebih. dinyatakan oleh dokter positif TBC Tulang. setelah berobat ke dokter kurang lebih 5 bulan belum ketahuan penyakitnya. Bahkan sampe ke singapura.

    oleh dokter singapura, dicheck up hasilnya baik-baik semua. tdk ada penyakit, akhirnya sekeluarga kami terus berusaha dokter yang lain. Dan dokter tulang menyatakan bahwa ada masalah di tulang belakangnya, namun belum pada suatu kesimpulan tsb.

    Lambat laun ibu ku semakin hari semakin memprihatinkan penyakitnya, jangankan berdiri, duduk pun sangat kesakitan,kakinya bengkak, bicara tdk jelas. Akhirnya ibu check up ulang di rumah sakit wahidin makassar. Mulai MRI sampai pemerikaan air liur dan ludah, di situlah kami ketahuan penyakit sebenarnya.

    Akhirnya ketahuan ternyata TBC Tulang. Namun dokter mengatakan belum bisa dioperasi karena kondisi fisiknya belum memungkinkan untuk dioperasi. obat-obatan yang diberikan dokter tidak cocok untuk livernya. muka dan sekujur tubuhnya membengkak sehingga kondisinya sangat menkhawatirkan. kami sekeluarga sangat prihatin melihat kondisinya.

    saya sangat trima kasih sama mba mau mendengar curhat ku.

    Mudah-mudahan diberikan oleh Allah keringanan atas segala penyakit ibu kami,dan diberikan kesembuhan. Amien

    Mbak Zakiah,
    Terima kasih atas sharenya. Saya sarankan cari pendapat dari dokter kedua. Minta penjelasan dokter atas kondisi penyakit yg mungkin di derita dan minta solusi langkah apa yang harus ditempuh untuk proses penyembuhan. PASIEN BERHAK menerima penjelasan menyeluruh dari dokter. Jadi jangan ragu untuk bertanya ke dokter.

    Semoga ibunda diberikan kesembuhan yang sempurna. Jangan patah semangat ya

  97. asslamualaikum…
    Pkbr mba de’

    Saya juga pernah mengalami tbc tulang, sekitar thn 2004.
    Alhamdulillah saya tidak di operasi, walaupun 4 dokter menyarankan operasi dgn memasang pen yg sama dgn pen 1 mba de. 14 cm.
    Saya hanya menggunakan alat yg sama persis dgn yg mba de gunakan, selama kurang lebih 2 thn.

    gejala awal, saya sering merasa pegal2. tanpa saya sadari ada benjolan di atas tengah2 dada saya.
    Saya rontgen.. Bawa ke dokter spes. Tumor… (he said, ini bukan tumor).
    Lalu ke dokter spes. Paru…. Dia bingung… Akhirnya di rujuk ke persahabatan untuk di biopsi… Nihil juga…

    Lalu saya ke dokter jose rizal. Spes tulang.
    rontgen lagi dan mantug. Hasil setelah 2 atau 3 hr negative…
    Hr ke 4 tanda merah makin melebar keluar dr lingkaran, akhirnya saya kembali lg ke dr.
    Saya positive tb tulang.
    Cek ke dokter lain dengan kondisi makin parah( saya sangat kesakitan dan pakai kursi roda, krn kaki kanan saya sudah tidak bisa di gerakan)… Semua bilang operasi…
    Lalu balik ke dr. Jose, beliau menyarankan MRI. Ternyata tulang saya sudah keropos dan menjepit saraf kaki kanan saya.

    Lalu saya di buatkan alat tersebut, dan saya tidur di kasur dengan ber alaskan papan setebal kurang lebih 5 atau 8cm (agak lupa).
    Saya hanya melepas alat tersebut waktu mandi..
    Selama beberapa bulan saya menggunakan kursi roda. (sidang skripsi menggunakan alat tsb dan kursi roda).

    semakin di minumin obat setiap malam saya kesakitan.
    Tp ALHAMDULILLAH..ALLAH MEMBERIKAN JALAN. Saya sabar berkat semua keluarga, teman. Mereka mendukung saya.

    alhamdulillah skarang saya sehat, cuma kadang2 suka merasakan pegel dan agak nyeri di tempat tulangnya.

    Jadi saran saya… apabila anda ter kena tb tulang, jgn ke 1 dokter. Coba beberapa dokter, pasti semua ada jalannya.

    Oh ya mba de’…. Mau tanya, sampai sekarang masih menggunakan pen?
    melahirkan secara cesar ya?

    mmm.. Dr. Jose rizal prakter di rs. Siaga raya dan rs. Budi asih.

    Mba.. Minta no tlp boleh ya.

    Kalau ada yg mau tanya kirim email ke : ita_jaidi@yahoo.com

    Thx.

  98. sebelumnya makasih baget ya atas informasinya tentang tbc.
    ibu aku pernah mengalami benjolan di bagian punggung dan sudah di operasi di rumah sakit dan sudah selesai penyembuhan selama kurang lebih 9 bulan minum obat secara rutin. sekarang kok ada lagi benjolan di tangan ya? adakah kemungkinan itu tbc lagi ya? tolong kasih penjelasan dong? terimakasih.

    Tri,
    sebaiknya ke dokter lagi deh untuk periksa benjolannya. Biar dapat penjelasan apakah itu btc atau bukan. Sampai saat ini, walau sudah 6 tahun lalu operasi, saya masih rutin periksa kondisi saya ke dokter. Saya lakukan setiap ulang tahun. Biar ingat umur hehehe

  99. mbak aq kan udah di fons tb paru am dokter sekitar 5 bulan lalu, dan terus minum obat. nah 3 hari yang lalu ke 2 pergelangan engkel saya sakit jika di pake untuk jalan. tapi gak sakit klo cuma di gerakin doang. apakah aq kena tb tulang jg ni?
    trus bisa ga ni tb paru jadi tb tulang?

  100. askum mb de,
    buat pnderita tb tulang yg g mmpu da cra ato wadah buat bantu mreka g?saya da temen penderute tb tulang yang br mo dioperasi.stlh saya bca blog mb de’,mkin tmn saya g mampu klo hrus operasi lbih 1X dan tes darah ato xray scr rutin………..mkasih mb de’

  101. askum mba de
    setelah melahirkan 18 bl yll say difonis tb paru tp mba oat yg diberikan dokter ( ada 5Dr ) mebuat badan sy demam mpe 40 C bengkak merah dan gatal2. ga ada solusi dari dokter2 yg sy datengin lalu sy berobat ke alternatif. banyak tempat saya datengin sampe ke klinik dr tiongkok yg profesornya ga bs bhs indonesia, semua ga ada hasil sampai LED sy makin naik dari 40 jd 90. akhirnya sy ketemu dokter yg ngasih terapi spy oat bs masuk. Alhamd setelah 16bl mencari pengobatan ini adalah bl ke 2 sy minum oat dan batuk sy sdh byk berkurang. ternyata perjuangan sy tdk seberat mba de tp astagfirullah kok sy sempat hampir putus asa..

  102. Saya tinggal di lampung. Mau tanya . Rumah sakit mana di jakarta yg sudah ada fasilitas RMI. sebab dokter menyarankan harus segera. Yg saya alami sekarang saya sudah tidak bisa berjalan. kata dokter ada dua kemungkinan kalau gak tumor di tulang belakang atau tbc tulang sebab ada benjolan di tulang belakang. makasih

    Maksudnya MRI kali yah? Udah banyak kok RS yang ada fasilitas MRInya. Sebagian besar RS swasta udah punya. Bisa dicoba ke RS Pondok Indah, RS Mitra (Jatinegara, Kemayoran, Kelapa Gading, Bekasi), RS Husada, RS Cipto, dll.

  103. Mbak… sekitar bulan oktober 2009 saya divonis menderita TB paru, tapi sebelum intu saya mengalami gangguan di telapak kaki, sehingga sulit berjalan setelah menjalani 2 bulan masa pengobatan, tulang di dengkul saya terasa kaku, dan kembali normal setelah 2 minggu, 1 bulan yg lalu saya telah dinyatakan sembuh, karena paru2 say telah bersih,tapi saya harus tetap minum obat selama 3 bulan ke depan. Tapi hanya satu minggu sejak saya dinyatakan sembuh, saya merasakan kesemutan di sekitar kaki sampai paha, kemudian saya mendatangi dokter saya dan akhirnya saya dirujuk untuk MRI,hasilnya ternyata TB tersebut telah menginfeksi tulang belakang saya, dan harus segera dioperasi untuk mencegah penyebaran infeksinya.
    Mbak.. bisa minta referensinya kalo di jakarta oprasinya menelan biaya berapa ya? karena di Medan, taksiran biayanya itu sekitar 40 juta-an

    Mbak,
    Biaya operasi tentunya tergantung dari RS dan kelas kamar yang diambil. Selain itu juga tergantung obat dan alat yg dipakai (misal PEN)

    Kalau saya dulu di RS Mitra Kemayoran kelas 2 thn 2004 total abis 75jt (nginep di RS 29 hari). Sementara belum lama ini ada pasien operasi di RS Fatmawati Jkt thn 2009 total abis 36jt sudah termasuk PEN.

  104. mbak, saya sudah di fonis tbc tulang belakang dari hasil mri. saya binggung karena terbentur biaya. jadi saya minta bantuan info rs mana yg agak murah. sekalian minta nmr ponsel mbak untuk tukar informasi. o ya mbak untuk mencabut pen dulu mbak habis brapa. mksh sekali ya,,, mbak.

    RS yang murah? coba ke RS negeri deh. Kalau di jakarta bisa coba ke RS Fatmawati. Untuk cabut pen, dilakukan operasi … maka biaya nya sama seperti biaya yang dibutuhkan untuk tindakan operasi. Tergantung RS, kelas kamar inap dan obat/alat yang digunakan. Btw notelp saya email yah

  105. saya mau nannya dong kira2,,…biaya pengobatan untuk penyakit ini berapa ya..?
    truss…apa klo udah di lakukan operasi bisa pulih seperti semula…
    karena ibu saya mengalami hal yg demikian..dia kena di tulang ekor…,,
    terimakasih,,,..
    mohon di jawab iaa..

    biaya pengobatan? tergantung terapi yang dilakukan.

    Kalo cuma obat minum aja, bisa didapat di puskemas. Harga obat TBC utk sebulan bisa dibeli di puskesmas dengan harga 50-100rb.

    Kalo harus operasi, tergantung RS, kelas kamar inap dan alat tambahan apa yang digunakan. Harga PEN untuk tulang belakang tahun 2010 ini berkisar 15-30jt tergantung materialnya.

    Setelah operasi bisa pulih semula? ibaratnya mobil, kalo udah turun mesin apa bisa fit seperti saat baru?

    Tergantung bagaimana kita menjaga tubuh kita, asupan makanan dan olahraga yang kita lakukan.

  106. mbak… menurut pengalaman mbak ato orang2 yg pernah share ke mbak, lebih baik mana ya, pakai pen atau langsung pakai tulang iga saja, karena dokter saya menyarankan langsung memakai tulang iga saja.
    trus kondisi kita setelah diambil tulang iganya gimana ya mbak, apa ada efek samping yg lain yg dirasakan?
    terus terang mbak, saya masih belum berani untuk dioperasi, selain masalah biaya juga.
    Thanks ya mbak

    lebih baik mana? tergantung kebutuhan badan kita. saya udah ngerasain 2-2nya. di badan saya gak ada bedanya. Coba konsultasi ke dokter aja. Efek samping? gak ada tuh. Alhamdulillah sehat aja sampe skrg

  107. Assalamualaikum mba…

    Saya juga salah satu penderita TBC tulang belakang, akan tetapi untung saja belum sampai pada tahap yang parah (dipasang pen) walaupun 2 ruas tulang belakang saya mengecil. Sekarang, pasca operasi, saya juga diharuskan memakai sabuk kulit di badan. Lalu, apa rasanya yang akan terjadi setelah operasi mbak???nyeri, ngilu, ato apa mbak???
    terima kasih

    Wassalamualaikum…

  108. mbak,,,,,,, kalok kasusnya tbc tulang sebaiknya ke dokter spesialis bedah ortophedi apa ke saraf. kalok mbak sendiri dahulu di tangani spesialis apa. mksh.

  109. salam hangat untuk De,,
    saya (24 thun) baru baca sekilas tentang tbc tulang di blog Anda,saya tertarik dengan tulisan Anda,,
    namun ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan perihal tbc tulang, karena saya adalah penderita Coxitie 5 tahun silam..

    1. apakah tbc tulang bisa mengakibatkan penurunan kadar kalsium dalam tulang??? karena saya pernah mendatangi posko pemeriksaan tulang milik produk produk susu di mall,, hasilnya kadar kalsium tulang saya rendah padahal saya masih mengkonsumsi susu high kalsium..
    2. saya sudah divonis sembuh setelah menjalani beberapa medical checkup,, namun akhir-akhir ini saya mengeluhkan rasa sakit di lutut,,, apakah mungkin bakteri TBC dalam tubuh saya aktif kembali dan menyerang bagian-bagian tubuh yang lain???

    mohon penjelasannnya De,,
    terima kasih..

  110. Yth De

    saya mohon penjelasan tentang anak saya Khansa Salsabila Usia 11 th katanya terkena tb tulang dan telah operasi di Rs Thamrin Salemba pada tanggal,7 juni 2010 tapi setelah operasi hingga hari ini tanggal, 30 juni 2010 kaki bisa digerakan terasa berat dan pegel kira apa yang harus dilakukan

    Orang tua tlp 08128084102,08128773345
    Anak 33072341
    Salam

    SUgiharjo

  111. Asslkm.De mksh bgt y infonya.sekarang aku terbaring kena tb tlg punggung.mulai ad benjolan kecil dan ga bs jalan.boleh minta email lutvi yg comment tg3 desember 2009.ak ingin tau bgmn hsl operasi,dr. yg menangani dan biayanya krn sama dijogja jg.saat ni aku msh blum mampu memutuskn untuk operasi dan masih mnm obt herbal.thanks b4

  112. Saya lusa operasi pertama..untuk pmbuangan abses dan pmasangn pen..saya takut..saya mohon doakan ksmbuhan saya ya.terima kasih

    Goodluck ya! semangat terus untuk sembuh. Jangan lupa rutin minum obatnya!

    • Hai…apa kabar mba de…?udah lama ga baca blognya..saya skrang alhamdulillah sehat dan kuat.. udah nyolong naek motor biarpun ga si bolehin bawa..sudah travelling keliling indonesia, bacpackeran, hiking, dengan badan bertitanium,..bionic man.hehehe…
      Intinya bagi para sesama penderita tetap semangat, ikutin anjuran dokter, sugest diri ke arah posiitif yakinakan bahwa diri lo bisa sembuh.btw, mba de boleh minta alamat email nya. Tks..

    • Halo pak iwan, gimana keadaaanya sekarang?mudah2an sehat selalu beserta keluarga.amin.untuk doanya tempo lalu..aku terima kasih yah..

  113. mba Dee, sya troy usia 41 th. 2 tahun yang lalu dibawah dengkul saya muncul benjolan yang makin lama membesar yang terasa nyeri sekali bila berdiri. dokter mendiaknosis saya dg bisul mata seribu. 3 kali sy diberi suntikan hingga akhirnya bisul itupun pecah yang mengeluarkan darah bercampur nanah yang keluar terus-menerus. setelahnya saya cm diberi obat minum dan pembersih luka. selama 2 tahun sy tdk pernah kembali ke dokter dan selama itu pula sy hanya mengganti kapas dan verban karna nanah. saudara saya yang bekerja di RS.Permata Hj mengatakan bahwa kemungkinan sy terkena TBC kulit. saya mohon saran dari Mba, apa yg harus sy lakukan melihat kemampuan keuangan sy yg juga tdk besar. Terima kasih sebelumnya.

    Hi Troy,
    Sebaiknya ke dokter spesialis kulit aja dan lakukan test secara menyeluruh untuk melihat kemungkinan TBC atau tidaknya. Serangkaian test harus dilakukan dari test darah – urine – mantoux.

    Kalau memang positif, harus minum obat secara teratur (min 6 bulan non-stop). Obat TBC gak mahal kok, bisa diperoleh di Puskesmas.

  114. mbak..bisa diberi tahu dimana RS untuk operasinya, karna istri saya bawa periksa ke melaka malaysia, dokternya bilang biaya 75 juta..,uang kami tak sebanyak itu, boleh minta no tel mbak gak untuk komunikasi lebih lanjut…terima kasih ya mbak

  115. Ass Wr Wb..
    maaf klo boleh tau dokter SpOT yg bagus di RS mana yaa? punya no telpnya?kebetulan saya lagi pegang Program JAngan MEnyerah Trans7 tayang setiap Kamis pukul10.00 WIB selama ramadhan.. kebetulan orang yang pernah kita bantu itu penyakitnya TBC Tulang belakang… dan saya kesulitan mendapatkan keterangan dari dokter mengenai masalah tersebut..
    terimakasih sebelumnya atas bantuannya…

  116. duh, kasian mba de, ibu q jg sama kena TBC tulang, kasian bgt klo jalan sering sakit, dokter jg ngomong hrus dioperasi, tpi bu q ga mau disamping karena biaya jg ngeri>>>, kira2 da pengobatan alternatif ga ya

  117. Ass WrWb, trim mbak de ini sangat membantu…, saya jadi tambah yakin bahwa TBC tulang yang dialami istri saya bakalan sembuh Insyllah …mohon doanya ya…trims

  118. mbaaa…ibuku juga di vonis TB tulang..aku blm tau lumban brp yg kena..cuman memang dr sudah menyarankan operasi,boleh kirim no telp mba ato ym id ato pin…byk yg saya mau tanya…

    makasih

  119. suami saya awalnya bahunya sakit sekali,lalu periksa ke dokter dan sdh di foto juga. hasilnya gejala rematik. sdh injeksi.tapi sampai sekarang walaupun minum obat,tetap aja sakit.saat ini dia kesakitan,dan sakitnya menjalar sampai ke punggung.saya kasihan sekali melihatnya.saya pernah lihat acara di sebuah tv swasta di jepang, ada penyakit namanya saya lupa,dan penyakit itu ga bisa disembuhkan.yaitu,otot di badan menjadi keras lalu menjadi tulang.saya mau tanya,pakah itu juga termasuk TBC tulang ya?tq

    coba dibawa ke dokter aja dulu. lakukan pemeriksaan yang menyeluruh. jadi penanganan nya juga bisa jelas dan tuntas. saya tidak bisa menjawab apakah itu TBC tulang atau tidak. Karena ada serangkaian tes yang harus dilakukan sebelum menentukan TBC

  120. mbaa aku divonis dokter penyempitan saraf tulang belakang dan dilakukan operasi da yg menyarankan ke orang pintar setelah penanganan orang pintar katax kmu perna buat salah disuatu t4 yg keramat n banyak yg keluar dari dalam tubuh sya seperti ikatan rambut,tulang n segumpal kayu. yg sya mau nax sya bingung ne penyakit saraf pa kena santet trims..

    wah maaf saya lebih memilih medis sebagai usaha menuju kesembuhan

  121. haii mba De..
    salut bgt ma critanya,bikin terharu..aku jg baru operasi tulang belakang di thorax 3 n 4 skitar sebulan yg lalu.aku mau tanya nih k mba De :)
    -pasca operasi pasti ngerasain nyeri n kaku ya?kira2 brp lama?soalnya bekas operasi ku ini rasanya nyeri bgt
    -obat tb bisa bikin mual ya mba?brapa lama mualnya?soalnya aku baru mulai minum
    mba De..klo blh mnta no hp nya donk..pengen sharing nie..kirimin ke email ku yh..makasih banyak :)

    Setelah operasi pasti lah merasakan nyeri dan kaku. Tapi itu semua bisa diatasi dengan banyak bergerak. Jangan takut untuk menggerakan badan setelah operasi, karena semakin banyak gerak maka otot tubuh kita akan menjadi lebih lentur. notelp di email yaa

  122. oh brarti mesti banyak gerak ya..hanya aja kayaknya badanku blum bisa menyesuaikan diri dengan pen yg dipasang.rasanya gak nyaman..hik :(
    mba De,aku mo tanya..kalo tulang belakang itu bisa numbuh lagi gak sih?soalnya dokter bilang tulangku ud hancur di thorax 3 lalu dicabut n diganti tulang buatan.

  123. Assalamualaikum mba Ade yang baik dan dirahmati Allah perkenalkan saya Rachma 26 tahun. sebulan lalu tepatnya tanggal 8 Agustus 2010 saya menjalani operasi pasang pen dan membuang abses sebanyak 2 liter akibat spodolisitis TB L4 L5. alhamdulilah tulisan mba memberi inspirasi dan semangat saya untuk sembuh ketika itu. yang saya mw tanyain setelah pasang pen apa yang mba rasakan ?
    - berapa lama rasa nyeri bekas dreal/selang, jahitan dan tulang yang dipasang pen?
    karena sudah satu bulan rasa sakit masih ada ketika bergerak disekitar tulang yang dipasang pen?
    mhn pencerahan ya mba.

    mhn maaf jika tidak keberatan saya minta no hp mba ade untuk shering…makasih mba.

  124. alow mba..aku dion di jakarta..mba,aku mw tny..kalau minum obat tbc kan pasti efek sampingnya mual muntah ya?sedangkan pengobatan tbc itu butuh waktu cukup lama.
    yg aku mau tanyain brapa lama sih masa2 mual tersebut?soalnya aku tersiksa bgt tiap hari mual n gak ada nafsu makan?dulu mba de brapa lama mual2 nya?makasih y

  125. assalammualaikum mba de,

    salam kenal yah..

    Kurang lebih tiga bulan yang lalu, tepatnya tanggal 13 juli 2010, saya menjalani operasi Spondilitis (thorakal 3 & 4). 15 hari setelah saya melahirkan. tidak ada yang menyangka bahwa saya terkena penyakit langka tersebut karena keluhannya seperti keluhan orang hamil kebanyakan (saat itu saya sedang hamil). saya terpaksa harus menunggu melahirkan dulu untuk di MRI, karena orang hamil tidak boleh MRI. alhamdulillah bayi saya lahir tanggal 28 Juni 2010. 5 minggu lebih cepat dari perkiraan dokter. walaupun bayi saya prematur, tapi saya tetap bersyukur karena MRI bisa dilakukan setelah melahirkan. sehingga dokter bisa melihat, bakteri apa sebenarnya yang bersarang di tulang belakang saya. setelah hasil keluar, dokter langsung memutuskan saya untuk segara operasi. karena kalau di tunda lagi saya bisa lumpuh (karena sensor motorik saya sudah mati pd saat itu).

    alhamdulillah.. setelah operasi saya sudah bisa menggerakan kaki. yang sebelumnya nyaris seluruh badan saya kaku tidak bisa di gerakkan.

    sekarang kurang lebih 3 bulan setelah operasi saya sudah bisa berjalan. walaupun masih tertatih. kram di kaki juga masih terasa. dokter belum mengijinkan saya untuk kembali bekerja, karena saya masih mengeluhkan sakit di bagian punggung, bekas operasi.

    hanya sekedar sharing aja mba de… terus terang, hari-hari yang saya lewati lebih satu bulan di rumah sakit membuat saya nyaris putus asa. kemudian saya membaca blog mba de. semangat saya muncul kembali, disamping semangat yang berasal dari baby saya sendiri. bayangin mba, setelah melahirkan saya harus pindah rumah sakit untuk proses operasi. sungguh luar biasa rindu saya kpd bayi saya mba. tapi ALLAH SWT Maha pengasih dan penyayang.

    Thanks mba de… Semoga kita semua selalu dalam limdungan Nya.. Amin…

    Wassalam..

    Terima kasih dahlia, smoga diberikan kesembuhan yang sempurna yah. Makasih udah berbagi cerita disini.

  126. Assalam WW,Hi ‘de, salam kenal :) Keren blog nya
    Cerita sedikit nih, waktu kelas 1 smp (sekarang umur saya 39th) pernah terkena TBC tulang di lutut, menurut dokter tidak perlu operasi krn TBC saya masih tahap awal, kalo tidak salah (udah lupa, jadul banget :) ) Saya minum obat selama 1 th dan setelah itu di nyatakan sembuh. Yang mau saya tanyakan:

    1. perlu tidak saya check up secara teratur u/ TBC?

    2.Beberapa hari belakangan ini siku tangan kanan saya sakit, final nya hari ini tidak bisa diluruskan 180′, mendadak inget penyakit saya jaman kecil, apa saya harus periksa ke dr tulang?

    Ditunggu jawabannya ya De, Tx sebelumnya, Wass.

    Hai Ririn,
    makasih udah baca blog de.

    1. Checkup secara teratur mah sebisa mungkin dilakukan. Baik itu utk mantan pasien TBC, atau orang2 yang terlihat sehat. Kalau bisa dilakukan setahun sekali secara rutin. Karena kita tidak akan pernah tau kondisi badan kita kalau tidak melakukan pengecekan.

    2. Untuk kondisi tangannya, sebaiknya memang ke dokter. Konsultasi dan ceritakan apa yang dirasakan ke dokter. Supaya dokter bisa mendiagnosa apa penyebabnya dan bagaimana pengobatan yang harus dilakukan. Bisa ke dokter tulang dulu, nanti dokter tsb yang akan merujuk ke dokter lain kalau memang ternyata penyakitnya bukan di tulang.

  127. hi,mba’…
    aq jg ud 2x operasi neh
    pertama, operasi pemasangan implant bln 7 kemaren
    yg kedua, operasi evakuasi nanah.
    mba, brp lama ya biar bs beraktivitas normal lg, seperti membungkukkan badan gt.
    tengkyu

  128. setelah 2 tahun lebih saya bergumul sama tbc-tulang akhirnya sembuh…juli kemarin hasil rongten saya negatip dan bekas lobang selalu mengeluarkan cairan akhir tertutup walau sperti bekas luka tembak …

  129. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Mba De,
    saya juga baru dioperasi tanggal 11 oktober yang lalu, karena spondilitis TB (lumbal 3 & 4).
    Alhamdulillah yang sebelumnya setiap bergerak nyeri sangat… sekarang sudah hilang, tinggal kaku dan pegel-pegel saja. Dipinggang saya dipasang pen penyangga sepanjang 12cm karena tulang lumbal ke 4-nya sudah hancur, katanya sih permanen.
    Dan per 1 November saya kembali ngantor walaupun semampunya karena badan mudah sekali lelah. kalau kecapean kaki kanan suka ngilu… tapi dibandingkan sebelum operasi ngilu2 sedikit mah ngga pa-pa.
    Terima kasih mba de karena saya berani operasi dan tidak putus asa setelah saya membaca blog mba de ini… saya jadi kembali punya semangat dan percaya kalo saya bisa sembuh…
    Alhamdulillah…
    Mba De saya minta nomor hape-nya dunk.
    Terima kasih.

  130. asw. slm kenal ya mba…sm dg mba/mas pu2n, sy jg termotivasi n yakin bs sembuh stlh bc pengalaman mba de…n tmn2 yg py nasib serupa. tulang belakang yg terinfeksi kuman T6-9. T8nya sdh hbs. waktu itu sy hampir tdk bs bgn slm 2 bulan, klpun bs bangun dlm kondisi bungkuk dan berjalan tdk tll jauh. sy operasi di RS Siaga Raya oleh dr. Muki Partono, tgl 20 sept 2010. alhamdulillah tgl 25nya sdh bs pulang dg berjalan tegak. skrg msh minum obat tb selama 2th.
    ternyata kebanyakan penderita tbc tulang awalny tdk menyadari kl dia terkena tbc ya mba….krn biasanya stlh di MRI baru ktahuan. sayangnya u MRI sj biayanya sdh mahal apalagi tindakan medisnya…sy g kebayang gmn dg sdr2 kt yg tdk mampu. stahu sy kl tbc paru dibiayai pemerintah..kl tbc tulang gmn ya…untuk nyaranin MRI aja kl gbs bantu biaya gmn ya….sy sgt prihatin.

  131. Hiy….makacih banget ya sharenya….
    bikin hati pLong.
    sekaLian nanya nech, saya juga pernah punya pengaLaman soal tb, tapi tb yang saya alami adalah tb kelenjar. berawal dari kuliah dulu, trus setelah lebih dari 3 tahun saya baru sadar kalo ada benjolan di bagian lipatan paha. setelah di pastikan benjolan itu , saya dioperasi untuk pengangkatan benjolan, dan setelah di adakan tes PA kalo saya terinfeksi tb kelenjar san harus menjalani terapi minum obat (OAT) selama 9 bulan. saya pernah hamil sabelum saya tau saya terkena tb kelenjar dan keguguran di usia kehamilan 2 bulan. yang saya mau tanyakan, sekarang saya dalam masa 5 bulan minum obat, apakah bahaya kalo saya hamil sedangkan saya masih menjalani terapi OAT?? apakah janinnya akan baik2 saja sedangkan saya masih minum obat OAT disaat hamiL?

  132. uh, malah tu bapak alternatif suka sm sy.. apa2an ini..
    lalu sy berhenti alternatf, tiba” divonis tb paru oleh dokter RS paru” , lalu berobat, dan melupakan skt pinggang sy..
    hingga akhirny skrg, sy ditemani oleh pacar sy, tanpa sepengetahuan mamah, ke rumah sakit salamun untuk memeriksakan pinggang sy. wktu jumat, dokter saraf menduga sy terkena TB tulang, lalu sy ronsen tulang..
    di hasil ronsen itu sy lihat bentuk tulang belakang sy bengok..tidak wajar..
    besok sy menyerahkan hasil ronsen pada dokter,

  133. Hai mba de!
    Apa kabar? saya aan yg 4 bulan lalu koment blog mba de..

    Skarang udah 4 bulan paska operasi tb tulang, lumbal brapa saya lupa.. Oktober lalu.

    Tanggal 4 saya operasi karena ada abses di bagian pinggang!! stelah dsedot ternyata isinya perkejuan atau smcam nanah itulah..kira2 hampir satu liter..alhamdulillah bgt! sudah disedot..dan lebih baik badan saya

    dulu setahun saya seblum operasi saya sudah mengeluhkan jendolan yg ada pinggan ini.. yg saya ga tau dan terus kedokter!! yg katanya salah urat, ginjal, nanah karena infeksi tapi ga tau karena apa.. tapi saking udah parahnya saya meminta MRI, akhirnya bisa keliatan. tapi yg keliatan tulang belakang saya yg udah hancur..

    ternyata kalo saya niali dr sejarah saya berobat mash banyak dokter yg belum peka atau mengerti tentang adanya bagaimana gejala penyakit tb tulang ini. mereka pun tau akibat inisiatif saya sndiri!!

    untuk MRI .. saya hanya pasrah stelah saya tahu saya kena tb tulang!!

    saya 1 bulan di rumah sakit!!

    titanium dibadan yg skg nempel di punggung saya, ga tau kapan bisa nyaman!!

    saya mesti buang hobby saya yg ekstrim. 4 bulan saya merasa badan saya sperti orang yg ga mampu berbuat apa2. memakai korset yg merek oppo!!

    setiap hari berkaca serasa masih ga percaya saya bisa seperti ini.

    yah begitulah mba de!!

    skrg saya sudah berangsur pulih dan ga tau kapan saya bisa dinyatakan bisa pergi bawa mobil dan kerja!!

    saya sangat jenuh!!

    halo Aan,
    makasih udah baca-baca blog de dan ikutan sharing yah.

    Menjadi manusia bionic (pen implant) harusnya tidak membatasi kita dari kegiatan yang pernah kita lakukan. Hanya mungkin akan menjadi alarm dan pengingat kalau kita akan melakukan sesuatu yang diluar batas kemampuan kita aja.

    Udah 4 bulan setelah operasi kan?

    harusnya bisa aktifitas normal lagi tuh

    Saya 3 bulan setelah operasi, udah kerja dan dikirim dinas ke Eropa.

    Bahkan sampai sekarang saya masih aktif kerja, tugas luar kota/negeri, bisa berenang, bisa melakukan olahraga menantang (walo saya masih menahan diri utk keinginan buggy jumping hehehe).

    Yang semangat ah. Jangan menyerah sama keadaan. Kalo de aja bisa, kenapa kamu enggak?

  134. Makasih buat ceritanya mbak, aku baca semua dan juga semua kommen disini, ternyata perjuangan mbak de ma temen-temen laen begitu berat.

    Aku punya saudara juga kena TBC paru dan juga asma, tapi ditengah pengobatan dia mengganti semua obat dokter dengan produk thiansi yang dia jual. Semua keluarga, ortu bahkan suami gak tau apa yang dia lakukan, sampai di saat terakhir dia minta maaf ke ortu kalau selama ini dia tidak meminum obat yang diberikan dokter, akhirnya dia meninggal mbak, sampai sekarang suaminya bahkan tidak mengetahui hal tersebut.

    Aku jadi takut sendiri, karena aku sendiri sekarang lagi mengidap TB Paru dan juga diabetes, dan menjalani terapi udah 3 mingguan setelah 2 minggu lalu aku nginep di RS dan hampir koma, barulah ketahuan kalau aku mengidap TB paru, aku gak tau mbak tertular darimana, tapi aku janji mbak akan berjuang melawan penyakit ini demi anakku yang masih kecil….

    tq buat sharingnya mbak….

    semoga Tuhan memberi jalan yang terang bagi Cik Esther

    Hai Whinny,
    Makasih udah baca blog ini secara lengkap. Jangan lupa minum obat yah. TBC paru cuma harus minum obat selama 6 bulan kan? ayo semangat!

  135. dokter yg menangani Ibuku mnduga 80% Ibuku mnderita TBC Tulang :’(

    teman2,
    mohon doax bwt Ibuku agar Ibuku dberi kkuatan n ksembuhan , amiiin

  136. Buat rara (coment 4jan11),aku doakn ibu km lekas smbuh.rara hrs slalu smangat jgn pnah pts asa ntuk slalu mnghbur n beri smangat br ibu.krn penderita appn akn lbh mrasa cpt smbuh dgn harapn dr org2 yg ia syg.aku br bs jalan lg,ibu rara pasti bs smbuh.smangat

  137. Alhamdulilah saya turut berbahagia…

    seandaynya semua orang yang kena Tb tulang seberuntung de ya…..
    bisa di operasi dan punya biaya ya….

    berbeda dengan ibu saya, kita sudah pasrah, semua harta kita bersaudara udah kita maksimalkan..
    namun, kita hanya bisa merawatnya di rumah aja…

    saya hanya minta doa saja semoga Allah menganggkat penyakit ini dari ibu..
    amin…

  138. dear de..
    stl aku baca testimoni dari de, aku tambah optimis dgn keadaan adeku yg skr lagi therapy dan mau operasi untuk kasus spondilitis spt yg de alami.

    ada sedikit perbedaan krn penyakit penyerta adikku ditemukan benjolan di paru hingga menekan ke rongga parunya.

    sekarang dirawat di RS Panti Rapih Jogja dengan dokter-dokternya Dr. Tedjo Rukmoyo Sp. Ort, Dr. Iswanto Sp.P, Dr. Soepomo Sp.BTV

    mohon doa dan dukungannya untuk semuanya buat adikku sehingga operasi yg nanti akan dijalani lancar, sehingga aku bisa nulis juga success story sepertt yg de postingkan.. amin

    mungkin bisa minta email/HP de untuk menyambung komunikasi dan menyemangati mengenai penyakit ini, karena jujur saaj keadaan keluarga terutama ibu juga jadi down.

    salam

    Dedy P

    Mas Dedy,
    Terima kasih udah baca blog de. Didoakan supaya adiknya bisa menjalani pengobatan dengan sabar, rutin dan teratur. Semoga lancar proses operasinya. Semoga diberikan kesembuhan yang sempurna, tidak ada penyakit lainnya. Saya sudah kirim email yah

  139. Assalamualaikum Mba De,
    suami saya kemaren tiba2 lemes, sampe jalan aja sempoyongan, angkat tanganpun lemes, ga kuat katanya.

    Thn 2008 suami saya pernah dioperasi karena ada abses di perutnya, kata dokter sih si abses itu nempel di otot. Saya juga ga ngerti dan kata dokternya absesnya skitar 13cm.

    setelah dioperasipun saya liat nanahnya kira2 60 ml.

    sebelumnya memang suami saya mengeluh sakit di daerah bawah pinggang, untuk bergerakpun sakitnya minta ampun katanya. sebelumnya sempat di opname di RS Imanuel Bdg, tapi setelah seminggu dan pulang dari RS kok ga ada kemajuan hingga akhirnya saya ajak ke dokter specialis dalam/internis, baru akhirnya disuruh operasi setelah melaksanakan beberapa check, dan setelah operasipun di RSHS Alhamdulillah suami saya sembuh.

    Tapi sekarang suami saay kok jadi gitu lagi

    akhirnya dia bilang waktu kontrol pasca oprasi dokter kiki (dokter yg membedah dia) bilang kemungkinan suami saya kena TBC Tulang, tapi dokterpun belum yakin. Katanya baru bisa diliat 3 thn kedepan

    ternyata benar sakarang suami saya sering mengeluh sakit lagi dibawah pinggang, dan skrg malah lemes ga bisa jalan.

    Sekarang saya belum ke dokter lagi, insya Allah besok karena saya akan menghubungi dokter bedahnya yg dulu.

    Doain ya mudah2an suami saya dapat sembuh tanpa oprasi, amien.

    Mudah2an mba De juga sehat slalu, amien.

  140. Hai mbak salam kenal, saya Meli bisa aku minta nomer telp mbak? Aku pengen sharing ama mbak, trims sebelumnya.

    Mbak Meli,
    No telp sudah di email yah. Silahkan cek

  141. Salam.

    saya iruel (cewe), skrg pemulihan dari tb tulang.

    alhamdulillah kmrn setelah operasi 2 kali tapi gak pake pen. cuma pembersihan abses saja.

    mbak dulu minum obatnya 18 bln ya..

    saya 12 bln, jadi besok bulan terakhir minum obatnya…

    apa memang lama minum obatnya tiap orang beda tergantung kondisinya?

    mbak de, kenapa dulu gak boleh hamil ma dokter?

    apa dijelaskan resikonya?

    bisa sharing kah?

    ketika kondisi tubuh bagus (berat meningkat, skrg saya 49kg dulu 37 kg ) masih mungkinkah muncul abses didalam tubuh?

    setelah divonis sembuh bagaimana tipsnya mbak biar gak terjangkit lagi?

    mohon infonya ya dan sharing dari mbak de dan temen2.. karena saya akan menikah dan pastinya merencanakan hamil…

  142. sobat-sobat saya pernah comment bln juli kemaren.

    sobat boleh gak kita saling sharing? apalagi untuk sobat yg udah menikah.

    Saya juga pernah saling email ke mba de.

    Kalo sobat mau, email ke saya.

    Mba de, saya minta tolong n maaf ngeropotin, kalo ada yang minta email saya tolong diberikan ya.

    Thx so much.

    Makasih ya iwat, udah mau sharing dengan teman2 smua. Ini email iwat: taufikt88@yahoo.com

  143. Mbak, thanks for sharing. Sangat memberikan inspirasi dan semangat.

    Saya baru saja menjalani operasi spondilitis TB di thoracal 5-6. Saat ini masih di RS, sudah belajar duduk. Walau bener, rasanya sakit bangettt tapi jadi semangat karena udah kangen sama anak2 di rumah. Mbak, minta no hp-nya boleh? Mau tanya2 soal perjalanan recovery-nya nanti. Thanks

    Notelp sudah de email ya

  144. thanks atas sharingnya,

    Anak saya ketika diperiksa ditemui ada abses di 5 tulang belakangnya. Menurut dokter untuk mengeluarkan nanahnya harus melalui operasi, namun karena ada masukkan sana-sini yang menyatakan bahwa operasi tulang belakang dapat mengakibatkan kelumpuhan saya jadi takut untuk melakukan operasi.

    Selanjutnya saya mencari dokter lain sebagai perbandingan. Oleh dokter ini anak saya divonis kena tbc tulang belakang (dengan melihat hasil MRI), namun dia tidak menganjurkan untuk operasi, hanya memberi obat tbc berupa rifamficin dan inh serta vitamin.

    Oleh dokter pertama sebenarnya anak saya dinyatakan negatif tbc dengan melihat hasil pemeriksaan darahnya, namun ada item lain yg menyatakan mengarah kepada gejala tbc.

    Nah menurut mbak de sebaiknya yang mana harus saya ikuti, apakah harus operasi atau minum obat dulu sambil melihat perkembangannya?

    Apakah operasi ini harus segera dilaksanakan?

    Kalau harus operasi siapa dokter ahlinya dan RSnya (saya bukan dari keluarga mampu)?

    tks atas sharingnya.

    Pak,
    terima kasih sudah baca tulisan ini.

    Memang TBC tidak bisa dilihat hanya dari hasil test darah aja. Melainkan ada serangkaian tes yang harus dilakukan supaya kesimpulan yang didapat pun lebih tepat. Dan bisa mengarahkan tindakan apa yang harus dilakukan supaya pengobatan bisa menyuluruh.

    Operasi atau tidak, tentunya dokter yang lebih tau daripada saya pak. Hasil xray bisa keliatan jelas kok, bagaimana kondisi tulang pasien dan apakah memang dibutuhkan operasi atau enggak.

    Kalo memang masih bisa diatasi hanya dengan minum obat, sebaiknya dilakukan secara rutin sampai masa pengobatan selesai.

    Kalo memang harus dilakukan operasi untuk membersihkan tulang dari nanah (abses) dan memperbaiki kondisi tulang (rekonstruksi), sebaiknya jangan ditunda. Abses yang didiamkan akan terus berkembang pesat dan menyebabkan kondisi pasien makin parah hanya dalam hitungan hari/minggu.

    Kalo memang ‘biaya’ menjadi kendala, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter memiliki tempat praktek di RS swasta juga negeri/pemerintah. Atau bapak bisa langsung ke RS Fatmawati aja, yang sudah difokuskan pemerintah sebagai RS spesialis tulang. Peralatan nya lengkap dan dokternya banyak yg memang spesialis tulang belakang. Cari aja dr. Lutfi Gatham, kebetulan beliau yang operasi saya, pak.

    Semoga ananda diberikan kesembuhan yang sempurna ya pak.

  145. aku IDA CHRISTY HUTAGAOL, usia 16thn, belum genap sebulan aku dinyatakan terkena TB Tulang oleh dokter

    awalnya aku terpeleset di teras rumahku, aku tdk merasakan apa2. Tapi setelah 3-4 bulan aku sering merasakan denyut2 dan terkadang nyeri dibagian pinggangku. Dan badanku juga sudah mulai miring.

    Awalnya aku hanya dibawa ke tukang pijat saja, tapi tidak ada perubahan.
    Akhirnya ortu saya membawa saya ke dokter ortopedi, dia hanya menyuruh saya rontgen, hasil rontgen baik2 saja.

    Ortu saya semakin cemas, karena tidak adanya perubahan dan membawa saya ke dokter saraf. Awalnya dokter itu menyuruh saya dirontgen, dan hasilnya terdapat benjolan menyerupai kista. Dokter memutuskan untuk melakukan scanning, hasil scanning menyebutkan kalau di 1 ruas tolong saya terdapat virus,
    dan dianjurkan buat opname. Sewaktu opname saya menjalani mantoux test dan pemeriksaan darah. Dan hasilnya saya + TB tulang.

    Ya Tuhan, inikah akhir hidupku? itulah yg pertama kali muncul dibenakku.

    ortu dan dokter trus menyemangati saya, sehingga saya tetap optimis sembuh, dan sekarang saya harus minum obt selama 6-9 bulan, bosan rasanya mbak..

    saya mau tanya mba, apa sebelum terdiagnosa TB Tulang badan atau cara berjalan mbak miring? –> enggak miring tuh, cuma gak bisa jalan aja :)

    saya jg mau minta alamat FBnya mbak? –>via email yah

    terima kasih..

  146. de,aku salut am perjwnganmu..bacanya azz mpe merinding aplg km yg ngerasain.aku jd tringat ade ku de..aku azz yg g ngrasainya kynya dah bnr2 pts asa aplg adeku yg menderita tbc tulang…
    1 hambatan terbesar aku adalah BIAYA…
    sebenernya msh bnyak yg pengen aku ceritain tp scr garis besar pasti ade tw sndri gmn posi2 aku terutama adeku..
    aku minta doanya ya de..mdh2n adeku dksh ksbran mnjlani cobaan hidupnya n mdh aku sklwrga dmudahkan dalam sgala hal Olehnya hingga sw bs brjalan lncar n adeku bs sembu lg seperti de sekarang,amiennnn

  147. sebelumnya makasih banyak atas smuanya,
    sy dari Klaten Jateng – ini sekedar sharing aja sapa tau ada masukan

    kemarin belum lama saya nganter tetangga ke RS. dia masih muda baru lulus SMA, udah dibawa ke RS berapa kali belum tau sakitnya apa, tapi pas kemarin baru tau kalo ternyata dia sakit tbc tulang. Nah yg menjadi permasalahannya, dari pinggul ke bawah sudah tidak bisa bergerak aktif malahan sempat gak kerasa total, dan di RS oleh dokter disarankan untuk operasi, dirujuk ke RC Solo.

    tapi .. biaya menjadi kendala .. dan kemarin urus-diurus sebetulnya masalah kelar.. alhamdullilah ada jalan keluar. yang jadi masalah utamanya sekarang pasien tidak mau untuk dioperas i…. apakah ini bisa sembuh tanpa operasi atau bagaimana?

    Hi Candra,
    Kondisi pasien menentukan apakah dibutuhkan operasi atau tidak. Kalau dokter menyatakan harus operasi, berarti memang kondisi pasien sudah sedemikian rupa dan membutuhkan penanganan secepatnya dengan jalan operasi. Mungkin bisa dicoba ke dokter lain untuk melihat pendapat kedua. Coba diyakinkan aja pasiennya bahwa apa yang disarankan dokter merupakan jalan untuk menuju kesembuhan. Takut, khawatir, ragu pasti ada. De juga dulu begitu kok. Operasi sampai tertunda 4 bulan karena maju mundur aja gak berani mutusin operasi. Terus semangati pasien ya

  148. Saya punya anak harus dioperasi ortopedik tulang punggung, saya terbentur dibiaya, saya mau tanya apa ª∂a̲̅ jalan keluar untuk biayanya dan apakah anak saya bisa hidup normal kembali, berapa lama penyembuhannya

  149. Sebelumnya makasih banget atas informasi ttg TBC tulang nya ya de..

    de, aku mau nanya tolong dijelaskan,

    adeku kena tbc tulang setelah 3 thn baru tahu kalau adeku dinyatakan positif terkena TBC tulang.

    skrg keadaanya jalannya pincang, bentuk punggung udah mulai membungkuk. Dokter bilang tulang kaki adeku berkurang 2 cm sampai saat ini jalan yg ditempuh masih minum obat selama 1thn. Dokter udah bilang harus operasi cuma karena biaya, operasi belum bisa dilakukan…

    yang jadi pertanyaan apakah dengan obat keadaan adeku bisa membaik tanpa harus operasi?

    tapi aku merasa khawatir melihat keadaan postur badannya apalagi kalau melihat dia berjalan, miris banget hati ini de. yang kini dia rasakan kadang2 terasa sakit dipinggangya.

    menurut de apa yang seharusnya dilakukan menurut pengalaman de, kalau bisa tolong kirim no hp de ke emailku,

    makasih sebelumnya

    Halo Delis,
    Terus semangati adek nya supaya gak lupa konsumsi obat TBC nya yaaaa. Melihat kondisi postur tubuh yang sudah berubah, sebaiknya memang operasi harus dilaksanakan secepatnya. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Coba aja ke RS negeri, karena disana biaya akan jauh lebih murah.

    Notelp de email yaaa

  150. assalammualaikum… wah ngeri juga … tp salut perjuangan ibu untuk tetap semangat,

    saya sekarang menderita TB paru sudah 4bulan saya minum obat, tetapi sekarang saya suka pegal/nyeri pinggang,punggung kadang daerah atas testis tidak begitu nyeri sih tp mengganggu Bgt, itu juga hilang timbul dan berpindah2 .. keluhan tersebut muncul setelah saya minum obat TB paru selama 3 bulan pertama, nah yg mau saya tanyakan apakah saya terkena TB tulang?

    trima kasih,

    wassalam

    Wa’alaikumsalam,
    Mas Danny sudah coba konsulasi ke dokter tentang gejala yg dialami setelah mengkonsumsi obat TB? Sebaiknya konsultasikan dan periksa lebih menyuluruh supaya diagona dokter lebih jelas
    Wassalam

  151. Hai mba,
    6 bln yg lalu saya kena tb tulang di T10 dan 11, jadi udah dipasang implant nih ditulang belakang. hehe

    kata dokter implantnya buat seumur hidup, saya mau nanya mbak, kalo saya membungkukan badan implantnya elastis gak mbak? ato saya melakukan pekerjaan rumah tdk mengganggu sama implantnya mbak, thenkyu mohon dijawab, skalian minta alamat fb donk mbak de..

    Hi Devy,
    Selamat yah sudah selesai di rekonstrukti alias pasang implant. Setidaknya tulang kamu lebih kokoh sekarang. Obat TBC nya masih rajin diminum kan?

    Untuk implant, selama tidak mengganggu dan tidak ada keluhan memang bisa dipakai seumur hidup. Karena pen itu dari titanium, tentu aja seperti logam lain ya kaku. Yang lentur itu otot kita. Jadi bisa bungkuk atau tidaknya bukan pada implant, tapi lebih ke otot tubuh kita. Untuk itu harus rajin olah raga atau menggerakan badan. Jangan sampai karena abis operasi trus kita malah takut beraktivitas ya. Paling baik olahraga renang dilakukan 2x seminggu, untuk melenturkan dan menguatkan otot badan kita.

    FB? nanti de email yaaaa

  152. saya mau tanya

    ibu saya baru 3 minggu tulang pinggul sebelah kiri sakit kalo mau jalan sakit sekali, lalu saya coba foto rontgen di bagian pelvis diagnosax MM dan spondilosis L4-5,

    trus saya ke dokter tulang katanya cuma osteoporosis dd OA, 1 minggu yg lalu ibu saya masuk rumah sakit dan coba ditelusuri diagnosa MM nya, tapi hasilnya normal pd pemeriksaan elektroforesis protein, albumin, calcium, glob, T.prot, kami belum sempat MRI karena hasilnya lab lain normal,

    trus saya curiga apakah ibu saya kena TB tulang, soalnya sudah 2 tahun ini ibu saya menderita batuk yang tidak kunjung sembuh. dokter mengatakan kena bronkitis kronis, kami cuma bisa foto rontgen, karena untuk tes BTA tidak bisa karena batuknya kering, untuk batuk sudah diberi antibiotik yang bagus sep azitromicin, levofloxacin, + codipront tapi tidak sembuh2,

    jadi saya harus melakukan pemeriksaan apa lagi untuk mendiagnosa adanya TB tulang ?

    saya sudah sering ke dokter spesialis tapi dokter tidak menyebutkan penyakit ibu saya TBC katanya cuma bronkitis kronik

    terima kasih

    Sudah coba test mantoux? Biasanya dari mantoux akan lebih terdeteksi TB atau tidaknya. Lebih baik ke dokter spesialis penyakit dalam, konsultasikan gejala2 yang ada. Semoga diagnosa dokter menjadi lebih tepat dengan pemeriksaan yang menyeluruh. Atau coba cari pendapat dokter lain sbg second opinion

  153. Assalamualikum…
    Mama rafayra,saya mau nanya…
    mama rafayra di rawat di RS mana ?

    trimakasih sebelumnya,
    tolong d jawab yaaa…..

    kan sudah dijelasin sebelumnya. Operasi pertama di RS Pondok Indah, operasi kedua dan ketiga di RS Mitra Kemayoran

  154. mba De,Terima kasih udah di jawab,
    ma’af ya saya ga sempet baca smuanya, hehehehe….

    saya juga kena TB di tulang blakang,tepatnya di lumbal 11 & 12, pen-nya persis sama punya mba De dgn sekrup 7 pcs di kanan dan kirinya, tapi pen saya di pasang ampe nanti saya ga bisa liat dunia lagi mba, pertama saya juga ada abses d punggung kiri sebanyak 1500cc’an dan itu udah di buang mba De,sekarang ada lagi di antara ginjal kiri dan penggantung usus, sebulan yg lalu seh udah di buang tapi cuma pake selang alias di drain aja,baru2 ini saya di suruh USG dan ternyata masih ada abses dgn ukuran 8cm x 4cm.
    saya di suruh MRI (m’f klo tulisannya salah) kaya CT scan gitu mba, katanya cuma ada di surabaya & jakarta secara saya tggl di balikpapan, Kal-Tim.
    kalo emang hasil MRI nya itu positif infeksi akibat tulang blakang, ada kemungkinan pen’nya di rekontruksi lagi mba, saya takut mba…
    saya masih rutin minum obat TB slama setaun trakhir ini.

    kira2 ada alternatif laen ga mba De ?
    trima kasih ya mba udah mau repot2 baca crita Derry

  155. Mbak De, mohon bila tidak keberatan bisa memberikan no telp. yang bisa dihubungi via email saya.

    Terima kasih.

    Hi Mas Danang,
    Notelp de sudah dikirim via email yah. Silahkan cek inbox

  156. ass.. mbak de,
    mohon maaf mbak, saya boleh minta no telp via email saya, kebetulan beberapa hari yang lalu saya kirim pesan lewat email mbak lom ada balasan.

    terimakasih mbak de..

    wass..

    Halo Mas Rudi,
    notelp de sudah di email yah. Coba dicek inbox nya

  157. makasih banget mba’saya juga penderita tbc tulang seperti mba’.berat badan ku turun sampe 16 kilo gram,saat ini aku sedang ngejalanin pengobatan,bahkan udah satu tahun,jujur aku sempat drop karena penyakit ini,tapi semenjak baca artikel ini,aku jadi yakin,kalo suatu saat nanti aku bisa hidup normal lagi kaya dulu,amin… sekali lg makasih

  158. Ass,,saya mo tnya mbk,,,!!!bapak saya jg terdiagnosa menderita TBC tulang,,,beliau sdh mendptkan pengobatan rutin untuk 6 bulan kedepan,,,,yang ingin sayaa tanyakan apa saja tanda2 kl pnyakit TBC itu mulai membaik,,,,
    terima kasih sebelumnya atas penjelasannya…

  159. Mba,eh tante syapa ya enaknya manggilnya.. tante aja ya soalnya saya masih 19 tahun tan..
    Jd gini tante dulu sekitar 4 tahun lalu saya jg prnah difonis dokter TBC tulang itu berawal dari lutut saya yg bengkak krn memang dlu saya penggemar olhrga bgt..
    Nah singkat cerita, saya disuruh minum obat sm dkter yg memfonis saya TBC tulang.. sperti yg tnte bilang saya disuruh minum 18 bulan dan obatnya bnyk bgt.. beberapa di antaranya itu ada obat penahan sakit.. krn wktu itu sy bner2 lumpuh ga bisa jalan gerak sm skalii sakiiiit bgt jd kalo minum obat itu saya bisa aktifitas walopun ga aktif..
    nah singkat crita, stlah kira2 baru 7 bulan saya smbuh tan dan smbuhnya tuh ga brproses jd di hari smbuhnya saya, wktu bangun tuh tiba2 yg biasany ga bisa bangun tp hr itu saya bisa langsung lompat..
    dan bengkakny berangsur2 pulih sndirinya.. saya menganggap itu mujizat Tuhan saya bener2 puji Tuhan bgt..

    dan pnyakit itu bner2 ga prnh kambuh lagi smpai 4 thun kmudian yaitu saat ini.. skrg tb2 kaki saya yg wktu itu bengkak kmbali lagi bengkak tante.. trus bdan saya ngiluu smua, sakit perih gitu di dalem..
    sbnrnya saya sndiri ga tw apa ini TBC tulang yg kambuh lagi ato bukan.. ini br brlangsung sebulan sih dan slama ini jg saya minum obt penahan sakit terus..
    soalnya kalo ga bdan saya itu bner2 ngilu,sakit smua..
    saya taw ini ga bagus kalo hrus minum pnahan sakit terus krn bkal addicted tp mau gmn lagi..
    sy blm cek ke dkter sih ap TBC tulang yg dulu sudah bersih kambuh lagi apa ngga karena sy org yg tkut bgt sm dkter.. saya takut bgt kalo namnya dioperasi tan..

    gmn nie pndpt tante? ap sbaiknya saya minum obt TBC tulang aja lagi dan dimaksimalkan 18bulan?
    kalo blh tw hrga obt buat TBC tulang itu brp ya tan?

    Makasih ya tan.. maaph kalo kepanjangan..hehe
    saya cm mau cerita aja..^^

  160. mbak,
    saya penderita TBC tulang. Di tahun 2009 saya operasi tulang belakang dan dipasang pen, saya mau tanya kenapa kalo kebanyakan duduk punggung saya masih terasa nyeri ya mbak? makasih

    Hai Ferry,
    Saya udah operasi dari tahun 2004, sampai sekarang masih nyeri juga kalo kebanyakan duduk atau kecapekan :) Wajar kok, namanya juga badan hasil bongkar pasang (masih bersyukur gak bongkar tinggal kan hehehe).

    Nyeri itu alarm dari tubuh kita loh. Supaya kita meng-istirahatkan tulang kita. Dengan cara ganti posisi duduk, atau coba berdiri dan jalan sedikit baru kemudian duduk lagi.

    Rajin renang biar ototnya gak kaku ya!

  161. sungguh luar biasa perjuangannya. saya adalah salah satu orang yang pernah menderita penyakit itu dan pernah menjalani operasi untuk mmbuang abses dalam tubuh. Memang gak sampe dibuang tulangnya dan gak pake penyangga. Tapi setelah 2 tahun terkena penyakit itu, badan ini juga menyusut sekitar 7cm karena tulang punggung yang mungkin udah hancur juga seperti de, Dan sampe sekarang saya gak bisa gerakkan tulang punggung dan gak bisa tengadah karena tulangnya kaku. kira2 kalo orang yg udah sembuh seperti saya bisa ga melakukan operasi biar tulang saya bisa bergerak normal lagi, makasih !!

    Mbak Yeni,
    Apakah setelah operasi masih rajin kontrol ke dokter? Coba dibuat kunjungan rutin ke dokter min 1 tahun sekali, dan sampaikan keluhan yang ada tsb ke dokter. Supaya bisa dipantau perkembangannya dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Dan sepertinya hanya dokter yang bisa menjawab apakah dibutuhkan operasi lagi atau tidak utnuk bisa bergerak normal.

    Jangan lupa untuk rutin berolahraga supaya otot tubuh kita tidak kaku dan badan jadi lentur seperti sebelum sakit.

  162. Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh…
    makasih mbak catatan yg luar biasa ini.
    TB tulang itu gejala yg pastinya gimana mbak..

    saya sedikit share, selama 3th ini saya selalu ngilu ditulang/sendi, ngilu itu datang beberapa bulan sekali, (saya tidak ingat, bisa 3-6 bln sekali kambuh).

    kalo ngilu itu menyerang badan saya terasa dingin sekali higga saya perlu pake kaos kaki dan jaket tebal kalo tidur meski di siang hari yg panas, setelah bangun baru sedikit enakan karena telah berkeringat tapi tak mengurangi ngilu seluruh badan

    Kepala pusing, sedikit menggigil dan selalu kedinginan, itu yg saya rasakan. akan sembuh sendiri 1-2hr, slama ini saya tdk pernah periksa ke dokter karena takut. ya takut di vonis sakit berbahaya.

    Dari cerita saya apa ini termasuk gejala TB tulang…

    mohon penjelasannya mbak… Email saya ya mbak agar saya bisa tanya lebih banyak… makasih…

    Mbak Lian,
    Saran saya sebaiknya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena dokter yang lebih punya pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi kasus-kasus kesehatan pasien.

  163. Mb,,,lam kenal…….saya punya kakak yg pnyakitnya hmpir sma dgn mb de’…mau tanya?waktu di obrasi dokter mengatakan tidak ada efek samping dari oprasi itu?karena,otot punggung kan pusat dari semuanya……??/tolong di jawab yahh mb,,,,,sangat penting jawaban mb buat kakak saya……thanks before……

    mbak Sari,
    Efek samping pasti ada. Tapi karena kasus setiap pasien beda2, maka resiko nya juga beda. Tergantung kondisi tubuh pasien. Sebaiknya minta penjelasan dari dokter supaya mendapat gambaran lebih jelas.

    Efek samping yang pasti sih dompet menipis hehehehehe

  164. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Roker

  165. bissmillahirrahmanirrahim
    saya masih pelajar umur 17th
    saya pernah terjangkit TBC tulang di bagian punggung saya, hingga menyebabkan punggung saya bungkuk skitar 5cm,, meskipun saya sembuh TBC nya tapi tulang punggung saya masih bungkuk..

    dengan keterbatasan biaya, tidak mungkin saya mempunyai dana untuk operasi tulang. Saya ingin bertanya apak kebungkukan tulang punggung saya bisa di normalkan kembali tanpa melakukan bedah tulang.Apakah ada penyembuhan dengan cara alami atau dengan meminum obat dan terapi..??

    saya mohon pertanyaan saya dijawab. saya berharap sekali untuk bisa normal kembali, karena saya masih sangt muda..

    Sebaiknya konsultasikan ke dokter, apakah dibutuhkan operasi atau cukup minum obat dan terapi.

  166. Saya jdi mengerti tentang penyakit ini,,,jujur sj baru tahu, saat kakak saya divonis TBC Tulang, sampai sekarang pengobatan medis dan konsumsi obat tdk pernah berhenti.

    Mba… setelah sy baca semua cerita mba, ada beberapa pertanyaan yg mungkin sama dengan pengidap TBC tulang yg lain…
    1. Apa Operasi merupakan satu2nya jalan keluar dari masalah ini?
    2. Kakakku kalau jalan harus menahan sakit, duduk maupun berdiri sangat tdk nyaman. Melihat Mba menggunakan alat bantu (baju besi/ Jewet), saya ingin sekali membelikannya u/ kakak.
    Kira2 dimana saya bisa mendapatkan alat tersebut? dan berapa harganya?

    Sebelumya saya sangat berterima kasih atas semua cerita pengalaman yg mba paparkan… saya semakin tahu sekarang.

    Terima Kasih Mba De….

  167. Aslmkum… dan mohon info

    Saya hanyalah seorang kakak dari adik perempuan yang ternayata saat ini diketahui positif menderita TB tulang…
    Awalnya kami sekeluarga tidak tidak mengetahui gejala yang menimpa adik perempuan saya yang masih berusia 16 tahun ini menderita TB tulang. karena dari riwayat kesehatan keluarga pun tidak ada yang penyakit itu.
    awalnya kami hanya mengetahui bahwa penyakit adik saya ini hanyalah salah tulang karena saat itu adik saya terjatuh dari tangga saat ia sekolah .
    namun seiring berjalan waktu bahkan sampai genap 8 bulan ternayata mata kaki kanan adik saya mengalami bengkak dan berujung tidak bisa jalan dan menderita sakit seluruh persendian bahkan badannya pun sangat panas karena kondisi kesehatannya ini ngedrop…
    Tapi karena keterbatasan informasi kami pun tetap membawa adik saya ke pengobatan alternatif patah tulang.. dan tak kunjung sembuh..
    namun saat ini adik saya tengah mendapat perawatan dari dokter ahli tulang..
    saya mohon informasi lebih lanjut tindakan apa yang harus kami ambil agar kondisi kesehatan adik saya bisa pulih bahkan bisa jalan normal seperti sedia kala..

    Terimakasih
    dari seorang kakak yang sangat membutuhkan informasi ini..

  168. Asalamu ‘alaikum mbak
    Pada saat ini saya sedang mendampingi seorang ibu yang anaknya sedang berobat. Widya umurnya 4 tahun pada tahun lalu jatuh, lama-lama tulang belakang ada yang menonjol. Dibawa berobat ke RSUD kab. Bekasi setelah di x ray dokter hanya bilang harus dirujuk ke RS Hasan Sadikin utk dioperasi. Setelah mengurus SKTM karena si ibu termasuk yg tdk mampu saya pun menemani ke RSHS. Disana dokter bilang harus dicari penyebabnya dulu karena ada tiga kemungkinan penyebab, TBC tulang, kelainan tulang bawaan atau memang patah karena jatuh. Kemudian dokter merujuk balik ke RSUD utk dilakukan tes. Kami sedang menunggu hasil tes mbak. Apa kemungkinan Widya ini menderita TBC tulang mbak? kalau memang benar, apakah harus segera operasi atau diobati virusnya dulu dengan minum obat mbak? Kalau memang diobati virusnya dulu, si ibu bisa mengurus surat minta bantuan pemerintah utk operasi. Terima kasih sblmnya mbak

  169. “de…. qt senasib… q jg op tlg blkng tp lom di lepas pan,,, takut,, kt dr min 2th max ga da btsny… pdhl dah 4th”n neh….”

  170. Mba ayah aq jga sama kaki nya mengecil dua2 nya… Minum obt TBC tulang nya mual banget sampe Gª makan 3hari. Badan nya jga lgsung gatal2. Memang nya kalo minum obt tb mual bgt ya? Umur nya sudah 48 tauh masih bsa ϑï oprasi Gª yaa mba? Mohon info

    Saya udah bertemu dengan beberapa pasien yang usianya di atas 45 tahun. Alhamdulillah operasi mereka lancar dan sekarang sudah sehat dan beraktifitas normal lagi. Konsultasi ke dokter aja yaaa

  171. Ass Wrwb.
    Kakak perempuan sy (usia 48th) divonis dokter menderita TB Tulang. 1,5th lalu operasi untuk mengeluarkan abses di dalam rongga perut. Ada borok dikaki kiri yg selalu mengeluarkan nanah campur darah.
    Pernah mencoba minum obat (TB Tulang) dari dokter namun setelah 12 hari terpaksa dihentikan karena tidak kuat dengan efek samping obat2an tsb (lambung, liver & ginjalnya bermasalah).
    Kalau diijinkan sy ingin mengkopi tulisan yang ada diblog ini untuk dikirim ke kakak sy, karena ditempat kakak sy tinggal tdk ada akses internet. Smoga tulisan2 artikel ini bisa memotivasi kakak sy untuk kembali menjalani pengobatan secara medis.
    Mohon No. HP/telpon rumah mbak De dikirim via email sy, agar kakak perempuan sy langsung bisa berkonsultasi dgn mbak de.
    Trmkasih banyak.. smoga Allah SWT membalas semua kebaikan mbak De. Aminn……

    Wa’alaikumsalam,
    Sudah saya email notelp nya. Mohon di cek inbox nya.

  172. assalamualaikum, wr.wb
    mau tanya mbak, apakah tbc tulang bisa menyebakna hb terus turun? apakah mbak pernah mengalami hb turun, karena kata dokyer ibu saya menderita tb tulang dan hb nya terus turun.

    hendra

    Wa’alaikumsalam,
    Mohon maaf de tidak tahu detail apakah TBC tulang bisa menyebabkan HB terus turun.

    Saya mengalami HB turun setelah operasi, karena dasarnya HB saya tergolong rendah. Saat sehat dan normal, HB saya cuma 11. Sementara batas normal yang wajar adalah 12.

    Setelah operasi HB saya sempat turun sampai 4 dan harus transfusi darah sekitar 10 kantong. Alhamdulillah terus meningkat setelahnya.

  173. Mbak de saya baru operasi tb tulang belakang L4-5 2minggu yang lalu, saya pengen ngobrol2 sama mbak de, boleh saya minta no telp nya mbak. Thx

  174. Assalamualaikum..De bunda mo nanya nih….. bunda dah lama sakit lutut. Setahu bunda sakitnya hanya osteo atritis aja. Sakit bunda udah lama. Jalan pelan2 udah 5thn trus pakai tongkat 1th4bln. Rencana mo operasi skarang ini tapi blum bisa. Kata Prof Andre mesti diteliti dulu apa ada indikasi tbc tulang??? Tapi badan bunda setiap bulan kira2 naik setengah kilo tidak pernah turun semenjak memakai tongkat. Pertanyaannya apa musti orang yg sakit tbc tulang itu selalu turun badan nya ??? thang… jwwbnya De …..salam bunda Is

    Wa’alaikumsalam Bunda Is,
    Turun nya berat badan cuma salah satu indikasi TBC tulang. Tapi gak mesti gitu juga sih. Ada beberapa pasien TBC yang badannya gemuk tuh. Memang satu2nya jalan untuk memastikan terjangkit TBC atau tidak, harus dengan serangkaian test. Dari mulai test darah, urine sampai mantoux. Sebaiknya turuti Prof Andre untuk melakukan test dengan teliti sebelum operasi.

  175. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Anak Lebih Dari Satu

  176. Assalamu’alaikum
    Subhanallah,
    De cewek apa cowok sih… ?
    Aku juga punya sepupu yang divonis terkena TBC tulang, 9 hari yang lalu kantung nanahnya pecah. Sangat disayangkan sih…tapi apa mau dikata, suami dan sodara2nya penganut pandangan yang konservatif terhadap kesehatan, sehingga upaya medik sangat terlambat dilakukan.
    Trus Saya mau nanya kalo kantung nanahnya udah pecah (ukuran diameter lubangnya sebesar bola bekel, posisinya deket tulang ekor) apakah mengindikasikan dia harus dioperasi ?
    Tulisan de di Blog ini sangat bermanfaat. dan mulia lah manusia yang bisa bermanfaat bagi manusia lainnya…
    Wassalaamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh….

    Alhamdulillah saya cewek tuh mas. Fotonya gak menggambarkan cewek yah? hihihihi

    Indikasi dibutuhkan operasi atau tidak, akan terlihat jelas dari hasil xray dan MRI. Jadi sebaiknya periksa secara seksama ke dokter spesialis bedah tulang (Orthopedi).

  177. Sungguh hati ini teriris melihat penderitaan temanku yang diponis TBC TULANG , berat badanya turun dratis dan saat ini ia tergolek lemah tanpa daya…aku penasaran apa sih TBC tulang itu……kok begitu kejam merenggut kesehatan, keceriaanya. Dulu ia adalah ustadz di TPA yang paling dekat dengan anak-anak, suka mendongeng……sekarang ia tergolek tanpa daya. Setelah menjenguk kerumah sakit kuputuskan untuk mencari imformasi tentang TBC tulang, terimakasih banyak sekali imformasi yang kudapatkan tapi imformasi dari mba de ini yang paling menyentuh hati……..berjuang untuk kesembuhan dan sembuh atas perjuangan yang berat dan panjang.ini bisa kutunjukkan untuk temanku sebagai penyemangat agar termotivasi untuk sembuh dan makan obatnya tidak boleh berhenti walau satu kalipun………watur numun sanget mba,,,,,,,mohon doa untuk temanku ya mba.

  178. mama,kalo usia 64thn bisa ga dioperasi. sebab resiko tinggi. Saya ragu

    Sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena beliau yang punya ilmu pengetahuan – pengalaman – peralatan untuk melakukan tindakan apa yang tepat untuk mama kamu. Semoga mama diberikan kesembuhan yang sempurna. Amin

  179. salam kenal mama rafa yg hebat…
    sharing mama rafa…saya juga kemungkinan besar akan OP rekuntruksi tulang punggung, abis jatuh 11 th yll, hasil RO sekarang tulang ada yg rusak tinggal seperempat lagi, dan tubuh sdh mulai sedikit nonjol dan membungkuk..
    sepertinya ga jauh beda ya kita..cuma saya blm ketahuan TB ato ngga, baru mo kontrol ni..kmrn abis OP ada benjolan di pinggang, ternyata isinya nanah, abses sist..dan hasil PA, tidak dimketemukan penyebabnya…bingung deh…melihat dari BB saya rasanya bkn TB tp gatau juga sih..makane mau konsul dulu..cuma rasa takut ini membuat ntar2 dulu…lagian skalian ngumpulin dana buat OP klo mmg hrs OP rekuntruksi tulang..biayanya gede ya..halahhh..dari mana ya..ngeri rasanya……tp hanya pasrah sama Allah..pasti nantinya ada lah walau hrs pinjam sanasini..
    boleh dong sharing by sms mama rafa..bisa hub sy di imel wiwitdinar_17@yahoo.com..
    saya butuh supportnya dan gambaran post OP nya..saya fisioterapis sist..takuuut bgt klo nanti bla bla…ahkirnya saya nya yg perlu fisioterapi utk pemulihan saya deh..qiqiqi..
    tku bgt mama fara…saya tunggu kabarnya by imel ya..

  180. adakah penyakit tb tulang boleh berjangkit melalui hubungan pelamin???

    tidak. Penyakit TB berjangkit melalui udara, dari pasien TB paru. TBC selain paru tidak menular

  181. Assalamualaikum mba de,
    Adikku baru aj di diagnosa kena TBC Tulang, dan disarankan utk oprasi, ktanya sih tulang #11 & 12 yg rusak. bisa tau ga biaya operasinya brp ?
    makasih ya..

    Mbak,
    Untuk biaya operasi udah dijawab di komen sebelumnya. Mohon dicek yah

  182. mau tanya….mgkn ada informasi tng dokter spesialis tulang belakang di surabaya?? ini suami saya di diagnosa tb tulang di L4 dan L5… disarankan operasi…. saya ingin tahu tng kemungkinan2 yg laen…

  183. assalammualaikum.de..untung bgt aku baca tulisan kamu,skrg aku jg lg berjuang ngelawan tbc kelenjar getah bening yg ada dileher dan didkt jantungku,padahal baby ku msh 6 bln dan msh mnm asi,tp dokterku blg boleh ngasih asi slm minum obt tbc(selama 9bln).

  184. maaf mba saya boleh tanya kalau abses itu apaan ?

    bulan mei lalu saya selalu mengalami sakit di perut bagian atas sampai ke belakang dan sakitnya pun sangat hebat, dokter menyarankan saya untuk usg tapi hasilnya tidak tampak kelainan.

    Tes darahpun saya cob,a bersih tidak ada kelainan. Tapi dokter saya menyarankan untuk operasi pengangkatan usus buntu.

    Saat itu keluargapun setuju karena ingin saya sembuh dan tidak merasakan sakitnya lagi. Tapi setelah selesai operasi selang satu bulan sakit itu semakin menjadi, apalagi yang saya rasakan di bagian belakang.

    Saya pun memeriksakan lagi ke dokter yg sempat mengoprasi saya. Dia bilang saya terkena infeksi saluran urine dan infeksi ginjal. Lantas saya di usg kembali dan ternyata terdapat batu di saluran urine sebelah kanan dan kista di bagian kanan juga hanya ada pelebaran ginjal di sebelah kiri.

    Dokter menyarankan saya supaya dirawat saja karena doketr pun bingung keluhan sakit saya di bagian kiri atas sedangkan yang mepunyai penyakit hampir semua bagian kanan. Serangkaian pemeriksaan sudah saya lakukan, diagnosanya pun berbeda beda hasil terakhir.

    Ct-scan yg menunjukan terdapat dua kista di ovarium kanan dan kiri saya namun tetap saja aneh saya hanya sesekali merasakan sakit di bagian bawahnya. Sakit hebat yg saya rasakan tetap di bag perut atas dan punggung, bahkan saat itu untuk duduk saya sudah tidak kuat jalan pun mebungkuk dan terlihat pincang.

    Dokter menyarankan saya untuk melakukan pemeriksaan dengan teknologi nuklir disana saya mendapat kepastian bahwa saya mengidap tbc dibagian regio lumbal bagian kiri. Saya bingung regio lumbal itu apa setelah saya cari, saya tau ternyata itu adalah bagian tulang. Mungkin saya terkena tbc tulang.

    Yang ingin saya tanyakan apakah saya juga berkemungkinan menjalani operasi atau tidak?

    apakah tbc semacam yg saya punya dapat di sembuhkan ?

    apakah dapat menyebabkan kematian ?

  185. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Annual Check-Up 2011

  186. makasih infonya, ya mbak.. kebetulan saya juga mengalami TBC tulang ini.. rencananya saya juga akan operasi dalam waktu dekat ini.. ni lagi ngumpulin duit dulu buat dana operasi.. dulu operasiny di RS mana mbak?

  187. mba de.. aku lg bingung papa aku sudah divonis terkena TBC Tulang belakang..aku ga tau mesti cerita sm siapa, dokter menyarankan supaya papaku segera di operasi, mendengarnya pun jantung yuli serasa berhenti, yuli gak tau mesti gimana? yuli ini dari kluarga pas-pasan..yuli sudah 9 tahun bekerja di sebuah toko spare part, tp sedih rasanya tidak bisa berbuat apa-apa..hanya mampu membiayai sekolah adik2 n dan untuk makan sehari2, terkadang tidak berani bercerita ke teman hanya takut di sangka meminta belas kasih, padahal yuli hanya ingin meringankan beban di hati yuli, untuk mendapatkan SKTM itu susah sekali,yuli tau selain operasi tidak ada jalan kluar lain..yuli hanya takut papa menjadi lumpuh mba de..yuli minta maaf ya mba de,mungkin mba de orang pertama yg mendengar cerita yuli….tolong doakan papa aku supaya dia mempunyai semangat sembuh yang sama seperti mba de..lop yu pah..

  188. Assalmu’alaikum mba De….
    Mba De mo tanya untuk operasi TBC tulang itu butuh biaya sangat besar, caranya gimana yah mba De mungkin ada komunitas untuk TBC Tulang…???
    Mengingat suami hanya buruh pabrik…

    Maaf mbak, belum ada komunitas untuk TBC tulang skrg :(
    Mungkin bisa operasi di RS pemerintah, misalnya utk Jakarta bisa di RS Fatmawati. Bawa surat pengantar dari RT/RW/Keluarahan/Kecamatan yang menyatakan warga tidak mampu, insya Allah bisa dibantu disana.

  189. assalamu’alaikum mbak de..
    Nice artikel mbk… sy jg mau sharing dikit…
    awalnya anak sy umur 10 bln blm bs duduk tegak seperti layaknya seusianya yg sdh belajar jalan. sy curiga karena ada semacam benjolan ditulang belakang anak sy n klo didudukkan agak lama anak sy pasti rewel n ujung2nya pasti nangis. sepertinya anak sy kesakitan. setelah konsultasikan pd dokter spesialis anaknya dianjurkan untuk tes mantoux n foto thorax atau kedokter spesialis orthopedi. kata dokter kemungkinan anak sy terkena TB tulang krn neneknya pernah sakit TBC n tinggal serumah. sy bingung n agak frustasi, apa yg sebaiknya sy lakukan ya mbk? mengingat anak sy msh kecil n masa depannya msh panjang.
    bolehkah jika sy minta nmr hp mbk yg bs dihubungi via email sy, agar sy dpt pencerahan n motivasi langsung dr mbk…
    terima kasih mbk de buat artikelnya….

  190. wahh blognya sangat berguna sekali…dan sangat membantu buat org” yg menderita TBC maupun yg tidak…saya berpikir semua tbc menular..ternyata hanya tbc paru saja…

    saudara saya divonis positif menderita TBC tulang… kasihan liatnya gak bisa bangun hanya bisa terbaring lemah… apalagi klo kambuh.. gak bisa ngomong apah2 cuma teriak2 nahan sakit…
    tapi rabu 2 november 2011 akan dioperasi…
    mohon doanya supaya abang saya bisa sembuh seperti mba de….aminn…

    saya pastii akan unjukin postingan mba de ke abang saya biar memacu dia buat semangatt untuk sembuh.. :)

    thx mba de…..

  191. aduh mantaph bgt ini blognya .. Besok abang saya Oprasi TBC tulang benar2 persis kayak penyakit ini. Dokter bilang bakal di Pen tulangnyaa.. oprasi besok pasti berhasil .. makasi ya mba de..

  192. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Green Canyon – Pangandaran

  193. pada saat ini saya menderita TB paru sampai saya harus dirawat di RS selama 1 minggu untuk mengeluarkan cairan di paru2.

    setelah keluar dari RS saya mendapatkan program OAT dan saya sudah menkonsumsi OAT selama 6 minggu. memang efek samping OAT banyak menimbulkan myal gatal bagi saya, tapi saya tetap pengin sembuh dan paksa minum obat tersebut.

    saat ini saya mengalami sakit pada tulang belakang saya dan hasilnya tb telah menyebar ke tulang punggung saya mengakibatkan tulang punggung saya ada yg hancur berdasarkan hasil rontgen. 2 dokter telah saya temui.

    Yang pertama dokter orthopedi menganganjurkan untuk melakukan operasi, kemudian saya bertemu dengan ayah teman saya beliau dokter spesialis saraf menganjurkan saya untuk memakai korset saja seumur hidup saya dan saya tidak boleh melakukan angkat beban yg berat seumur hidup saya. saat ini saya menggunakan korset lumbal tersebut. saat ini saya masih belum memutuskan untuk operasi krn biaya masih menjadi kendala,

    klo boleh saya minta email dan no telp mbak de untuk konsultasi. terima kasih telah bersedia berbagi

  194. Salam Kenal Mba De…
    aku woro cewek, punya pngalaman yg sama aku pgn sharing bisa ya mba, aku baru operasi tulang punggung persis 1 bulan yg lalu TB tulang di lumbal 9/10.

    skrg aku uda mulai kerja lagi dan diharuskan pake korset selama 3bln … aku uda add FB dan YM di alamat mama@rafayra.com benar ga? klo ga ini email aku woropratitis@yahoo.com

    makasih infonya

    sudah saya add YM & FB nya. Please check

  195. de nanya donk…. di indonesia untuk dokter tbc ada rekomendasi ngga ? dan rumah sakit mana … yang kena tbc tulang kebetulan papa trus umurnya dah 67 th kalo dioperasi gimana tuh ya de… trus penularannya kan lewat udara yah… nah kita yang ngerawat bisa kena juga donk yah… trus obat herbal ada ngga yah de…
    thx yah de…moga2 dijawab nih … :)

  196. hi mba de salam kenal.. saya victor. mba ibu saya baru di vonis dokter terkena TBC tulang belakang deket pingang,di samping itu dia juga punya penyakit diabetes. kronologis penyakit hampir sama dengan mba.. ada keretakkan di tulang belakang dokter suruh agar di oprasi yg di perkirakan menelan biaya sekita 60 jt dibantu askes..tadi saya liat biaya oprasi mba hanya 14jt itu di mana ya mba? bisa bantu? kendala yg memperihatinkan adalah sulitnya makan setelah memakan obat TBC itu membuat mama saya tak berdaya hanya tidur di kamar saja. dia merasa di seluruh tubuhnya ada yg menggigiti..tolong bantu mba untuk sharenya soal penyakit TBC ini…
    kita bisa share lewat e mail di vic_gwbgt@yahoo.com
    klo bisa aku minta no hp agar bisa tanya2 langsung ke mba… makasih..

  197. Sore ……. Ibu saya terkena TBC Tulang dan ada obat yang dianjurkan dari dokter namanya kanamisin 250 mgr yg berbentuk kapsul akan tetapi obat tersebut sudah saya cari tetapi tidak ketemu katanya sdh tidak produksi. Adakah obat herbal yg bisa membantu mengatasi TBC Tulang ?
    Mohon bantuannya.

    Halo Krishna,
    Mohon maaf de gak tau pengobatan herbal. Sebelumnya de udah coba berbagai jamu, tapi tidak berhasil. De sarankan untuk ke dokter aja deh. Benar itu Kanamisin adalah obat sekunder TBC. Memang agak susah carinya. Bisa diganti dengan INH, Rimfapicin, Ethanbutol atau Strepsomicin. Sebaiknya ke dokter untuk minta saran pengganti Kanamisin yang cocok untuk Ibunya. Semoga ibu cepat sembuh yah

  198. salam mba,
    saya jg terkena tb tulang sejak saya kelas 1 smp sampai saya tamat smk, dan tulang belakang saya itu ada benjolan nya.

    Tapinya benjolan itu tidak membesar, hanya gitu gitu aja. Memang saya udah sempat mau operasi tapi dokter nya bilang gak mau ambil resiko karena tulang saya itu udah sampai terganggu ke bawah pusat. Kata dokter efek sampingnya bisa lumpuh.

    Jadi yg saya bingungkan apa memang aku harus operasi dan menanggung resikonya? tolong dong mba kasih solusinya?

    makasih mba sebelumnya

    Udah coba ke dokter lain? Coba cari pendapat dokter kedua deh. Lakukan juga pemeriksaan detil, seperti darah – urine – xray. Supaya jelas tindakan yang harus dilakukan dengan kondisi yang ditemukan.

  199. assalamu’alaikum. saya mau tanya ?
    saya punya saudara terkena TBC setelah pengobatan selesai dia dinyatakan sembuh oleh dokter .
    setelah 3 bulan dadanya terkadang yeri apakah efek obat atau dia kena TBC lagi. mohon infoya krim ke EMAIL Q terimakasih

    sudah de kirim email ya. Silahkan cek inbox nya.

  200. wuuiiihhh hebat buat embanya..:) salluuttt deh ane..
    oiaa mba .. apakah semua penderita tbc tulang harus di operasi?
    karena kemaren pacar saya.. juga mengalami hal yg sama seperti mba alami yaitu”Tbc Tulang”.
    itupun diketahuinya setelah beberapa lama berobat kesana kemari..
    udah berapakali saya bawa ke RS.. dan di periksa disana seperti tes darah, dahak berkali2 .. tapi hasilnya gak jelas.. sampai akhirnya kemarin di suruh Dokter Periksa darahnya di Lab Luar (bukan di RS karena RS gak menemukan hasil) dan pada tanggal 3-10-2011 hasil keluar ..dan hasilnya Positiv.. tapi kami gak disuruh ronsen ama dokternya..? apa harus kami sendiri mba yg ronsen? untuk mengetahui seberapa parahnya penyakit pacar saya?

    apakah semua penderita tbc tulang harus di operasi?
    –> Enggak juga sih. Tergantung kondisi pasien juga. Kalau cukup dengan Fisio Terapi atau obat, ya gak perlu operasi.

    apa harus kami sendiri mba yg ronsen?
    –> Untuk dapat jawaban yang lebih memuaskan, sebaiknya minta dokter untuk periksa dengan seksama atau lebih teliti. Akan lebih tepat tindakan yang dilakukan jika sudah mengetahui dengan baik kondisi tubuh pasien. Enggak ada salahnya mencari dokter lain untuk mendapatkan pendapat kedua.

  201. Blog nya bagus yaaa kaka.. Menarik untuk dibaca. Salut buat kaka yg kuat jalanin wktu panjang demi kesmbuhan nya. Blog nya ngasih ilmu banyak buat sy.

  202. Salam kenal, tulisannya bagus. Salut ya, bisa jadi tempat sharing teman-teman semua. Semoga kisah hidup mbak bisa memotivasi mereka yang mengalami nasib yang sama dan menjadi pelajaran berharga buat teman-teman yang sehat.

  203. assalamu’alaikum mba de..makasih atas informasinya..mba saudara saya ada yg terkena tbc tulang,saat ini dia kondisinya cukup mengkhawatirkan..ingin pergi dan dirujuk k’rumah sakit namun belum bisa dikarenakan keterbtasan biaya..kira” di rs.fatmawati bisa menggunakan jamkesmas tidak ya mba? terima kasih

    bisa kok. RS Fatmawati itu RS pemerintah. jadi bisa pake jamkesmas

  204. Mba de…
    Sya mau tanya dÕooº°˚˚°ºnk sya prnah kena tb paru ± 8bl yg lalu..dn skg sya ngerasain sakit dpinggang..sampe bwt sholat aja gk bisa dn sya juga suka ngerasain ngilu dprsendian mgk gk ya itu tb tulang??skg sya mulai ngrasin demam walaupun gk panas tinggi…makasiih ya mba infony..

  205. Mba De kita sama nich, pernah punya penyakit tbc tulang dan yang mengoperasi jg dr. Luthfi gathan. cuma sy dioperasi bulan Juni 2010. Tp menurut dr. pen yang ada di tulang belakang sy tidak akan di lepas seumur hidup, kok beda ya…

    Satu lagi mba De saya jg tidak disarankan untuk cek up rutin seperti mba De yang setahun sekali. Tapi Insya Allah walaupun tidak disarankan saya mau merutinkan sendiri aja ya. Terimakasih untuk sharingnya. Semoga Allah memberikan selalu kesehatan untuk kita. Aamiin.

    Pen tidak perlu dilepas, selama tidak mengganggu. Kondisi setiap pasien berbeda. Kasus saya, pen harus dicopot karena tidak ada persenyawaan. Koplak atau koyak. Dan ada kantung nanah baru di sekitar tulang. Jadi harus dibongkar lagi. Sebagai pengganti pen, ditanam lah tulang dari bagian tubuh yg lain.

    Bersyukurlah kalau memang tidak perlu dilepas pen nya.

    Selalu memeriksakan diri dengan melakukan cek-up rutin adalah tanggung jawab kita terhadap diri kita. Juga sebagai bagian bentuk syukur kita terhadap Sang Pencipta. Atas karuniaNYA, kita diberikan tubuh yang sempurna.

  206. numpang nanya dunkkkk—- saya mengalami sakit di punggung rasanya seperti dihantam benda tumpul, dan sudah periksa ke dokter, selanjutnya diberikan obat penghilang rasa sakit namun rasa sakit hanya berkurang saja namun rasa linu masih ada. Dokter kenalan saya mencurigai tbc tulang dan disarankan untuk rontgen Thorax ap, nahhhh yang mau saya tanyakan selain deteksi melalui x-ray ada ciri yg spesifik tidak dengan tbc tulang? soanlya sy tidak mengalami penurunan berat badan, tidak batuk btuk, dan tidak berkeringat pada malam hari. rekam medik sebelumnya pd 12 tahun lalu sy pernah mengalami infiltirasi pada paru sebelah kiri atas,—-membuka dan melihat hasil rontgen amat sangat menakutkan!!!!!! tq de….

  207. Ass. Wr. Wb.,

    Terima kasih banyak atas informasi dan motivasinya.. saya sempat sedih mendengar klo saya dapat penyakit TB Kelenjar (di leher).

    Ternyata bisa juga hamil dan melahirkan, klo membaca cerita mbak D.

    Saya belum punya anak sudah berumur diatas 40 tahun.. Kita tidak tahu rahasia Allah untuk hal ini.

    Sekali lagi, terima kasih dan semoga mbak D mendapat berkah yang berlimpah untuk mbak D dan keluarga… Amien 3x YRA

  208. mkasi sblumnya mba,,,,,
    sjak klas 1 SMA tulang tulang pggung blakng saya skit smpai skarang uda usia 22 tahun, uda priksa tpi ktax dokter cma infeksi paru jdi berobat enam bulan tpi smpai skrang skit punggung msi skit trus ktak ngilu,,,,ap tu TB Paru yach mba???
    mhon blasannnya mba n z minta no hpx mbak
    di krim di email z ja
    nurhayati_aries@ymail.com

  209. Assalamualaikum mba De, mksh atas infonya di blog ini .anak saya usia 14 thn jg pernah menderita tb tulang dan dioperasi bln juli 2010 sama dgn dr luthfi saat ini kondisi sdh membaik yg mau sy tanyakan apakah pen yg ada di tbh anak sy bisa dicabut spt mba de ? bila tak dicabut akankah mengganggu aktifitasnya? n mengapa mba de tdk menggunakan pen n diganti dgn yg lain ? mksh infonya mba de

  210. mbak de bisa minta no hp nya by email.saya barusan di vonis tbc tulang belakang dan di sarankan dokter untuk operasi.thanks ya mbak

  211. sabar ya teman2 smua yg saat ini sdg berjuang melawan penyakit ini..Insya Allah kita bisa sembuh dan sehat lagi seperti mbak De..:))
    kalau ada yg domisili Yogyakarta dan sekitarnya, bolehkah sy minta kontaknya (emai/no.hp/pin bb/fesbuk/twitter)..trimakasi sebelumnya…email: jenk_don@yahoo.com, trimakasih sebelumnya..semangaaaat!!^^

  212. hi mba de dan teman2….
    senangnya saya baca komen2 di bloq ini, semua berani bilang dan mengakui sebagai penderita tb…:)

    waktu divonis tb, saya malu banget, pikiran saya, kok penyakitnya kampungan ya? hihihi…

    sempat pengobatan, cuma keburu bakterinya naik ke otak…waktu itu ga ngeh karena tbc, yang dirasakan, setiap malam kepala sakit seperti ditusuk2,makan muntah dan mata dah buram.

    cek mata ke rs, dibilang ada tumor di otak! untung (sok)tegar, jd ga nangis….mangkanya dokter bilang, kl dia salut sama saya karena ga seperti kebanyakan orang, langsung nangis…:)

    akhirnya saya ct scan, dan memang ada benjolan di kepala sebelah kiri. dapat rujukan ke dokter syaraf, akhirnya cek ke sana dan mri….ini yang ga asyik suasananya!

    berhubung dah ga kuat, akhirnya di operasi, dokter waktu itu belum tau, tumor ini akibat tbc. pada saat hari-h mau di operasi, mereka baru tahu penyebabnya karena bakteri tbc…:) alhamdulillah, operasi selesai, seperempat tempurung kepala dibuka, dan waktu itu belum bisa dikembalikan ke asalnya, karena otaknya bengkak, jadi selama 6bulan, kepala sebelah kiri tidak ditutup tempurung, seperti ubun2 bayi,…sedangkan tempurungnya disimpan di kepala atas.

    pasca operasi sempat drop banget, selalu bertanya, Tuhan kenapa saya??

    tapi akhirnya mulai menerima kenyataan, dan makin kuat menjalani hidup. enam bulan kemudian, di operasi untuk mengembalikan tempurung kepalanya ke tempat semula, alhamdulillah lancar, dan kembali normal, walopun terasa bedanya, tapi yang penting mata dah ga buram, kepala dah ga sakit dan chasing kepala dah normal dan berlabel sni…:)

    mulai fokus pada pengobatan tb nya, sempat terputus karena lebih konsetrasi pada kepala, sehingga sempat merasakan dada sesak,sakit dan nafas ga 7 oktaf….hihihi, cek ke dokter ternyata si bakteri buat lubang di selaput paru2 sehingga ada cairan hampir setengahnya di selaput paru2 sebelah kanan….pantes!!

    akhirnya, diambil cairan dari punggung yaitu dengan alat suntik besar, diambillah cairan itu, ga sampai habis, karena saya dah ga kuat keburu ga bisa nafas dan panik…akhirnya dokter menghentikan dan cairan tinggal seperempatnya, tapi cairan itu sendiri nantinya akan diserap oleh organ tubuh.

    alhamdulillah, sekarang terapi tb 6bulan dah selesai. operasi kepala pertama nov2009, operasi ke2 apr2010, disedot cairan jul2010, dan selesai terapi feb2011. untuk teman2 yang sedang diuji oleh tb, ataupun mantan diuji, tetap semangat ya, yakinlah….tb pasti sembuh, yang penting sabar & semangat!

    salam
    2t

  213. Maaf mbak, saya mau nanya cara mengetahui kepastian tidak ada lagi kuman yang ada di tulang setelah opersi tbc tulang gimana yah? trims atas jawaban dan sharingnya dari artikel ini.

  214. Assalamualaikum mb de,ikut.share ya…

    Sakitku semula spt rematik aku periksa ke Dr saraf dan dikasih obat mmng agak mendingan setelah minum obat,dua kali ke Dr saraf akhirnya disarankan utk rontgent setelah mengetahui hasil rontgent disarankan utk ke Dr spesialis Tulang kemudian disuruh MRI dari hasil MRI ketahuan kalo tulangku ada yg hilang shg saraf2 di sekitarnya terjepit kemudian aku di rujuk lagi ke sp penyakit dalam hasillnya aku di Montoux dan dinyatakan aku terkena TBC tulang dan hrs secepatnya dioperasi,semenjak aku divonis kebayang dech brp duit yg harus dikeluarkan buat operasi,obat tb sdh aku minum sejak vonis itu ada sich efek samping minum obat seluruh badan gatal semua,sehari dua hari msh bisa menahan sakit akhirnya tgl 20 jan 2012 aku berniat utk dioperasi,

    keesokan harinya sabtu tgl 21jan 2012 sekitar jam 9pagi aku dioperasi sekitar 5jam suami,anak2 dan keluarga sdh menungguku,alkhamdulillah operasi berjalan lancar dgn hasil ada 3pen di punggungku,selama di rmh sakit suamiku yg merawatku,,,

    aku ingin cepat pulih dan kembali ke rmh krn anak2ku membutuhkanku,akhirnya tgl 25 jan aku sdh bisa jalan dan keesokan hrnya aku diperbolehkan plng.utk tbc aku msh dalam pengobatan tetapi obatnya membuat badanku gatal2 terpaksa aku minum dan msh hrs kontrol ke Dr peny dalamnya,utk perbannya insyaallah besok senin mau dibuka utk biaya operasi aku kmrn hbs sekitar 40jutaan…

    Buat suamiku trmksh sdh merawatku dan buat temen2 yg kena Tb selalu optimis pasti kita bisa melaluinya karena aku juga msh dalam pengobatan Tb nya sampe 18 bulan dan dianjurkan memakai korset selama 3bln

  215. Assalamualaikum Wr Wb

    Salam Semangat Buat Semua Sesama Penderita TB
    Hahaaa…

    Saya juga seorang penderita tb, umur saya baru 23 tahun. Awalnya jujur saya tidak pernah mendengar penyakit ini. Yang saya tahu hanya lah penyakit tbc doank. Itu lhohh penyakit Tubercullosisi…..

    Penyakit ini berawal pada saat saya fitness pada awal bulan july 2011 ini…. seusai saya ngampusss d salah satu kampus / universitas negeri d daerah medan… pada saat saya melakukan gerakan SIT UP (tanpa warming up)… saya mengarasa punggung saya bunyi “teekkkk”… tpi rasanya tidak sakit…. jdi saya tidak perdulikan… saya lanjut fitnesss… dan pulang…

    Rupanya effect nya baru terasa pda bulan agustus,, tepatnya pada saat lebaran 2011 lalu.. saya merasa sakit d kedua titik kiri kanan punggung saya… nyeriii bgt… pd awal nya saya kira masuk angin,,,, (saya tidak ada tahu menahu ttg tb tulang),,,, yaaaa saya suruh aja temen saya mijitin daerah punggung saya itu…. rupanya nyeri nya tak kunjung sembuh,,, mlahaan mkin sakit,,, sehingga membuat saya apa bila bangun dari tidur tidak biasa lurus,,, klw mw bgun dari tidur harus menyamping dlu……

    Lanjut yaaaa….
    Rupanya sakit nya berlanjut pada awal september, di saat kuliah di mulai kembali. Sakit itu brtambah parah. Kluarga menyarankan saya k dokter. Alhasil dokternya suruh saya minum obat yang intinya untuk merenggang otot2 saya yg sakit karena fitness itu (berdasarkan carita fitness saya). Rupanya obat itu ngaruh nya hanya untuk menghilnangkan nyerinya saja. Saya lupa nama obatnya.

    Di mulai november 2011 lahhh saya mulai drop,, pada minggu awal bulan itu setiap hari biasanya saya lari pagi sebelum bar aktifitas… tpi pnggung sakit terasa mkin sakit,,, sampai akhirnya saya merasa kaki saya kog lainn.. mkin lama mkin lunglai…. tak bertenanga… apa kah polio?? Gbs?? Atau apaaaalah … itu yg ada d otak saya….

    Saya di bawa k rumah sakit… lalu saya pertama sekali d vonis Hemiparase (ada saraf terjepit),,, setelah di obati… kaki saya mulai kuat tpi blom bisa berjalan dengan normal,,,, selama pengobatan itu,, saya slalu d suntik hingga pada saat semua suntikan itu d hentikan… kondisi saya kembali drop,,, (dokter mengatakan”tak mungkin lah saya suntik kamu trus,,, nnti ketrgantungan)… itu suntikannya klw tak salah metil cobalt, metil penesolon, ranitidin, dkk.

    Tidak lama saya demam,,, Cuma herannya demam nya Cuma malam saja sampai subuh,,, demam bercampur nyeri punggung…. salah satu dokter menyarankan saya mantauox test,, hasil nya positif, merah nya itu diameter nya besar…..

    Mulai saat itu lah saya tahu ttg Tb tulang…. untung tulang saya blom d gerogoti sehingga saya tidak menjalani operasi… Cuma mnjalaldi pngobatan selama kuarang lebih 6 bulan saja. Cuma sedih nya sakit tidak bisa jalan…. droppp bgt… tiap hari minum sampe 7 macem obat (rimstar, bioatp, lyrica,dll) buat mual…. plus injeksi kanamisin,,,,,, samapai sekarang bulan february 2012 ini saya masi terbaring d salah satu rumah sakit di medan……

    Maaf yaaa klw ceritanya kepanjangan…. saya Cuma ingin mencurahkan kesedihanh saya… dan berharap ada motivasi yg lbih …. selain motivasi dairi diri sendirii….. saya prcaya bahwa”Tuhan Memberi Penyakit Ini, Dan Memilih saya Sebagai Orang / Hamba Yang Menjalani Penyakit Ini, Karena Tuhan tahu Karaena Saya Sanggup Menghadapinya” Jadiii ttp smngat… tidak ada pnyakit yang tak sembuh…. hhheheheh…. karena penyakit barasal dari DYA yang maha kuasa (penyakit di berikan sebagai teguran/ tanda Dya sayang kepada kita… ya ngga??)….. doa in saya cepet sembuh yaaa…… 

    Ngomong2 selama fisioterapi dlu (sebelom saya mengenal tb tulang) pada saat vonisnya masih Hemipharase… saya heran kog saya sendiri yang ‘muda” di sini… yang lain tua semua…. hehehehehhee maluuuuu…..??? 

    Akhir kata saya mngucap terima kasih kepada kakak deeee tercinta… numpang curhat yaaaa… heheheheh….T q

    NB : Kakak deeee… saya kan skrg

    hai Arie,
    makasih udah berbagi cerita yah. Senang deh mendengar kamu masih punya semangat menuju kesembuhan. Jangan bosa minum obat ya!

    De sarankan kamu melakukan MRI, untuk melihat kondisi ‘onderdil’ kamu. Supaya jelas kondisi tulang dan syaraf/otot nya. Apakah lemah/lumpuh itu karena ada syaraf yg terjepit, atau ada kantong nanah yg mendesak syaraf.

    Kalau sudah ketahuan kondisinya, dokter akan lebih mudah menentukan terapi apa yg harus dilakukan untuk memperbaikinya.

    Menurut de, yg kamu alami itu bukan kelumpuhan. Kalau lumpuh, maka kamu tidak akan merasakan apapun. Bisa jadi masalahnya bukan di kaki, tapi syaraf menuju kaki yg bermasalah. Entah itu terjepit tulang, atau terdesak kantong nanah yg disebabkan oleh TBC.

    Coba cek dulu dengan menyeluruh yah. Biar jelas aja.

  216. Wahhh…. Cpet yaaa d tanggapi nya… Heheheee…
    Mksiii y kak….

    Yaaaa deehhh… G kan bosan minum obat nya….
    HHmmm… MRI, udah kog… awal nya sebelum MRI dokter syaraf memvonis saya syarafny terjepit d tulang belakang…. Tpi setelah MRI nya kluar, kmungkinan nya jg syaraf trjepit kata dokter nya… soalnya ada pembengkakan d daerah pngungg saya… dokter nya jg tidak mnganjurkan operasi… dya cuma blng “gampang ini,,nnti jgn takut yaa klw buang air kecil warnanya merah”.. heheheh…

    skrg pngung sy bengkak nya hmmm,,, bisa d blng 75% bengkak nya sdah kempis… dah tidak nyeri lg.. nyeri nya cm kambuh klau2 saya buang air besar… gmn lahhh kaki saya g bs jlan.. terpksa jadi “suster ngesot” hehheheee… pegel.. trus malem nya nyeri dehh.. semalaman g bs tidur tuh.. …

    makanya saya bgung…
    bisa d blng 2 minggu lebih obat TB itu udah jlan ++ kanamisin (x12 jam) … pnguung dah mulai kempis dan nyeri sdah mulai ilang.. tpi blom ada tanda2 daya untuk jlan itu ada… yang ada cuma kejang2 klw d sentuh org (sentuh seperti d gelitik d spnjang kaki saya),,, saya cuma ngerasa kesemutan d sepanjang kaki dan badan saya (saya kesemutan dari batas dada sampai telapak kaki)… mknya saya duduk itu sulit….

    ksimpulan dokter syaraf tr akhir katanya sensorik saya OK skrg kurang nya d motorik nya saja….

    HAdehhh… liat muka dokter nya aja saya kasian…
    Saya jg sedih melihat dya… Secara sdah 2 bulan lbih d tngani syaraf saya… saya mw kasi kbar gmbira “saya sdah bs jlan” cm gmn knytaan brkehendak lain… hehehhee….

    Kyak nya saya suntik metil penesolon lgi ini ” kata dokter syaraf saya….. Cuma saya bngung,, metil penesolon itu emng bs buat saya jlan kmrin (pd saat vonisnya masi hemipharase)… cuma efek nya “jangka panjang bkin tulang keropos”… mkanya saya mkin bngung….. mudah2an ada jlan kluar yg lbih baik…. amin….

    udah coba ke dokter spesialis bedah tulang belakang? Untuk cari pendapat kedua aja. Supaya kasus kamu bisa dilihat dari sudut pandang tulangnya, gak cuma syaraf nya aja. Saran de, konsultasi ke beberapa dokter untuk mendapatkan jawaban yg memuaskan. Pasien berhak untuk kritis dan bertanya ke dokter.

  217. kebetulan saya juga penderita sama persis seperti cerita ”De”di atas,dan sampai sekarang penyakit ini masih belum sembuh….
    nah pertanyaa saya adalah bagaimana orang seprti saya bisa sembuh??sedangkan menurut cerita di atas biaya rumah sakit nya saja mencapai puluhan juata,belum termasuk alat dan obat.sedangkan saya???mungkin termasuk dalam orang yang kurang mampu

  218. mb de,
    bln juni sy jatuh di kantor tp s hanya urut biasa.

    nah bulan juli perlahan tp pasti sy mulai merasakan penurunan komdisi tubuh krn setiap jalan antar anak skola makin lama pinggul kanan sakit n sy harus cepat2 mencari tempat duduk untuk meredakan nyeri kebetiilan ga jauh dr rumah ada bidan n sy test asam urat koleterol n gula tnyata as urat sy 14

    otomatis sy fikir sakit krn as urat tinggi jd sy fokus nurunin as urat tp smakin hari kondisi sy smakin drop n sy tetap bfikir as urat sy mah tinggi hinggi

    desember sy total ga bs jalan kyk org lumpuh n sy hanya menjalani terapi akupuntur dan fisioterapi di rumah tp tetep lom kepikiran u rontgen akhirnya sabtu kmaren sy memaksakan diri k rs u rontgen n mri

    tnyata ada kantung nanah dan 2 ruas tulang blakang sy memgalami destruksi n sy kmaren d vonis dokter tbc tulang n harus operasi kantung nanah y hrs dkeluarkan n pasang 4 pen…

    sy bingung mb, sy coba konsultasi ktnya bs alternatif dgn herbal tp sy jg ragu sebenarny…bs minta no telp r email mba krn banyak y mau sy tanyakan…

  219. Mba de, sabtu 11 feb kemarin sy baru selesai operasi, pemasangan pen sama mengeluarkan cairan. Sampe hari ini sy masih berbaring. Soalnya dari pinggang sampai kaki masih kesemutan, karna syarafnya terlanjur kena. Sampai sy sulit untuk pipis (masih pakai kateter sekarang) dan pup.

    Sy jadi kepikiran syaraf yg terganggu ini. Apa semua itu bisa kembali normal?

    Saya di sarankan untuk pindah ke rs.fatmawati untuk pengobatan syarafnya. Klo sekarang sy masih di rspi di tangani dr.lutfi.

    Sudah bisa bergerak miring kanan kiri? coba tekuk kakinya arah ke perut. Rasa sulit gerak itu wajar kok, dengan banyak latihan akan semakin terbiasa dan rasa sakit juga berkurang.

    Gak ada salahnya periksa juga ke dokter syaraf. di RSPI ada dokter syaraf juga kan? Coba disitu aja dulu. Sampaikan keluhan ke dr. Lutfi, supaya beliau bisa mendiagnosa lebih lanjut.

  220. Mbak de, saya punya kakak perempuan yang kira2 setngah tahun ini menderita tbc tulang. Dia tinggal di Solo, saya sendiri tinggal di Malang. Apakah saya bisa minta minta tolong mb De utk menyemangati hdpnya? Apa bisa saya diberi no hp mb De? Tks

  221. De…aku baru baca nih ceritanya…aku punya seorang temen yg putranya juga terserang penyakit yg De alami, putranya masih berumur sekitar 5 tahun & tulangnya juga sudah patah 3 mau di operasi katanya masih antri & mungkin tak punya biaya . Kalau aku baca cerita De biaya operasi segitu besar di thn 2008 sekarang di tahun 2012 berapa biayanya ya..???Aku ingin tanya dimana De menjalani operasinya?? Apa di surabaya ada ?? Karna teman saya nggak mampu untuk membiayai biaya operasi anaknya, Duh..kasian deh anaknya masih kecil….Mohon sarannya ya …..Terima kasih…

  222. De…salut.
    Suamiku dulu juga terkena TBC tulang. Hampir kurang lebih 1 tahun baru ketahuan kl itu TBC tulang.
    Awalnya hanya nyeri pinggang saja dan selalu diabaikan. Lama kelamaan untuk berjalan mulai terasa sakit. Dari dokter ke dokter dan dari pijat sana pijat sini akhirnya menemukan dr Desi di RS Global Award Bekasi yang menemukan penyakit ini.
    Awalnya juga diognosanya syaraf kejepit, tapi setelah melakukan fisioterapi kok nga sembuh – sembuh.
    Akhirnya 2 minggu setelah bolak balik terapi dokter menyarankan untuk MRI. Dan benar ternyata lumbal ke5 udah hancur, digerogoti oleh virus dan ternyata juga menimbulkan benjolan di punggung yang tadinya dikira tumor ternyata berisi nanah yang sudah tidak bisa tertampung akhirnya keluar kejaringan yang lain.
    Untung cepat dilakukan MRI kalau tidak mungkin akan berakibat fatal dan tidak bisa jalan.
    Sehari setelah MRI akhirnya dokter menganjurkan untuk operasi dan saat itu operasi dilakukan oleh Dr Rudi spesial bedah syaraf, yang tadinya mau dipasang pen akhirnya cuma dibersihkan saja karena sudah tidak bisa dipasang pen karena kondisinya yang sudah hancur.
    Setelah menjalani operasi dikiranya sudah bisa langsung sembuh ternyata tidak…ternyata baru dimulai tahap pemulihan yang cukup lama dan harus penuh kesabaran untuk mengontrol minum obat yang terbilang lumayan lama. Seperti anak yang baru lahir tahapan kesembuhannya. dari merangkak, rembetan kl jalan dan akhirnya pakai creck kl jalan dan akhirnya sembuh. Hampir sembilan bulan minum obat tanpa putus dan dilakukan MRI ulang lagi akhirnya dokter memutuskan untuk menghentikan minum obat dan dinyatakan sembuh.
    Sudah 2 tahun kini cuma sekarang ada kekhawatiran lagi apakah mungkin virus itu akan menyerang lagi.
    Karena kondisinya sekarang juga setiap saat ngedrop dan berat badan turun cuma tidak ada demam. Takutnya tulang yang dulu tidak dipasang pen akan patah lg.
    Kemaren sempat croscheck ke rumah sakit tp katanya masih normal. Belum dilakukan MRI lagi karena sekarang domisi udah pindah dan di RS terdekat tidak ada yang melayani MRI.

  223. Mbak de klo syaraf kejepit di tulang punggung itu gimana yah penyembuhannya?.. Fisioterapi apakah bisa sembuh,atau fisioterapi itu cuma utk mengurangi nyerinya saja?

    Udah pake korset baja selama 8bulan tapi ga ada perubahan…

    Dulu udh periksa ke poli bedah tulang rs sardjito tp ga jelas diagnosanya mbak, cuma bilangnya tulangnya lordosis bengkok n menjepit syaraf…

    Yg aku takutin skrg ini nyerinya tambah sakit. Takutnya klo tulangnya makin miring posisinya,skrg ini mau kedokter lagi tapi gak tau dokter spesialis bedah tulang mana yah yg terpercaya di jogja?..trims mbak de..

  224. salam semuanya….slam hangat buat mbk de :)
    sy misda, ibu dari seorang putri berusia 6bulan. baru2 ini saya di vonis kena tb usus/perut, dengan tanda perut yang membesar, ada kelebihan cairan di perut (ascites), trud ad kelenjar2 yang nempel d organ2 pencernaan…stelah cek n ricek darah sm usg rontgen dkk…diagnosa kena tb perut :(
    yang plg saya khawatir kan adalah bayi saya. sy plg takut klo bayi Qiqa (anak sy) ikut tertular tb,pasalnya ketika baru lahir, Qiqa langsung diberikan suntik bcg pas d rumah sakit, nah bekas suntik bcg ny itu timbul merah. berdasarkan tulisan yg sy baca di atas, mbk de bilang klo salah satu tanda kena tb,disuntik bcg timbul merah (sumpah!sy baru tau klo tanda ny gitu)…sekarang sy lg minum obat teratur, trus apakah perlu klo bayi sy jg di cek tuberkulin jg??ga kebayang klo bayi umur 6 bulan musti minum obat atau di injeksi…sediiiih rasanya….

  225. mau tanya saya pernah kena penyakit TBC tulang di punggung pada tahun 2008an, saya merasa alat kelamin saya mudah loyo, apakah saya terkena penyakit disfungsi ereksi ato lemah syahwat ya?
    makasih

  226. to mbak de
    assalamualaikum…..
    subhanallah….begitu besarnya kuasa Allah, terasa saat membaca blog dan komentar temen2 disini….

    ku temukan blog ini saat cari info tentang penyakit tulang belakang ayahku….yg kalo kambuh sakit sekali…dan sekarang badan membungkung ke depan.

    Ayahku usia 74 tahun. semula sehat2 saja. tapi penyakit punggngnya itu datang secara tiba2….

    Apakah emang tbc tulang itu bisa datang/terasa tiba2 ya mbak?

    KOk tidak ada dokter yang bikin Blog segamblang mbak de ini tetang suatu penyakit…biar untuk pencerahan kita2 ini ya? (jika ada tolong sy dikasih tahu….)

    Untuk mbak De trims bagi2 pengalaman berharganya…..smoga itu oprasi teakhir…untuk kesembuhan sempurnanya. Amiin.
    Salam kenal. ya mbak…..wassalam.

  227. mba de, ijin copy ya…sepupu saya 1 minggu yg lalu baru menjalani operasi TB tulang, yg terkena daerah thorakal, saya ingin agar dia membaca ini utk membangkitkan semangatnya…. tks mba de

  228. Mba de,aq boleh minta no hp mba?
    Sepupuqu umur 5thn dy ϑi vonis TBC Tulang dgn dkter,aq mw tanya” ke mba seputaran tbc tulang..
    Terima kasih mba..

  229. mbak q pernh mengidap tbc paru 1taun yg lalu, tp akhir” ini bdanq tersa pegal”,pinggangq jg nyeri skali gtw knp ap cz kurg minum ato kecapek’an. yg saya tanyakan, ap sja yg perlu qt lakukan agr virus tbc tdak aktif lgi?n makanan ap sja yg prlu d hindari? mhon blsanx.

    minta no tlpx jg yah mbak

    trimakasih bxk

  230. bismillah…

    nama saya aji, 30 th di jogja..saya mau cerita sedikit pengalaman saya.

    tahun 2004 saya di nyatakan positif TB ( banyak faktor yg menyebabkan TB ).. drop waktu itu, nggak karuan rasanya .. akhirnya saya minum obat dari puskesmas ( yg gratis ) krn katanya obatnya sama jika kita ke RS besar.

    tapi rupanya belum sampai disitu saja, aku merasakan di bag tulang belakangku ada benjolan .. dan sakit jika di sentuh. akhirnya saya periksa ke RS Sardjito, disana ke penyakit dalam, dan ternyata ketahuan TB Tulang belakang .. jadi,2 rusuk tulang belakang saya keropos dan menyatu .. LEMES waktu itu yang kurasakan .. aku di sarankan ke ahli bedah tulang belakang dr Tedjo Rukmoyo .. dan harus operasi tulang belakang ( darimana keluargaku dpt duit coba ) ..

    aku tanyakan pula seberapa besar kesembuhan jika aku operasi, dokter pun tdk berani jamin, fifty fifty … untung waktu itu aku di dlm sendirian, bapak dan ibu tdk ikut

    singkat cerita setelah bbrp hari berpikir, aku kembali ke RS Sarjito dan ktm dengan dr Tedjo .. saya menyatakan bahwa saya tdk bersedia operasi ( dengan asumsi saya tdk ada uang, dan fifty fifty ) disitu saya harus menandatangani surat pernyataan bahwa saya tdk bersedia operasi…

    saya di sarankan menggunakan baju entah apa namanya, berat bgt untuk menyangga tulang belakang .. sudah, saya pulang .. saya tdk berani cerita ke orang tua yg sebenarnya, saya hanya cerita untuk ukur “baju” untuk teraphy .. kupendam saja … stress dan stress .. sudah sakit tambah stress pula..

    waktu itu saya kurus sekali,,berat badan 36 kg … akhirnya saya berpikir, jika saya stress, bukannya malah sembuh tapi malah akan semakin parah … tiap malam saya ajak keluarga untuk sholat tahajud demi kesembuhan saya .. dalam doaku tiap tahajud, aku hanya minta ” ya Allah, jika aku akan kau panggil tolong panggil aku segera, jangan biarkan aku lumpuh dan merepotkan keluarga..atau jika Engkau pengen hidup, tolong sembuhkan ya Allah, aku ingin melihat orang tua bangga dengan anak laki2 satu satunya harapan mereka ).. bapak ibu dan adik, mereka lah yang membuatku semangat di tengah perkataan orang di desa ( mereka berpikir aku akan cpt meninggal ) … saya yakin, Allah akan menyembuhkan saya…

    saya terus mengkonsumsi obat TB selama 6 bulan dan juga memakai “baju” yg hampir 1 kilo beratnya. harusnya saya tdk boleh kemana mana, karena jika jatuh, akan fatal akibatnya. tapi dasar aku ngeyel..aku tetap saja pergi nyari peluang untuk usaha .. akhirnya aku nemu usaha jual pulsa ( waktu itu masih menjanjikan usaha ini ) dan juga ternak lobster .. itu kegiatanku. aku tdk mau jadi beban untuk keluargaku, jika aku mati pun , aku tdk mau menyusahkan keluarga lagi …

    dalam perjalanan aku mengkonsumsi obat TB, aku mencari referensi untuk alternatif, kebanyakan pijat, tapi aku tdk mau…krn bisa fatal jika di pijat … 6 bulan saya minum obat TB, ternyata masih positif TB … dalam harapan saya, Allah pasti memberikan obat pd setiap penyakit…

    akhirnya singkat cerita saya menemukan sebuah pohon di sawah ( nggak tahu pohon apa, baunya nggak enak pokoknya).. saya ambil daunnya, saya rebus tu daun dan saya minum 3xsehari… dan pada waktu itu saya sudah tdk mau minum obat TB ( capek dan lambung sakit ) … berangsung berat badanku naik … saya pun tdk pakai baju itu lagi ( dasar ngeyel )… saya pengen membahagiakan orang tuaku … akhirnya saya bekerja sampai sekarang … meski sampai saat ini tulang belakang masih sering sakit dan pegal jika kecapekan, bahkan kaki kanan ku akhir akhir ini sering kram .. khawatir ada, tp semua nggak masalah bagiku .. karena aku hanya ingin membahagiakan keluargaku…

    sekarang alhamdulillah, orang tua sudah merasakan enak di usia nya yg sudah makin senja .. dan aku merasakan hidupku berguna .. terimakasih Allah, semoga Engkau ijinkan aku terus membahagiakan keluargaku, beri aku kesehatan…terimakasih bapak ibuk dan adikku…i love you…

  231. Hi mbak,adik sy baru aja divonis tb tulang, sdh coba k rsupftmw spt yg direkomendasikan dokter sebelumnya.tapi kok spertinya proses disana rumit sekali,kita harus cari sendiri dokter tulang,paru,anestesi,dll..apakah memang spt itu?boleh minta email mbak utk sharing lebih detail?thx

  232. mba…aku jd semangat baca tulisan mba, saat ini sepupu aku sedang sakit tbc tulang yg kata dokter sudah mencapai otak…kita sebagai sepupunya bingung ingin memberi semangat seperti apa sedangkan kitapun baru tau kalu tbc itu ada yg mengenai tulang…minta saran donk mba kita harus bagaimana mensuport sepupu kita…tengkyu

    • Cara paling gampang pertama: PRINT tulisan ini dan berikan ke sepupunya yang sedang sakit. Supaya beliau tau bahwa penyakit ini bisa disembuhkan dan beliau tidak sendirian mengalami hal ini.

  233. SUBHANALLAH…bwaguz bgt mbk…

    M’D fifi mau tanya, hr ini fifi di DX terinfeksi TB,
    tapi krn kaget bgt..jd fifi blm sempet tnya ma drx tentang jenis TB, yg fifi alami…tanda yang saat ni msih d rsakn adnya benjolan dg diamtr 3 cm di leher sebelah kiri, dr hsil Lab isinya cairan kuning keruh dr situlah dx dr…menurut mbk D ni jenis TB apa y mbk…?

    Mbak,
    Itu bisa kemungkinan TBC kelenjar getah bening. Sebaiknya konsultasi ke dokter lagi deh. Supaya dijelaskan tindakan apa yang harus dilakukan dan obat apa yg harus diminum.

  234. saya kn tb tulang dah lumpuh 2 th 11 bulan. udah operasi 2,5 th lalu tp blm sembuh mlh di suruh operasi lagi.. sekrng lagi nunggu jmkesmas, tyt biayanya mahal.. mohon doanya ya mbak…

    Insya Allah didoakan. Semoga diberikan kesembuhan yang sempurna ya mas Sigit

  235. assalam mbak de……ap kabar ini selti yg dulu fbnya selti.zone45@yahoo.co.id
    maaf email yg dulu itu dihacker orang jd sy ganti email
    kemarin ade saya bikin thread di kaskus tentang Tb saya dan ternyata ad beberapa yg comment jutru mereka yg sudah setahun nyari email sy dr mbk de ntuk sharing tentang operasi sy dengn doker tejo di panti rapih jogjakarta…………maaf baru sekarang sy kasih tau email baru saya

    oh y mbak de n “teman2 sealmamater” aku masih minum pehadoxin 1 tablet/hari selama 7bulan ke depan…….sekarang aku sudah bs melakukan apapun dan baru seminggu ni bekera di pabrik electronic (PMA)
    jadi…..teman2ku ayo kita tetap semangat….pernah lumpuh bukan tak berati tak bs mewujudkan hidup baru

    selalu ada waktu yg mw share denganku 085781843116 atau kisah n semangatku di fbku = ojo.dihackneh@gmail.com

    mturnuwun saget mbak de

  236. mbak, saya boleh minta no tlp mbak…saya mau share ama mbak de, ditunggu yaaa mbak, makasih…

    sudah de email yaaa

  237. Assalamualaikum mbak de,
    alhamdullilah mbak sudah sembuh dari penyakit ini.

    anak saya usia 7tahun mempunyai benjolan di leher telah dioperasi dan dibiopsi hasilnya TB kelenjar. obatnya ada 4 macam yaitu INH, rifampisin,ethambutol,dan pirazinamid. tetapi anak saya alergi terhadap INH dan rifampisin.alergi nya sangat parah yaitu mengarah Steven jhonson syndrome,jadi dokter menyuruh berhenti makan obatnya.

    kejadian nya di bulan Februari.hasil LED 10,ICT TB negatif,mantoux test 10mm,kondisi sangat baik ,berat badan naik. apa mbak de tahu obat untuk mengganti INH dan rifampisin? mbak de tahu tentang obat herbal? mbak saya minta no telp boleh ya,untuk tukar pikiran.

    terima kasih yang sebesar-besarnya ya mbak,semoga mbak selalu diberi kesehatan sama yang kuasa.

    Bu Rina,
    Saya juga tidak kuat dengan rimfapicin. Muntaber setiap mengkonsumsi obat tsb.

    Saya sarankan sebaiknya ke dokter lagi aja bu, konsultasi obat untuk pengganti INH dan Rifampicin tsb.

    Notelp akan saya email ya

  238. info na sungguh brmanfaat, thx y…
    yg q tanyakn, k doktr specialis apa, utk knsultasi n brobat TBC tulang?
    thx…

    Coba ke dokter orthopedi (bedah tulang)

  239. Assalamu’alikum wr wb
    Alhamdulillah,akhirnya saya menemukan fererensi tentang penyakit tb tulang,
    semoga penulis ” bu rafa ” dan keluarga sehat selalu, amiin.
    Saya mau tanya bu,
    mengenai biaya untuk operasi tb tulang yg pernah ibu jalani dulu, itu di rs swasta atau rs pemerintah, ?
    mengingat biayanya mahal sekali, karena ponakan saya juga rencananya mau menjalani operasi , “tb tulang belakang” sedangkan orang tuanya hanya bekerja sebagai penjual es keliling, tapi sudah mengurus surat keterangan tidak mampu di rt. rw, kelurahan, dan kecamatan,
    saya mau membantu ponakan saya tapi terbatas kemampuan saya,
    saya berniat cari donatur buat dia, tapi gak tau harus kemana dan gmn, ?
    sedangkan kondisinya makin hari makin kritis, saya gak tega kalo tidak segera di operasi,
    mohon bantuannya bu …. untuk solusi mengenai biaya operasi tersebut, karena walupun pake jamkesmas, pastinya masaih ada biaya yang harus di bebankan ke pasien,
    trimaksih.
    wassalam…

  240. Assalamu’alaikum
    mksh mb De atas infonya,,
    dua minggu lalu suami saya jg difonis dokter sakit tbc.tp dokternya bilang gt cm lht dr hasil rongsennya aja,g ad tes lain2. dari tnd2 emg suami berat badan berkurang trs,nafsu mkn g ad. kebetulan suami jg ada mslh dg tulang punggungnya, tulang punggungnya agak menonjol keluar gt.awalnya kami g tw kl tbc jg bs nyerang tulang,jd wkt priksa pertama kami g ngmog mslh tulang.lalu stlh priksa ke 2 kami baru bilang kl ad mslh tulang,dr hsl rongsen jg doker bilang kl virus tbcnya udah nyebar ke tulang.tp dokter g nyaranin operasi katanya dg trapi obt aj ckp.rasa sakit dan nyeri yg dirasakan suami itu udh berlangsung sktr hmpr 1th.sebelumya kami udah berusaha berobat kemana mana utk penyembuhan tulang itu tp g kunjung sembuh sampai akhirnya tw kl itu tbc.lalu dokter menambah obatya untuk tulang, tp setelah suami minum obat yg buat tulang suami malah merasa kesakitan.yg biasanya bisa berjalan normal meski pelan2 tp skrg mencari pegangan(spt tembok).apa emang gt efek obat tulangnya mb De??(nama obatnya FORTIBI).apa mb De dulu jg tbc paru trs tulang?kl baca pny mb De kayakya g ada mslh dg paru2.tp suamiq kok dua2nya ya?
    Apalagi anak sya msh kecil mb De br brumur 2,8th saya takut kl anak saya tertular, sebenernya udh dikasih obat jg untk pencegahan tp saya msh takut.
    krn keadaan ekonomi jg untuk pemeriksaan ke 3(yang akan datang) kami minta dirujuk ke puskesmas.kl dipuskesmas mslh tbc tulang bisa g ya mb?saya takut kl cm tbc parunya aja yg ditangani.

    tlg dijawab mb De,atau kirim ke email jg g pa2
    mksh
    wassalamu’alaikum

  241. assalamualaikum mbak,

    ini saya mw tanya, apa kalo tb tulang itu dapat di sembuhkan tanpa operasi?

    tergantung kondisi tulangnya. Dokter yang menentukan dibutuhkan operasi atau cukup terapi obat minum dan yang lainnya.

  242. mbak de, saya juga mantan penderita TB tulang pinggang. saya mulai merasakan pada mei 2010, saat itu saya sedang berada di Jepang. tulang pinggang saya sangat nyeri banget dan badan saya juga sangat kurus turun 7 kg. saya ke klinik terdekat untuk terapi pinggang setiap seminggu sekali tetapi ga ada perubahan. lalu saya jg terkena demam yg ga turun2, walau sudah minum obat dari klinik, setelah obatnya habis demam saya kambuh lagi. Lalu saya pergi ke salah satu RS di Jepang, tapi tetap aja dokternya diagnosa saya hanya terkena KAZE dalam bahasa jepangnya atau Demam/Flu/Masuk Angin. Ternyata RS di Jepang pun juga ada yg ga bagus ya.. huuuft
    Dan saya bertanya2 pada kawan2 Orang Jepang untuk menanyakan RS yg bagus yg ada di sekitar saya berada disana dan akhirnya menemukan RS nya. pada waktu itu karena keluhan penyakit saya adalah demam yg tak kunjung sembuh maka oleh Dokternya saya disuruh NYUIN atau rawat inap sampai menemukan penyebab penyakit saya. setelah seminggu saya di RS akhirnya di temukan penyebabnya, di pinggang, pinggul, dan bagian perut di bawah sedikit terdapat belasan nanah yg membentuk kantong di bagian itu yg menyebakan demam saya ga turun2. lalu dilakukan operasi kecil untuk menyedot nanah itu. setelah itu demam saya berangsur membaik. saya pikir hanya sebulan di RS, tetapi dokter bilang itu adalah virus KEKKAKU atau virus TB, maka rawat inap saya di perpanjang kira2 sampai 3 bulan,, eh ternyata nambah lagi sampai 6 bulan saya nginap di kamar kelas VIP RS :( .
    itupun setelah saya keluar dari RS saya belum dinyatakan benar2 sembuh, karena saya masih terus melanjutkan minum obat sampai setahun lagi..
    Dan akhirnya disaat saya akan kembali ke Indonesia pada bulan November 2011, saya melakukan pemeriksaan terakhir CT scan dan MRI, dan hasilnya saya sudah dinyatakan sembuh dan tidak perlu melanjutkan minum obat lg, tetapi saya di kasih stok obat sebulan lg untuk di Indonesia, setelah itu boleh berhenti.. Berat badan saya pun sekarang naik 20KG :)

    Tetapi mbak sudah 7 bulan ini saya sudah berhenti minum obat, tetapi saya masih agak ragu, apa benar penyakit saya ini sudah sembuh total apa belum?
    untuk itu saya ingin checkup sekali lg disini.. untuk biaya kira2 berapa mbak untuk checkup semuanya CT scan dan MRI? klo di Jepang biaya untuk MRI sekitar 1jutaan.
    Terima Kasih

  243. hebat de, perjuangan kamu diatas meja operasi,….. aku juga menderita spondilitis tb sudah 6bln ini tmt akhir maret 2012, waktu aku hamil anak ke3 aju terpeleset dari lantai satu ke basement, berhubung hamil sudah besar aku ga diurut, aku baik2 aja tapi semenjak itu aku sering ngeluh sakit sendi, bahkan aku sering terjatuh,…..

    terus bentar2 sering urut, tp sering kambuh lg, sakit mula yg sakit akhir thn 2011, pas maret 2012, aku rongent & mri, ternyata ada cold abses divebrata trokal 9&10, jg sedikit hnp dilumbal 5.

    pd tgl 28 maret 2012 aku kesemutan dikedua jempol kaki, lalu esok harinya naik smp pinggang dan menjadi kebas jg baal smp akhir aku lumpuh,….dokter menyaran tuk operasi tp aku dan keluarga tidak siap lahir batin….

    lalu aku mencari dokter lain yg mau menerima opini aku agar ga dioperasi, trs aku masuk lg ke rs mht cileungsi tuk yg ke2 kali, dirawat sebulan tanpa operasi, aku diinfus obat aclasta , dll(lupa apa aja) alamdulillah aku bs mengerakan kaki lg, tiap hari latihan dan fisioterapi,…..aku jg belajar jln, oh ya aku masuk rmh sakit bln mei 2012 , …..krn aku ga operasi, semua gerakan membungkuk aku hati2 kalo jgn dilakukan, trs aku jg ga boleh angkat2 yg berat2.

    tp krn aku rada bandel, ga betah kl diam aja aku sering capek n jg haid jd lamaaaa bgt smp hari jg msh ada, usg hasilnya , periksa lwt vagina jg normal, kemgkian krn cape ga berlebihan dam stress mk itu terjd.

    mungkin jg ya krn aku ga bs diam, by the way sampai hari tgl 2 sep ’12, pinggang kebawah masih baal kebas dan terkadang kesemutan, walaupun dah bs jln, itu krn disebabkan kuman tb masih ada,…. oh ya stlh pulang dr rs aku rawat jln tiap sabtu sampai dgn skr disuntik ditulang belakang, lumayan uang yg harus dikeluarkan, kemarin aja rawat inap lbh krg 48jt, dan perkedatangan tiap berobat jalan 1,3jt.

    iya obat termahal memang kesehatan tp aku hrs sembuh tuk ke3 anakku

    • Mba yuyun apa kabar? Saya juga menderita sponsilitis tb dan saat ini sudah lumpuh, tapi saya belum siap untuk operasi…
      Gimana kabar mbak sekarang? Apakah sudah membaik meskipun ngga operasi? Boleh minta contact number atau email mba yuyun…mungkin bisa sharing..,
      Bisa email saya ke
      Corryserepina@yahoo.com
      Thanks mba yuyun

  244. Ass..mba de,sepupu suami sy didiagnosa +tb tulang apa bisa sy mnta no tlp mba supaya dia bs langsung sharing dgn mba..trma ksh byk sblmnya’nya..waslm :)

  245. Ass.. mbak, anak saya juga mengalami sakit yg sama dgn mbak, op1 thn. 2002, saat itu anak saya baru berumur 1.6 thn, op2 thn. 2003, kontrol k dokter terakhir thn. 2006 dan sampai sekarang blm pernah kontrol lagi, yg mau saya tanyakan apakah gak papa klw saya gak bawa anak saya untuk kontrol k dokter lagi? karena biaya untuk kontrol itu lumayan besar bwt saya…. Terimakasih

  246. Mba de,
    Boleh minta YM atau nomor hpnya, mba? Mau tanya2 sm mba…
    Adikku di diagnosa TBC Tulang…Skrg lagi dirawat di rmh sakit.
    Dia takut klo sampe harus dioperasi.

    Thanks, mba de..

  247. Mba de, saya mau tanya mba, waktu di rs mitra kemayoran , mba konsultasi dgn dokter paru siapa? Yg vonis mba kena tb tulng dokter lutfi ya? Papa saya skrg sedang dirawat di rs. Satyanegara dgn gejala penyakit tb tulang, tp hsl tes lab nya negatif. Sy sedang mempertimbangkan untuk pindah ke rs mitra kemayoran, krn kurang cocok sama dokter di satyanegara. Mohon info nya ya mba, terima kasih

  248. saat ini saya menderita tb tulang belakang….baca kisahnya jd penyemangat utk sembuh….skrg sih br dimulai pengobatannya…sakitnya sih udh dr thn 2009….trus 2010 timbul abses di perut atas selangkangan yg akhirnya dioperasi…tp mslhnya pd saat itu dokter bedah nya gak cr tahu penyebab nanah nya ini dari mana….akhirnya kemaren tgl 8-10-12 saya dioperasi lagi di tempat yang sama krna nanah nya masih keluar ajah…dan dokter bedah nya sarankan utk MRI cuma krna biayanya mahal dan sy gak ada biaya utk itu akhirnya dokter blg kita tunggu hasil PA nya ajah yah bu…kemaren sy baru dikasih tahu kalau sy menderita tb tulang belakang…dan ini br awal pengobatannya…mudah2an bisa sembuh yah…tanpa hrs dioperasi…

  249. Hello de de de,,,,,
    Sy q umur 38 thn menderita tbc tulang…..
    Awalnya dikirain cuman salah tidur sehingga rasa kaka keseleo di leher sy dan klo tidur malam sering berkeringat.. padahal tidur udah pake ac, berat badan turun dari 68 turun sampai menjadi 48 kg… tadinya sy hanya merasakan sakit di leher yg lama kelamaan sakit di kepala yg sangat luar biasa sakitnya,,,, namun kalo sy berbaring sakit itu akan segera hilang,,,,,, namum bila sy bangun dan berdiri hanya dapat bertahan sampai debgan setengah jam yg kemudian interval waktunya berkurang sampai 5 menit dan harus berbaring lagi karna sakit yg luar biasa…. sampai kalao makan aja cuma bisa 2-3sendok aja berbaring kembali……
    Di leher sy ada kelenjar yg sudah mengbengkak,,,,, dan pada saat di operasi panjangnya 15cm berdiameter 1,5-2cm. Setelah di oprasi di periksa ternyata sy menderita tbc tulang….. saat sekarang sy sementar minum obat yg memasuki bulan ke 6,,,,, dan Puji Tuhan dari hasil pemriksaan sy virus tbc nya semakin hari mulai menghilang,,, oooh iya awal minum obat sy di kasi dokter pagi rifampicin 600mg sebelum makan, siang sesudah makan ethambutol 800mg pyrazinamide 1000mg dan 1 (satu jam) sebelum makan malam izoniasid 300mg -sesudah makan malam Pyridoxine Vit B6 25mg…… pada masuk bulan ke 5 ethambuthol dan pyrazinaimde diberhentikan oleh dokter (tentunya setelah melihat hasil pemeriksaan darah) Puji Tuhan sy merasa sehat dan berat badan sy sudah bertambah 10kg dan kata dokter sy harus minum obat sampai selesai 9 bulan lamanya jugaaaa di leher sy masi bengkok karna akibat keroposnya tulang leher c2,c3,c4…. namun saya percaya Tuhan akan memnyembuhkan sy asal kan kita juga berusaha untuk pengobatannya selama kita masih bisa,,,, namun, apabila kita tiak bisa lagi,,,, kita hanya bisa berserah pada Tuhan namun bukan berarti kita harus pasrah….. karna apa yg terjadi semua itu kehendak Tuhan dan apa yg terjadi pada diri kita itu membuat supaya kita harus lebih mendekatkan diri kita dengan Tuhan…..

    ibu ‘DE’ sy minta no tlp dan emailnya ya,,,,,, untuk konsultasi….. heheheheheeeee….. thx ya,,, ibu dokter,,,,

  250. hai mba de….
    saya ajeng 19 th, saya juga punya pengalaman tbc tulang, saya mau share sedikit boleh ya.. hihihihi

    mulai sakitnya sih udah 1 th yg lalu ketika saya mau berangkat ospek untuk masuk universitas, rasanya pegel pegel kaya salah tidur, tp pegel2nya g ilang2, sampe dsuruh ronsen tapi aku gamau karna aku pikir masa skit pegel2 doank smpe harus ronsen dan selama 1 semester aku kuliah aku tetep nahan sakit dan skitnya makin bertambah sampe nyesek ke dada, kalo mau bungkuk aja sakitnya minta ampun, akhirnya liburan semster aku baru pijet deh ternyata tambahhhhh sakit…

    ujung2nya ke dokter umum dan katanya aku sakit rematik, hbs itu aku minum obat terus sembuh tp obatnya abis aku sakit lagi… aku udah gonta ganti dokter tp tetep aja gak ada yg bener! aku sampe putus asa bgt.. sampe marah2 sama mama,gamau dbawa ke dkter lagi, udah coba terapi2 tetep aja g sembuh2,

    sampe wktu aku demam.. tiba2 kaki aku kog kaya kesetrum gtu ya, klo jalan kay ga napak.. tp aku mncoba gk mikir aneh2.., sejak ituu aku sering jatoh kalo pergi ke kampus sampai klo ke kampus harus pegangan sama temen ku, karna kalo g aku bisa jatoh sendiri dan tanpa sadar dsitu aku udah g bisa lari lagi.. kalo lari sakit bgt…

    selama itu aku minum obat cina buat rematik, sampai bulan juni kemaren aku ke beda dokter lagi dsuruh cek darah katanya aku demam rematik, oya sebelumnya aku jg udah ronsen dan hasilnya tulang ku bengkok. akhirnya aku dkasih obat selama sebulan g boleh putus, nanti kontrol lagi. selama sebulan ituu aku baik2 aja ga sakit sama sekali tp klo udah telat aja minum obatnya sakittt bgt… dan aku jd g sering jatoh lagi.. hebat bgt tuh obat hehehe,

    sampai akhirnya pas bulan puasa kemarin,temen ku bilang klo ibunya punya pyakit yg ciri2nya sama kaya aku, ibunya temnku sakit urat kejepit dan mnganjurkan aku untuk pergi ke dkter keluarganya, dan katanya dsuruh ronsen ulang, katanya tulang lumbal 4-5 ku osteoporosis dan ada inveksi tulang.. dan dikasih obat tbc, tp mama masih g percaya dy mau pastiin dulu dengan cek darah karna obatnya kn keras takut kena ginjal, pas dikasih obat ituu sakitnya g ilang.. tetep aja sakit teruss.. disitu kaki aku lemes udah susah buat gerak, kalo jalan harus pegangan tembok ato apa aja, makin lama kondisi ku maikin ngedrop.. susah bgt untuk melangkah dan tiap tengah malem kebangun nahan rasa sakitt… obat itu gak ampuhh bgt.._-

    akhirnya bsoknya aku kedokter spesialis saraf di bekasi disitu aku udah pake kursi roda krna jalan ku udah harus di papah, kata dokter aku harus cepat di MRI kalo gak bisa lumpuh, selama 2 hari ibuku mencari pinjaman untuk MRI krna biaya MRI gak murah, sampe pas sehari sebelum lebaran aku baru di MRI, dan mau check lagi ke dokternya udah gak bisa karna dokternya cuti lebaran semuanya, tepat pas lebaran kemaren kaki ku udah gak bisa digerakin lagi,, disitu keliatan bgt perjuangan mama ngurusin aku_-

    hari rabu, 2 hari setelah lebaran mama nekat bawa aku ke rmah skit utk liat hasil MRI, kali ini bukan ke dokter saraf tapi ke dokter tulang, dan memang benar aku ini tb tulang dan harus segera d operasi karna tulang ku udah patah dan sudah bernanah, kemungkinan untuk jalan lagi 50% disitu aku masih optimis untuk bisa jalan lagi, karna kondisi keuangan orgtua yg tidak memadai untuk operasi d rumah sakit swasta akhirnya mama membawa ku ke RSCM, dsana aku dipriksa secara mendetail.. tapiii dsna dkter bilang kalo untuk aku bisa jalan lagi kemungkinannya sangat kecil, untuk bisa kuat aja kakinya itu udah perkembangan yg bgus katanya 99% aku g bisa jalan dan 1% kemungkinannya itu juga mukjizat! kayanya kaya ada gunung yg mau jatohh.hehe lebay

    dan tryata aku baru tau dsitu kalo operasi harus mengantri, hufttt rasanya aku pengen cpet2 operasi aja ga tahan bgt sakitnya.. mama kasih q opsi, mau oprasi di RSCM atau di solo dengan Dr tunjung, karna dsna terkenal dkter tulangnya bagus, karna aku udh down bgt sm dokter RSCM aku g berani ngambil oprasi disana karna dkternya aja udah pesimis sma aku, akhirnya aku ambil oprasi di solo walaupun aku gatau sehebat apa dkter yg di solo tp aku udah pasrah ajaa..

    sampe di solo ternyata mama ga salah pilih dokter karna pramugara yg bawa aku turun dr peawat dy udah tau pasti mau dbawa ke dkter tunjung pas tau aku sakit tulang punggung,

    dsna aku langsung ke rumah sakit karima utama ternyata aku bukan ditanganin sama dokter tunjung karna penyakitku ini tulang belakang, sehingga dianjurkan ke dokter yg lebih spesialis tulang blakang yaitu dokter pamudji, dan sma bgusnya dengan dkter tunjung. dsna gak pake ngantri oprasi langsung ditangannin tapi karna penyakitku ini karena virus olehkarna itu harus disuntik dulu selama seminggu baru oprasi untuk melemahkan virusnya,,,,

    pasca oprasi ternyata punggungku ini gak dikasih pen, karna udah terlalu rapuh tulangnya kalo di pen bisa ancur tulangnya. jadi aku gak boleh byak gerak dulu, dan katanya nanah ku ini byak sekalii hahhahhaaa 1 liter adalahh hehehe, pasca oprasi aku udah terapi2 tangan biar gak kaku terus kaki ku di setrum, alhasil 4 hari pasca oprasi aku udah bisa gerak walopun dikit, tapi aku udah bersyukur bgt.. lama2 kaki ku byak bgt perkembangannya udah bisa jalan lagi sekarang walopun tetep harus pake korset selama 4 bulan karna punggung ku ini gak pake pen, hehheheee

    oyaa,.. mau share juga buat yg punya penyakit ini di rumah sakit tempat ku operasi lumayan murah drpada rmah sakit2 dijakarta, karna kalo di jakarta prediksi oprasinya itu berkisar 60jtaan, tapi dsana cuma 4 jta kemaren oprasinya aja.. karna q opnam 2 minggu jadi total 17 jtaan, itu karna aku oprasi gak pake pen, kalo pake pen oprasinya tambah 10 jt katanya.. aku ambil kelas 2, yg seharinya 45rb klo VIP 135rb tapi jangan harap dpet VIP karna ngantri hehehe maklum pasiennya dari seluruh indonesia, jadi gak rugi deh disana pelayanannya jga top bgt,, *loh kog jd promosi hehehe cuma sekedar info aja..
    dan sekarang aku udah bisa jalan lagi dan tetap minum obat..

    semoga bermanfaat ya pengalamanku ini, dari pengalaman ini aku bayk belajar betapa mahalnya sehat, dari sini aku bisa byak ambil hikmahnyaa

    buat yg laiinnya semangat!!!!

    Allah gak pernah tidur guys..

    • mbak ajeng alhamdulillah… aku baca postingan ini sampe merinding akhirnya aku ketemu sama ‘bukti selamat’ pengidap TBC Tulang. malam kemarin abang saya masuk rumah sakit dengan ciri ciri sama persis dengan yang mbak De dan mbak Ajeng ceritakan. hanya saja dokter yang menangani abangku di RS Premier Bintaro masih menganalisa (belum memvonis) kalau abang saya sakit TBC Tulang. abang saya juga sudah lumpuh (kesemutan) bahkan dia ngerasa rasa kesemutan itu sampe ke perut. aku tertarik dengan rumah sakit yang ada di Solo itu mba karna biaya yang relatif murah.. jujur kami gak punya biaya kalo harus siap sedia uang 60juta atau bahkan lebih untuk penyembuhan itu semua :(
      boleh saya tau nama rumah sakit dan alamat lengkapnya rumah sakit yang ada di Solo itu? dan total biaya perawatan mbak ajeng selama di Solo? terimakasih banyak mba… saya lagi cari bantuan dan pertolongan kesana kemari. terimakasih. terimakasih…

      • mbaa ciikita maaf baru bales, soalnya baru buka lagii…
        alamatnya udah tau kan ya? udah dikasih tau sama mas yang d bawah hehhe..,karena aku gak pake pen kurang lebih biayanya 17 jutaan waktu aku operasi,kalo pake pen nambah 10juta, aku 2 minggu di opname, mungkin kalo nanti kakanya mba cikita dirawat belum tentu 2 minggu, bisa juga kurang dr 2 minggu.. biayanya murah kog mba dari pada dijakarta, yang paling murah kelas 3 itu seharinya 28ribu mba fasilitas sama aja… dan gak pake DP untuk operasi, bayarnya stelah operasi.. semoga info ku membantu ya mbaaa

  251. Aku Corry, 25 tahun, baru 1 bulan lalu melahirkan anak ke 2 saya, Sudah dari 10 bulan lalu saya mengeluhkan low back pain, tapi ternyata sebelum sempat memeriksakan lebih lanjut ke dokter tulang, saya dinyatakan hamil. Sehingga pemeriksaan ke dokter tulang pun ditunda karena pemeriksaan tulang seperti X ray tidak di perbolehkan untuk bumil. Akhirnya selama 9 bulan saya menahan sakit punggung saya.

    4 des 2012 kemarin saya melahirkan normal anak laki2. 2 hari setelah melahirkan punggung saya sakitnya bertambah parah, disusul dari pinggang ke kaki saya melemah, hingga untuk berjalan pun saya harus berpegangan.

    Akhirnya saya ke dokter ortopedi di RS, carolus, Dr. Endrotomo, di Xray lumbar dan dokter menyatakan saya hanya kelelahan otot karena habis melahirkan, dia memberikan obat dosis rendah dan menyarankan fisioterapi. Saat fisioterapi, therapist mengatakan bahwa ada penyempitan tulang ekor saya sehingga saraf kejepit. saya hanya menjalankan fisio 2 kali, karena kondisi badan semakin lemah.

    Sakit pinggang tambah tidak tertahan Saya lalu ke dokter umum, dr.christian silman di daerah senen, rekomendasi dari teman mama, lalu dia menyarankan MRI dan memberikan suntikan pada punggung untuk menghilangkan rasa nyeri. Dan memang selama seminggu nyeri saya hilang. Setelah seminggu saya kembali ke dokter dngn hasil MRI dan tidak ditemukan kejanggalan pada bagian lumbar. Tapi ada indikasi spondilitis pada thoracal yang tidak terfoto karena MRI hanya bagian lumbar. Dr. Christian meminta saya ke ahli tulang untuk melihat lebih detailnya.

    Sayapun ke dokter bedah tulang, Dr. Jose Rizal (rs. Siaga), lalu di xray thoracal, dan dia menyatakan t 10 sy rusak sehingga saraf terjepit, dan saya di mantoux. Setelah 3 hari hasil mantoux + dan hasil lab LED saya 40. Dokter menyatakan saya positif tbc tulang. Saya diresepkan obat TBC dan disuruh menggunakan hyper extension brace, untuk menyangga tulang. Karena kata dokter obat tbc akan melemahkan tulang saya, dan kalo tidak pake alat tersebut tulang saya akan tambah rusak.

    Yg saya ingin tanyakan?
    - apa iya tbc tulang hanya berdasarkan mantoux dan hasil lab LED saja cukup? Tidak perlu ada test lainnya?

    - apa iya obat tbc akan membuat tulang saya tambah lemah dan membutuhkan penyangga untuk menopang tulang belakang saya?

    - apakah dengan MRI bagian thoracal dapat terlihat jika ada tbc tulang?

    -lalu kondisi kaki saya yang sedang semi lumpuh ini apa bisa disembuhkan hanya dengan obat tbc? Perlu ada treatment lain ngga ya?

    Maaf ya mba de, banyak banget nanya.
    Saya bingung sekali sekarang, boleh minta no telp mba de, mungkin aku bisa ngobrol lebih jelas, kalau tulisan saya kurang dimengerti.

    Thank you

  252. Perkenalkan nama saya Tati dari Brebes,,
    mb DE ada temen kerja saya yang kakaknya menyidap tbc tulang,,
    kemaren dia tertarik dengan blog anda dan ingin tahu bnyak tentang pengalaman Anda,
    jika bisa saya minta no untuk menghubungi Anda,,,
    dia sangat bngung harus membawa kakaknya kemana,,

  253. Ass.wr.wb.
    Salam kenal mba,
    Ibu saya juga menderita TB Tulang dan disarankan dokter untuk operasi, namun harus mencari pen sendiri, karena di RS Fatmawati tidak tersedia (stock kosong) jadwal operasi sdh tertunda 7 bulan karena ibu saya tidak dapat kamar/kamar selalu penuh dan dokter ybs. sedang cuti. skrg sudah rawat inap, menunggu tersedianya pen, untuk S2, S1, L3, L4, L5 bisa tolong diinfokan kepada kami mba dimana kami dapat membeli pennya? agar ibu kami dapat segera dioperasi dan smg diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Aamiin yaa rabbal alamin. Terima kasih atas bantuannya mba.. Blog-nya membuat semangat. :)
    Wassalam,

  254. Ass.wr.wb
    Salam kenal mba
    keponakan saya juga menderita TB tulang ,mba bolehkah sy minta no.telp mba untuk memberikan semangat buat dia,kasihan tiap hari nangis.makasih sebelumnya

    wassalam

  255. Saya baru kemarin tau kalo ada TBC Tulang.. Ini karena keponakan suami saya di vonis menderita TBC Tulang dan harus minum obat selam 6 bulan.. Saya langsung buka Mr.Google untuk cari tau dan ketemu dengan blog Mbak De.. Ini juga karena saya akhir-akhir ini sering merasakan ngilu di panggul kanan saya.. Saya sudah foto saat saya demam tinggi (tanggal 3 April 2013), tapi bilang Dr. Spesialis Penyakit Dalam, saya hanya kena DBD.. Tidak masalah dengan tulang, karena dcatatan saya lihat tertulis “SACROILITIS”..
    Tapi terkadang saya tidak kuat menahan ngilu walau saya lagi baring di kasur..
    Bisa minta nomor telp mbak de buat keponakan suami saya yang saat ini harus berjuang melewati masa-masa ini..email ya mbak de di nurbaini_march@yahoo.co.id
    Makasih…

  256. Hai mbak De,
    Terus terang saya syok berat ketika didiagnosa terkena TB tulang pada 29Jan 2013 Lalu. Bahkan sakit yang pada awalnya diperkirakan karena otot cidera pada punggung saya karena kegiatan fitness atau acara memperbaiki genteng rumah yang bocor, membuat saya salah tafsir akan tbc yang menyerang pada saraf saya.

    Pada Januari 2013 Lalu tiba tiba saja saya mengalami semutan luar biasa pada kedua belah kaki saya. Dalam waktu empat hari saya kehilangan sensorik dan motorik saya hingga saat ini. Dengan Harapan ditangani oleh dokter secepatnya di rumah sakit daerah pasar rebo. Mengingat lokasi rumah dan rsud tidak jauh namun sepertinya dokter menyatakan sudah menagaaani secara maksimal kasus saya.

    Hasil dari rotgen menyatakan tidak ada susunan atau kerusakan pada tulang ataupun HPN (saraf kejepit). Namun dari hasil MRI menyatakan ada abses yang menekan saraf pada tulang / t6-t10 ( 5 ruas). Hal ini juga di konfirmasikan oleh bedah saraf dari UI /RSCM dan dr. Eka dari rumah sakit siloam. Dan mereka setuju untuk tidak diperlukan tidakan operasi. Kebetulan teman yang berprofesi sebagai dokter menyatakan hal yang sama dan dengan pengobatan Tbc dapat disembuhkan dan abses dapat menghilang seiring dengan pengobatan dan diserap oleh tubuh. Dan bila saraf tidak mengalami kerusakan fungsi tubuh dapat kembali.

    Namun ketika saya berhasil konsul dengan Dr. Lutfi Gatam. Justru beliau meminta saya segera diopeerasi. Karena abses tidak dapat kempes atau diserap tubuh pada awal April 2013.

    Terus terang saya bingung dan gelisah langkah apa dan pernyataan mana yang benar agar saya dapat sembuh sempurna. Oleh karena itu saya mohon bantuan pecerahannya. Oleh teman2 semua akan pertanyaan saya berikut:
    1. Apakah abses tidak dapat kempes dengan pengobatan dan diserap atau dibuang oleh sistem tubuh?
    2. Bagaimana saya tahu apakah pengobatan TbC saya ada kemajuan pada saraf tulang saya?
    3. Berapa besarkaah peluang saya dapat sembuh sempurna dari kelumpuhan dgn jalan operasi atau tanpa operasi?
    4. Apakah Efek negatif dari operasi itu?
    5. Apakaah ada rekomendasi Dokter yang bisa saya temui yang dapat. Menjelaskan dengan empati, sabar dan teliti akan hal tersebut?

    Terima kasih atas pencerahnya.

    • De coba jawab yaaa:

      1. Apakah abses tidak dapat kempes dengan pengobatan dan diserap atau dibuang oleh sistem tubuh?
      –> abses itu bagai nanah dalam bisul. Kalo tidak dikeluarkan, ya tidak bisa diserap atau dibuang sendiri oleh tubuh. Dan selama tidak dibuang, nanah akan menimbulkan infeksi di tubuh kita

      2. Bagaimana saya tahu apakah pengobatan TbC saya ada kemajuan pada saraf tulang saya?
      –> itu guna nya kita check-up secara berkala ke dokter. Untuk dipantau perkembangannya. Hasil tes darah dan pertumbuhan berat badan akan membuktikan kemajuan dari pengobatan TBC.

      3. Berapa besarkah peluang saya dapat sembuh sempurna dari kelumpuhan dgn jalan operasi atau tanpa operasi?
      –> Saya sudah mencoba alternatif krn takut operasi selama 1 tahun. Tidak ada kemajuan berarti. Tapi setelah saya operasi, alhamdulillah sampai hari ini bisa hidup normal walo mungkin tidak bisa dibilang sempurna.

      4. Apakah efek negatif dari operasi itu?
      –> efek samping bisa didiskusikan dengan dokter. Kondisi tiap pasien berbeda, maka efek samping juga akan beda.

      5. Apakah ada rekomendasi Dokter yang bisa saya temui yang dapat. Menjelaskan dengan empati, sabar dan teliti akan hal tersebut?
      –> Dokter Lutfi Gatham sudah tepat. Saya 2x di operasi oleh beliau.

    • justru saya melakukan fisioterapi sebelum operasi. Karena sebelumnya 80% lumpuh. Tapi alhamdulillah setelah operasi cukup latihan jalan sendiri di rumah

      • trus, setelah operasi tidak ada fisioterapi yang terlalu serius?
        sbelum operasi fisioterapi yang dilakukan , contohnya seperti apa? boleh minta emailnya nggak mbak de?

  257. hallo mba salam kenal,
    Ibuku didiagnosa tbc tulang dan udh 3 minggu menjalani pengobatan dan sebelumnya sempat dioperasi kaki bagian kanan dekat mata kaki untuk mengeluarkan abses ditulang. Namun sampai saat ini masih sering merasa nyeri dibagian betis kaki yg dioperasi, mungkin ada saran mba untuk mengatasi nyeri tersebut ? oia kalau boleh sy minta alamat emailnya mba ? terima kasih sebelumnya.. semoga selalu diberi keberakahan..

  258. Luar biasa…..! ALLAHU AKBAR………….Cobaan yang sangat berat….Tp Hebat ……mbak de bisa menginpirasi untuk tidak menyerah dalam menjalani cobaan hidup d dunia….

  259. hy…saya juga mengalami penderitaan yg sama mbak de,,,tapi say blom bisa operasi karna saya takut?menurut mbak de selain operasi ada pengobatan yg bisa di lakukan gak,,?

  260. de saya punya saudara yang sudah dipen punggungnya.tapi sekarang kebingungan dan penderita makin frustasi setelah dipecat dari pekerjaanya. pertama biaya untuk pengangkatan jika sembuh kira2 berapa? kedua sekarang timbul abses kira2 diameter 15cm dipinggul ,berapa lama penyembuhannya? ketiga pen dipunggung bertahan berapa lama jika tidak dianggkat (tak ada biaya). makasih de …semoga ALLAH membalas kebaikanmu amiin

  261. mba,,,aku baru baca,,,seneng denger mba sehat,,,semoga kita semua selalu dilindungi Allah SWT dan selalu diberikan kesehatan. 41 hari yang lalu aku baru saja kehilangan kakaku yg sakitnya sama seperti mba, padahal pasca operasi H+3. sepertinya Allah memang lebih sayang sama kakaku, almh sudah menderita 7 bulan sampai tidak bisa jalan di 3 bulan pertama. insyaAllah ujian yg diberikan kepada Almh kakaku merupakan cara Allah menghapus dosa2nya dan skrg kakaku sudah tenang disana (seperti kata mba).terimakasih mba untuk blognya sangat inspiratif :) .
    Salam – Vita-

  262. hai mbak.

    Sy pernah jatuh saat usia sebelas,dan bertahun2 menahan nyeri di area tulang belakang dan tulang ekor. Selama ini sih hanya pergi ke alternatif,sebulan sembuh terus kumat lagi. belakangan sudah semakin terasa n rasa ngilunya terasa sampai kaki sebelah kiri (kenapa kiri doang ya?ckck) setelah cek n rontgen ternyata spondylosis dan ditulang ekorny sendiri sih gpp dan hanya dikasih obat nyeri doang tanpa solusi lain (hiks)..abis itu balik lagi ke alternatif,sembuh sebulan terus kumat lagi *lagi dan lagi

    setelah baca jd terinspirasi bwt periksa dengan benar sebelum terlambat,thanks mbak. tulisannya bermanfaat sekali *XOXO*

    Klo boleh,boleh mnt no hp/line/ym mbak?

    thanks

  263. apakah dalam proses pengobatan TB tulang tulang sendi dan tulang paha serta tulang belakang masih sering saya rasakan apakah itu berarti pengobatannya gagal atau gimana?

    mohon penjelasannya terikasih

  264. Setelah baca blog ini saya jd ingat ketika saya terkena TBC Tulang pd saat saya kuliah. Gejala saya dengan mba de sama..salam kenal ya mba :) . Mba de, saya mau tanya kalau orang yang pernah terkena TBC Tulang apakah bisa melahirkan secara normal atau haris caesar? Makasi..:)

    • bisa kok melahirkan sesar maupun normal.

      De sudah bertemu dengan beberapa mantan pasien TBC yang sudah melakukan operasi tulang belakang berhasil melahirkan secara normal.

      Kalo de sendiri, kebetulan melahirkan secara sesar.

      Semua tergantung kondisi badan kita aja.

  265. Assalamu’alaikum …
    Mbak De… sungguh perjuangang yang hebat dan memberikan pelajaran kepada kita tentang makna kesabaran, kerja keras, tawakkal dan tentu saja kasih sayang yang tak terhingga dari Allah SWT.

    Ibu saya menderita TBC tulang dan sudah dioperasi 35 tahun yang lalu. Setelah operasi, dilakukan rawat jalan sesuai petunjuk dokter. Namun memang selama 35 tahun tersebut sepertinya belum benar-benar sembuh total:
    - kadang masih terasa pegal2
    - kepala sering pusing
    - nafas terengah-engah
    - ada benjolan (kelenjar getah bening?) di ketiak
    - berat badan konstan walau tidak naik

    Apakah ini memang gejala bahwa TBC belum sembuh? apakah Mbak De sudah tidak merasakan efek2 seperti itu sekarang?

    Wassalam

    • Wa’alaikumsalam.
      Terima kasih sebelumnya sudah membaca blog de.

      Untuk mengetahui apakah sudah sembuh dari TBC atau belum, sebaiknya periksakan kondisi Ibu ke dokter. Terlebih karena ada gejala-gejala seperti pusing, nafas pendek, badan pegal2 juga benjolan.

      Saya sendiri masih rutin check up ke dokter sekali setahun. Alhamdulillah tidak merasakan gejala seperti yang Ibu rasakan tsb.

      Saran saya, mohon ibu dibawa ke dokter untuk periksa lebih detil lagi

  266. Assalamu Alaikum mbak,
    Bisa minta nomor yg bisa aku hub nggak,
    Saat ini aku di Takeley Inggris dengan penyakit Tb tulang yg menahun, tapi GP (dokter) tidak menyarankan operasi karena umur.
    Aku ingin ngobrol ttg penyakit Tb tulang ini.

    Wassalam

    Tono

  267. mba, sekitar beberapa bulan lalu jalan saya mulai pincang-pincang tapi masih bisa jalan. kemudian pas bulan puasa kemarin punggung saya sering sakit ngilu gitu terus saya pergi ke tukang urut sudah mendingan. katanya sih suruh balik tiap seminggu sekali. cuman pas pertama di urut saya sudah merasa mendingan.

    kemudian pas habis lebaran H+4 jalan saya makin parah. lalu saya balik ke tukang urut tsb rasa ngilunya hilang tapi jalan saya makin parah. kaki saya bener-bener ngga bisa di angkat dan diajak jalan. saya hanya bisa berbaring dikasur beberapa hari.

    kemudian saya dibawa ke RS masuk ke UGD dan di rontgent kata dokternya (dr.umum) gpp tapi saya dapat rujukan ke dokter syaraf. kemudian saya dikasih obat rasa ngilu saya hilang dan kaki saya sudah mulai membaik jadi saya pikir ga perlu ke dr.syaraf. akan tetapi ketika obatnya habis kaki saya sakit lagi. saya ngerasa kaya kecanduan gitu.

    kemudian saya pergi ke RS itu lagi dn ketemu dokter (dr.umum) yg lain lalu hasil rontgent yg kemarin itu di lihat dan ternya tulang belakang L2 saya hyperdens (menyempit gitu) lalu saya hanya diberi obat dan obat yg diberikan juga menghilangkan rasa ngilu tsb. tapi saya ngerasa seperti kecanduan obat gitu. lalu saya dibawa ke tempat patah tulang katanya tulang selangkangan saya retak bagian paha bokong saya dililit perban sebagai penyangga dan sepulang dari tmpt patah tulang saya ngerasa mendingan dan bisa jalan normal. tapi setelah perban dilepas kaki saya mulai sakit lagi. lalu saya pergi lagi ke tempat patah tulang tsb jalan saya malah makin parah sampai sekarang.

    karena obat saya habis dan saya merasa membutuhkan obat dari dokter tsb saya pergi ke RS itu lagi dan ketemu dg dokter yg beda lagi (dr.umum) saya di suruh cek LED dan ditemukan hasilnya diatas normal. kemudian dr. itu menduga ada kelainan di bagian pelvis (pinggul) saya di suruh rontgen bagian tsb. dan diperoleh hasil normal. kemudian saya dirujuk ke dr. spesialis dalam dan saya diduga terkena TB tulang. lalu saya disuruh cek darah, rontgent thorax, cek BTA.

    katanya tulang saya terinfeksi TBC. saya langsung drop saya bingung sama apa yang harus saya lakukan. soalnya setelah saya searching2 ttg TB tulang ternyata biayanya sangat mahal. jadi saya bingung masalah biayanya. dan sekarang ini saya hanya dikasih obat, tapi sepertinya obat yang dikasih itu bukan obat untuk tb tulang.

    menurut mba de saya harus gimana??? saya masih ingin sembuh.

    mba boleh saya minta nomor tlp’nya??? makasih

  268. terharu banget mbak saat baca artikel ini, saya membuka halaman ini utk mencari refrensi skripsi, nah,, ternyata bener2 nambah ilmu..

  269. mbak de, apa yang harus diperhatikan buat pasien tb tulang?
    Tergantung dari apakah keadaan baik dan jeleknya keadaan pasien dengan TBC tulang belakang?

    • Yang harus diperhatikan tentunya kondisi tubuh pasien itu sendiri.

      Konsumsi obat dengan teratur, lakukan perintah dokter, dan jaga asupan makanan.

      Karena jangka waktu konsumsi obat yang cukup lama, biasanya pasien malas dan bosan minum obat. Harus terus diingatkan oleh keluarga dan teman, supaya pasien tetap mengkonsumsi obat sampai dokter menyatakan pasien telah bersih dari TBC

  270. Alhamdulillah..
    Allahu Akbar…
    Sungguh bahagia saya membaca riwayat De n Ajeng…
    Yg akhirnya bisa sembuh dari TB Tulang. Krn sjk tgl 3 Okt 2013, stlh MRI istri saya ketahuan klo kena sakit TB Tulang. Dan skg baru melakukan penyembuhan dg obat jalan di rumah. Sesuai saran Prof Respati dokter spesialis Bedah Tulang Belakang, Dirut RS Orthopedi Solo dari hasil MRI tidak perlu operasi cukup pengobatan aj dan obat yg diminum tdk boleh telat harus rutin sesuai petunjuk dokter. Dan sebulan sekali seblm control dokter cek lab dlu. Prediksi dokter pengobatannya 6-9 bulan. Mhn doanya smg istri saya diberi kesehatan yg sehah wal ‘afiah, aamiin Yaa Rabbal’alaamiin..

  271. Mengharukan, bikin bersemangat, keren.. makasih sudah berbagi.. sangat menginspirasi

    #nyasar ke blog nya mba De dari blog nonik..

  272. Assalammu’alaikum mba de….
    jujur sata sangat termotivasi dengan semangat yg mba dee jalani, saya sedang menjalani pengobatan tbc paru dan sudah berjalan 3 bulan…yg saya mau tanyakan apa yg mba de rasakan dari efek samping meminum obat tbc? saya boleh minta no telp mba de ga? tq be4 mba de….

    • Wa’alaikumsalam wr.wb
      Efek samping dari konsumsi obat TBC macam-macam, tergantung obatnya juga.

      Sebaiknya ditanyakan langsung ke dokter. Pasti dijelaskan secara detil kok, kalo pasien kritis bertanya

  273. Pingback: Korsetan Yuk | Masrafa.com

  274. baca postingan de, saya jadi ingat pada tahun 2010 saat saya sakit dan lumpuh karena tulang belakangku digerogotin kuman tb, pada saat itu saya juga nggak yakin akan sembuh, tapi apapun sakitnya kita memang nggak boleh pasrah dan harus yakin diberikan kesembuhan, saya juga menjalani operasi tapi tidak pasang pen, walaupun masa recoverynya lama, alhamdulillah sekarang sudah diberikan kesembuhan dan tinggal menjaga kesehatan kita dengan sebaik-baiknya, intinya penyakit tb tulang belakang pasti bisa sembuh (dengan ijinNya),

  275. mba,,istri saya sdah operasi abses 2 bln yang lalu karena tbc tulang..tp alhamdulilah tidak ada masalah yang serius pada tulangnya.kata dokter hanya ada retak sedikit di paha,jd dah boleh pulang.dan luka habis operasi’a pun skrg sdh mulai rapat kmbali..tp knp msh merasakan nyeri di telapak kaki,,itu wajar atau tidak mba…

    • sudah cek lagi ke dokter tentang kondisi telapak kaki yang masih suka nyeri?

      sebaiknya diperiksa ke dokter, untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien. Apakah ada penyebab lain dari rasa nyeri di telapak kaki, atau memang masih dalam tahap penyesuaian saja.

      Coba direndam dengan air hangat yang dicampur garam untuk mengurangi nyeri nya. Dan rutin minum vitamin B komplek

  276. Luar Biasa,… mbak De, Tuhan mmg sll memberikan jalan keluar bagi umatNya.

    Sy senang dan bangga dg mbak De.

    1 bl lalu sy jg operasi tulang blkg. Bukan TBC tulang tp spondoloarthosis L4-L5. Sy sakit sudah 17 tahunan.

    Berbagai macam pengobatan medis dan alternatif sudah sy jalani. Tp sy tidak pernah berputus asa. Selalu bersemangat menjalani hidup walaupun ketika sakit mendera, luar biasa nikmat sakitnya. Tp Tuhan mengijinkan sy sembuh mll operasi bulan lalu. Walau br 1 bln sy merasa sehat, walaupun blm aktivitas berat. msh yg ringan.

    Yg mau sy share disini,….. Obat paling mujarab adalah keinginan untuk sembuh dr dalam diri sendiri dan sll bersamangat tdk pantang menyerah, tentu saja dg dukungan medis. Pasti bs sembuh

    u teman2 yg masih sakit jangan pernah putus harapan, pasti ada jalan keluar u sembuh. Sy menunggu 17 tahun dan akhirnya mujizat dtg juga. Saya sembuh skg, Makasih.

    Salam kenal u mbak De.. semoga Tuhan sll memberkati Mbak de dan keluarga. Amin

  277. 6 bln yg lalu sy baru saja selesai terapi minum obat selama 6bln dan dikatan sembuh tp saya takut apakah masih ada soalnya kaki sy sedikit pegal jika terlalu l
    ama berdiri.yang saya mau tanyakan apakah abses dingin atau tulanh dpt kambuh lagi

    • Tentu bisa kambuh lagi, kalau mantan pasien tidak menjaga kesehatan dan asupan makanannya.

      selalu cek kondisi tubuh ke dokter secara rutin, untuk mengetahui perkembangan apakah sudah bersih atau ada kemungkinan kambuh

  278. Aswrwb.
    Mba de insyaallah besok mamahku akan operasi tbc tulang. Saya sudah kirim email berisi pertanyaan ke mba de. Mohon reply.
    Terimakasih atas tulisan mba yang inspiratif.dan mohon doanya agar operasi berjalan lancar n mamah bisa sembuh seperti semula. Amiin yra.
    Wassalam

  279. Pingback: Mami Sakit | Masrafa.com

  280. Mb de ibu sy sekrg sedg dirwat di rs fatmawati kena spondilitis tb dan hrus operasi. Sekrg ibu saya tdk bs BAB, tdk bs BAK dan kaki tdk bs digerakkan. Apakah waktu itu mb de seperti itu tdk bs BAB dan BAK?? Terimskasih. Minta no hp nya mb

    • Sudah dikonsultasikan ke dokter tentang konsisi ibu yang sulit BAB dan BAK?

      Paska operasi memang saya mengalami yang sama, tapi gak lama. Dipicu karena saya yang jijik kalo harus BAK dan BAB di pispot. Tapi setelah diberi pengertian oleh dokter, dan saya bisa melakukan sendiri di toilet, alhamdulillah lancar lagi.

      Coba dicari tau dulu penyebab nya apa. Dan tanya dokter harus treatment apa untuk mengatasinya.

  281. Asswrwb De,
    Istri saya (48 th) telah menjalani Operasi karena TB Tulang pada 13 Nov 2013 yl. berarti sudah lebih dari 3 bulan. Sampai saat ini masih belum bisa BAK dan BAB sendiri karena masih terbaring di atas tempat tidur. Untuk duduk di atas kursi roda harus dibantu dan tetap menggunakan Brace (Jewed) yang mirip dengan yang De pakai. Obat TB tetap dikonsumsi yaitu : Rifampicin, INH, Pyrazinamide dan Ethambutol. Sudah seminggu ini memanggil Fisiotherapist ke rumah karena istri saya ingin sekali bisa berjalan seperti semula namun kondisi kaki masih lemah dan belum bisa menopang tubuh untuk dapat berdiri.
    De, apakah latihan berdiri di atas Walker dengan bertumpu pada kekuatan tangan yang dibantu Fisiotherapist karena kondisi kaki yang masih lemah (belum bisa menapak lantai) masih bisa diteruskan, karena kata istri saya setelah latihan tsb. badan dan kaki terasa sakit.
    Apakah De Pasca Operasi yang kedua dan ketiga membutuhkan jasa Fisiotherapist untuk bisa berjalan, karena De mengatakan nyaris lumpuh dari pinggang ke bawah. Apakah De bisa berjalan dengan sendirinya setelah TB Tulangnya sembuh ?
    Terima kasih atas jawaban De dan advisnya.

    Wassalam

    • Memang paling berat adalah paska operasi dan berlatih untuk bisa jalan kembali. Gak mudah, sakitnya luar biasa. Sama kok saya juga merasakan yang sama.

      Tapi semua itu terbayar lunas ketika saya berhasil berdiri tegak dan bisa lincah lagi kesana kemari.

      Alhamdulillah saya diberikan semangat yang cukup tinggi dari keluarga dan teman2. Saya tidak menggunakan jasa fisioterapis, hanya berlatih sendiri aja di rumah.

      Kondisi pasien berbeda-beda, toleransi pasien terhadap rasa sakit juga beda-beda.

      Tulisan saya yang mungkin terlihat mudah dijalani, ya itu karena semangat saya untuk menuju kesembuhan juga sedemikian tinggi. Jadi mohon jangan paksakan pasien lain memiliki kemampuan yang sama. Berikan dukungan dan semangat ke istri tanpa lelah, karena hal ini pasti berat dijalaninya.

      Kalau saya bisa, insya Allah orang lain juga bisa SEMBUH dan kembali beraktivitas normal.

      Semoga istrinya diberikan kesembuhan yang sempurna ya

      • Alhamdulillah, terima kasih atas jawaban, support, advis dan doanya, akan saya sampaikan ini pada istri saya. Sekali lagi terima kasih ya De.. . Semoga para penderita TB Tulang diberikan ketabahan, kesabaran dan kesembuhan. Aaamiiin YRA.
        Wassalam
        Dradjat

  282. Pingback: Pay it foward | Masrafa.com

  283. assalammualikum….
    Mb,apakah tb tulang bisa menyerang balita? Dari mulai terinfeksi sampai ketahuan buasanya apa perlu waktu tahunan atau langsung bisa dideteksi?
    Kalo tb kulit gejalanya gmn yaa…saya cari literaturnya tp gak pernah namuin.
    Gara2 nya anak saya demam sampai seminggu gak sembuh2 tanpa ada gejala lain…sy pikur sih dia cuma dehidrasi.
    Sama Dsa disuruh rontgen dan tes mantoux dinyatakan positif tb krn hadil suntikannya mlendung lebih dr 10mm.

    Tp sy cari second opinion kata dokter kedua bilangnya blm tentu tb apslagi melihat anak sy yg lincah dan aktif bgt. Lalu kami cuma dikasih obat profilaksis sekunder dg inh.

    Hbs minum itu rutin selama 3bulan mlendung bekas suntik mantouxnya kempes dan anak sy dinyatskan sembuh.
    Tp skr berat badan anak sy sering turun pdhl maemnya byk..danbkulutnya jd kerung dan bersisik. Apa anak sy ada kemungkinan kena tb kulit y?

    Mohon informasi lebih lanjut dan jgn sampai anak sy mengalami yg mb de rasakan…

    Mb de hebat salut buat mb. .

    Terimakasih

  284. putriku juga (skrg 13 th) terkena TB tulang, keluhan hampir sama dengan yg dialami mb de. alhamdulillah tanpa operasi, pengobatan melalui jus buah/sayur tertentu yang dibuat tiap hari oleh ‘seseorang’. sesekali cek ke dokter tulang, peny. dalam, pernah ke syaraf juga.

    Alhamdulillah dari september 2013 s.d. sekarang masih terus minum jus buah/sayur. hasil rotgen dan hasil cek darah terakhir (akhir maret 2014) dokter menyatakan kuman tb negatif.

  285. tambahan juga untuk share saja…untuk mb ardhani….. dilakukan pemeriksaan lebih detail lg sj.
    Putriku juga pernah timbul bercak2 dikulit, awal merah2 kemudian ada semacam putih2 dan gatal, timbul di bag kaki dan paha.

  286. assalamu alaikum
    Mohon infonya mba ade, saya sekarang sedang menjalani pengobatan pasca operas pada oktober 2013 di bagian paha atas atau di engkel saya harus menjalani pengobatan selama 17 bulan, awalnya saya lumpuh total dan kalau di sentuh dibagian paha kebawah terasa sakit hebat, sampai saat ini sdh banyak perubahan dan sdh bisa jalan meski belum 100% normal dan paha belum bisa dilipat, setiap dibawa jalan agak lama nafas saya selalu ngosngosan atau mudah capek dan paha tidak bisa dilipat atau kaku seperti pegal dan capek, berat badan sdh ada kenaikan meski sedikit, saya minum obat tdk teratur meski hanya sehari skali (selalu pindah jam) misalnya dulu awalnya minum obat pagi jam 7 kadang pindah jam 10 pagi apakah itu pengaruh pada pengobatan mba krn saya tidak dikasih tau prosedur minum obatnya yg dikasih info dr dokter hanya sehari sekali dan ini sdh msk ke bulan terakhir dan selama ini saya sdh tidak pernah kontrol yg seharusnya 6 bulan terakhir krn terbentur dengan biaya dan lokasi yg jauh (tempat operasi dulu di RS Mitra bekasi dan skrng saya di jawa timur) bagaimana menurut mba ade sebaiknya. Mohon dikirim ke email juga ya mba

    Terima kasih atas jawabannya
    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>