Kusuma Agrowisata – Batu Malang

Bosan dengan kondisi kota Surabaya yang panas dan tukang jajanan yang pada tutup, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Malang – BLitar. Alhamdulillah macet di Porong gak terlalu panjang, jadi kami bisa sampai di Malang sebelum waktu sholat jumat.

Saat nunggu masguh dan akung sholat jumat, de sempat sms-an ama Maki untuk tanya-tanya objek wisata di Malang. Kebangetan aja kalo dia sampe gak tau, secara pernah sekolah disitu. hehehe.

Tapi karena diantara kami gak ada yang tau jalan, dicarilah tempat wisata yang paling terkenal disana. Kalo cuma waterpark doang sih di BSD juga ada. Jadi diputuskan untuk ke Kusuma Agrowisata yang letaknya 23KM dari kota Malang. Pokoknya cari aja petunjuk jalan menuju Batu – Malang.

Kusuma Agro Wisata
Jl. Abdul Gani Atas Batu
Malang Jawa Timur
Telp. 0341-593333, 593195, 551565
Fax. 0341-593196, 596459

tuh siapa tau aja ada yg butuh info lebih lanjut, bisa nanya kesana langsung.

Udara disana sejuk *ya iyalah dibanding Surabaya*, pemandangannya juga bagus banget. Dikelilingi bukit, dan luasnya 70 hektar. Kusuma Agrowisata  ini terdiri dari Hotel, kebun apel, kebun jeruk, kebun stoberi, bahkan sekarang ada sayur-mayur juga. Ada restoran, toko souvenir, tempat bilyar, aula, sarana olahraga, fasilitas outbound, taman bermain anak sampai kebun binatang mini.

Tiket masuknya dibikin beberapa paket. Kami cuma ambil apket yang termurah yaitu 25rb per orang, sudah termasuk welcome drink (sari buah apel dalam kemasan gelas plastik), petik apel 2 buah dan jus apel 1 gelas. Paket termahal 40rb per orang, tiket termasuk welcome drink, petik apel/jeruk maks 4 buah, petik stoberi, 1 plastik sayur, jus/milkshake, juga sepiring nasi goreng.

Peraturan petik buah ditulis dalam papan yang diletakan dipintu masuk area pemetikan. Tapi pada prakteknya banyak juga buah yang berjatuhan ditanah karena orang main asal tarik aja. Sayang banget deh :(

Sampah gelas plastik bekas welcome drink juga berserakan disepanjang area. Tempat sampah penuh berisi gelas plastik. Gak tau deh jadwal pembuangan sampah gimana diaturnya. Sampai bisa menggunung seperti itu. Malah sampai berceceran disekitar tempat sampah.

Rafa sibuk mencari apel berukuran agak besar. Karena kami memiliki 5 tiket, berarti jatahnya 10 buah. Hampir semua dipetik Rafa. Uti cuma megangin hasil petikan, Akung gendong fayra, Papa sibuk moto, mama sibuk nunjukin Rafa mana apel yang layak dipetik.

Saat kami berjalan mengelilingi area agrowisata, ada beberapa kebun yang tidak terawat. Entah karena tempat ini terlalu luas dan sumber daya manusia untuk merawatnya kurang, atau memang sudah selesai masa panen dan memang kering begitu pohonnya. Tapi yang pasti, kondisi seperti foto diatas itu membuat pemandangan agak terganggu keindahannya.

Saat Rafa mengajak masuk ke taman bunga, mama menolak dan mengajukan uti untuk nemenin Rafa ke dalam. Fayra beneran alergi serbuk bunga, beberapa waktu lalu diajak mbah mami ke taman depan kolam renang komplek … pulangnya bentol2. Kasian kalo diajak masuk ke taman bunga lagi, gak tega liat dia garuk-garuk kegatelan. Yah semoga alergi ini gak sampai dia dewasa, kasian nanti gak pernah ngerasain terima bunga dari cowok.

Liat kandang disebelah kanan foto diatas? Itu lah kandang beberapa binatang yang ada disini. Berbagai jenis burung (Rafa sempat melihat burung merak ketika mekar … wah dia sampai takjub), berbagai jenis ayam (sampe ada ayam mutiara loh…lucu deh bulunya polkadot¬† seperti bertaburan mutiara), kelelawar, juga beberapa jenis monyet.

Rafa dan Fayra puas banget lari-larian disini. Setidaknya Rafa punya bahan cerita tambahan untuk PR dari sekolah “mengarang cerita libur lebaran”.

PS: rambut Fay ala jamur, kok jadi mirip anggota band changcuter yah? hihihihi

20 thoughts on “Kusuma Agrowisata – Batu Malang

  1. mirip dora gak ?

    jaman gw kecil tuw de… puas maen di batu :D keluarga papa banyak yg dari sana soalnya.
    keren yaa liat pohon apel banyak begitu, biasa ngeliat di bagian buah-buahan di supermarket doang :D

  2. kLo tntang ph0n apeL yg kering tU bkN krNA kUrang pRawAtan atAU gmNA x…
    Tp tU krn sistim pRawAtanx.ph0n apel d agr0 wisata mNggunakan sistim gugur bwtan spya apel dpat d panen scepatx..,met0dE pENAnamanx kyak anggur.
    Krna tU d agro wisata ph0n apel bz 1 th 2 kLi panEN.

    KrNA Q pRNh jd guide d kusuma agro wisata.
    Thankz…

  3. 25 dan 26 desember kemaren aku ke kebun apel daerah di daerah selekta,kok pohon nya byk yg kering apel nya byk busuk dan bolong2,niat mau ber foto foto,ga jadi…terpaksa poto ikut orang panen wortel…makaseh ya ats info nya

  4. itu bukan gak kerawat, tapi emang cara pemeliharaannya gitu bozz..setelah erbuah, batang2 kecil dipotong, lalu daunnya dirontokkan…

  5. Saya kepengin membawa murid saya kesana, kira-kira bisa dipakai untuk kegiatan pembelajaran? Thanks

    Tentu aja bisa, nanti ada guide nya kok yang menjelaskan semua proses penanaman apel disana.

  6. Saya pernah ikut pelatihan di Hotel Kusuma Agrowisata ini, tapi janji – janji akan dapat lencana cendrawasih itu kok tidak ada, apa saya di Bohongi atau memang tidak dapat.

    Wah maaf pak, Saya cuma pengunjung di Agrowisata ini

  7. Buah Apel sebenarnya paling cocok hidup di negara 4 musim, saat musim gugur *daunnya pd rontok* dan d indonesia gak ada musim gugur mk daunnya sengaja digugurkan, agar bunganya dapat tumbuh
    Dan perkembangan bunga menjadi buah akan lebih maksimal (menjadi buah yg besar) bila tidak terganggu oleh banyaknya daun .. nggak rebutan makanan antara daun dan calon buah .. kira2 begitu bhs gampangnya dr buku yg sy baca :)

  8. Pingback: Liburan Anak » Agrowisata Petik Buah di Kota Batu

  9. kemarin ane juga tour dari situ,,wah asyiknya bareng ma anak-anak sdit insan mulia,, wonosobo,, jadi pengen kesitu lagi

  10. pingin kesitu lgi,,,
    dulu kan pernah kemalang tempatnya sangt indah apalagi di kusuma agro,,huuuu dungin,,,,,
    rindu bersama teman-teman keyika di batu malng,,,,

    kangen dengan apel malng,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>