Mencari sekolah di Serpong

6 bulan menjelang pindah rumah baru, kami mulai window shopping di sekitar Serpong. Gak cuma window shopping liat furniture dan bahan bangunan aja … tapi sekolah anak-anak juga kami liat-liat karena ini jauh lebih penting.

Hasil survey sekolah dengan mencari informasi dari website, telepon juga datang ke sekolah … pendafataran sudah dibuka sejak Desember 2009. Tes masuk sudah dimulai Jan sampai Mar 2010 yang dibagi beberapa gelombang. Pembayaran uang masuk sekolah dimulai Mar 2010. Itu semua untuk tahun ajaran 2010-2011 yang baru akan dimulai bulan JULI.

Untuk Fayra yang akan masuk TK, mencari sekolahnya jauh lebih gampang. Sementara Rafa yang sekarang kelas 3SD, ada ditengah-tengah periode SD. Jadi kami fokus mencari sekolah SD yang bisa terima Rafa, kemudian Fayra akan mendaftar TK di sekolah yang sama.

5 sekolah yang kami datangi:

  1. Al Fath BSD
  2. Tadinya kami berpikir urusan sekolah tidak akan menjadi sesuatu yang serius, karena sekolah Rafayra sekarang yaitu Al Fath Cirendeu memiliki cabang di BSD. Kami sempat bertanya jika pindah sekolah, tidak akan dikenakan biaya karena hanya pindah administrasi dan lokasi aja. Tetapi ketika kami datang ke kantor administrasi SD Al Fath BSD, kelas 3 disana sudah penuh dan hanya ada 1 kelas aja. Nama Rafa sudah masuk di waiting list nomor 3.

  3. Cikal Harapan
  4. Setelah mengetahui kelas 3 SD Al Fath sudah penuh, kami mencari sekolah yang tidak jauh dari rumah nantinya. Kami menemukan Cikal Harapan yang haya berjarak 1km dari rumah. Staf administrasi mengatakan kelas 3 nya sekarang penuh. Kami diminta untuk menulis data anak di buku tamu, kalau nanti ada murid yang pindah mereka akan menginformasikan melalui telepon.

  5. Raudhah
  6. Ketika kami kesana bulan Desember, kelas 3SD ada kursi kosong. Tapi awal Januari kami kesana lagi, kursi tsb sudah ada yang ambil. Anak tsb pindahan dari sekolah lain dimulai semester 2 di bulan Januari ini. Kami diminta menuliskan data di buku tamu lagi, urutan nomor 5 di waiting list kelas 4SD.

  7. Al Azhar
  8. Siapa sih yang gak tau reputasi sekolah ini? Begitu melihat fasilitas dan mengetahui bahwa Al-Azhar sedang memproses ijin untuk menjadi intl school, kami langsung pergi ke ruang pendaftaran. Ternyata semua pendaftaran dilakukan online, setelah itu transfer pembayaran, kemudian konfirmasi online juga di web nya. Kami melakukannya untuk mendaftarkan Fayra.

    Untuk anak pindahan seperti Rafa, prosedurnya manual ke ruang tata usaha. Seperti sekolah lain, kami diminta mengisi data di buku tamu. Nama Rafa berada di posisi 7 yang mengantri untuk masuk kelas 4 SD. Dan informasi ketersediaan bangku baru akan diumumkan bulan Juni. Kalau ada kursi kosong, semua anak di daftar waiting list akan ditest.

  9. Bina Nusantara (BINUS)
  10. Tadinya kami tidak memasukan nama Binus dalam list sekolah untuk anak-anak. Binus adalah sekolah international dengan biaya bulanan yang tidak sedikit. Materi Binus menggunakan kurikulum Cambridge. Bahasa pengantar yang digunakan ada 3, Indonesia – English – Mandarin.

    Akhirnya kami mendaftar di Binus karena mendengar Binus membuka kelas 4SD baru, masih ada 15 kursi yang kosong untuk anak dari luar Binus. Kami pun mendaftarkan Rafa dan Fayra ke Binus.

Phiiieewwhhh

Ternyata gak mudah mencari sekolah anak yah!

2 bulan terakhir (8x sabtu) kami pergi dari satu sekolah ke sekolah lain untuk mencari informasi tentang ketersediaan kursi kelas 4SD. Mulai dari ruang pendaftaran, ruang tata usaha, menemui kepala sekolah … semua jalan kami tempuh.

Berapa besar sih kemungkinan ada anak pindah sekolah? Udah gitu 1 kursi kosong pun diperebutkan 5-10 orang dalam daftar tunggu.

Dengan segala pertimbangan, Rafa dan Fayra menjalani tes di Binus Sabtu 6 Feb 2010.

Fayra hanya diminta membawa pensil warna. Soal tes hanya selembar kertas bergambar tanpa warna. Anak-anak diminta mewarnai gambar tsb. Pengawas melihat ketekunan anak dalam mewarnai, konsentrasi anak, juga bercakap-cakap dengan anak untuk melihat pengenalan anak terhadap beberapa warna.

Rafa diminta membawa alat tulis. Soal yang diberikan berupa tes tulis, matematika dan wawancara yang semuanya dilakukan dalam bahasa Inggris. Setelah tes, pengawas memanggil kami untuk menjelaskan kondisi Rafa selama mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan wawancara.

He did great. I’m amaze with his concentration. He can answer the questions and he can describe him self in english. I even told others to follow the way Rafa do the job.

Papanya tanya “so what do you think about the possibility? Does Rafa have a chance to get in here?

Dijawab oleh ibu guru tsb “I guarantee he will get it. I will be happy to have Rafa in this school

Setelah itu gurunya ngajak ngomong Rafa: “If you want to get in this school, you have to practise your english. Don’t be shy. Just speak what’s on your mind. Don’t be afraid of making mistakes. You know what? even native speaker makes mistakes.

Saya berbisik di telinga Rafa “kamu tau gak gurunya ngomong apa?

Rafa dengan kesal menjawab dengan berbisik “iya ngerti ma. gak usah ditranslete aku tau kok. aku gak boleh takut ngomong bahasa inggris

hehehe ya maap mas, kirain kamu angguk-angguk doang. Ternyata beneran ngerti.

Ketika meninggalkan Binus, Rafa bilang “tapi kan sekolah ini mahal ma?”

Saya pun mewek dan berjanji “Kalo kamu lulus tes dan diterima, kamu gak usah pikirin mas. Mama dan papa akan cari uangnya. Selama kamu terus belajar dan menikmati waktu-waktu di sekolah, apapun akan kami lakukan untuk kalian.

Kemarin saya menerima telpon dari Binus “Rafa dan Fayra lulus tes dan diterima bu. Silahkan registrasi ulang sebelum tanggal 23 Feb 2010

Alhamdulillah, we’re proud of you kids!

Updated: Perkembangan anak-anak di Binus School bisa dilihat disini yaa

24 thoughts on “Mencari sekolah di Serpong

  1. Selamat ya Rafayra… ikut seneng deh. ;)
    Gw soal skul Nikki sekarang pilihannya cuman SD negeri doang. ^_^ Jd nunggu sekitar Mei-Juni. Dah survei siiih.
    Papanya Nikki tdnya pengen masukin ke SD Islam (Darussalam or Al Azhar). Tp gw yg belon bisaaaaa… soalnya sampe sore. Bisa2 gw gak pernah ketemu Nikki. :(

    Sekali lagi, selamat ya Mas.. juga Mbak fayra (jd inget fayra yg manggil papanya “Mas teguh”). Wkwkwkww.

  2. alhamdulillah, selamat ya rafayra akhirnya udah pasti dapet bangku sekolah di binus. Ntar kl dah sekolah di binus, mama dan papa kyknya harus kursus bahasa mandarin nih buat temen belajar conversation dirumah .. two thumbs up for both of u rafayra :)

  3. alhamdulillah, akhirnya dah dpt bangku juga … selamet ya rafayra … tinggal mama papa nyediain dananya :D

    besok, gw nganter keisha daftar sekalian observasi di calon sekolah tk-nya …
    hmmm, nervous nya udah dari sekarang :P

  4. Deeuuu mas rafa ama fay udah gede uiii..
    Semoga seneng di sekola barunya ya…
    mama papanya sering2 bhs inggris dongg jangan tagalog mulu kwkwkwkwkwk
    Sun buat semuahhhh
    Lagi pada liburan yah?? Pantesan sepi heheheh

  5. ya namanya ortu kerja nyari duit kan buat anak ya …asal anak hepi di sekolahnya, ortu pasti nyariin biayanya :)
    selamat pindah sekolah dan menambah teman ya Rafa&Fayra :)

  6. Salam Kenal mbak,

    saya juga lagi nyari2 sekolah tuk anak nech, kebetulan tinggal di BSD juga… kalau boleh tanya, antara Al-Fath dan Cikal Harapan dilihat dari berbagai faktor lebih bagus mana yach, mbak? kalo AL- Fath itu sistem pendidikanna seperti apa yach, mbak..

    Btw, selamat yach tuk anaknya akhirnya bisa diterima di BINUS… semoga tambah pinter yach…

    Terima Kasih banyakkk

    Halo Mbak Vita,
    Udah coba datang ke Alfath dan Cikal Harapan?

    Saya saranin sih samperin ke sekolahnya deh mbak. Hal penting yang harus ditanyakan saat melihat sekolah, menurut saya:

    • visi sekolahnya apa
    • metode pengajaran yang digunakan
    • kurikulumnya (nasional, national plus, international)
    • kebersihan sekolah, terutama kamar kecil (toilet)
    • jumlah murid dalam 1 kelas dan jumlah guru

  7. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Exploring Week

  8. Dear Mama Rafa,

    Salam kenal…..seneng deh aku baca Rafa bisa masuk di Binus Int’l school, selamat ya. Soalnya anak2 aku sekarang sekolah di Al-Fath BSD, yang satu TK dan kakaknya kelas 2 SD.
    Harapan aku dan papanya, insya allah aku kepingin masukin anak2 SMP nya di Binus, tp skrg biar mereka di Al-Fath dulu, supaya basic agamanya kuat dulu, sambil tetep memperdalam English nya juga.

    Baca cerita Mbak, aku jd seneng, karena Rafa yang lulusan Al-Fath Cirendeu bisa lolos masuk di Binus, jarang2 anak dari luar Binus bisa lolos masuk sama Mom, krn faktor interview in English nya itu.

    Jadi insya allah Al-Fath bisa bikin anak2 aku competitive naantinya. Amin YRA.

    Thanks banget buat sharing nya Mbak :)

    Halo Mbak Rini,
    Kalo mau ngobrol lebih lanjut ttg 2 sekolah ini, lewat YM aja kali ya. Sudah de email tuh account YM de. Di add aja

  9. Pingback: Cerita Mama Rafayra » Blog Archive » Persiapan pindah rumah

  10. Dear Mama Raffa,

    Boleh sy minta YM id/ PIN kalo ada pengen nanya lebih lanjut ttg binus.

    Sy tinggal di BSD dan anak saya playgrup di slh satu sekolah di BSD, cuma karena satu dua hal kami memutuskan utk mencari sekolah lagi. Minggu ini kami udah berencana mau dateng ke open house binus, tapi pengen jg tau dr mba jg :)

    Salam kenal, Rara

  11. boleh minta email mbak rini or mama rafa? pin bb juga boleh, sy mau nanya2 soal sd al fath soalnya insyaAlloh mau pindah ke bsd dan ini lg cari2 sekolah buat anak saya. makasih..

  12. MBAK BISA SAYA TAU BIAYA SEKOLAH BINUS MAHAL GAK YAH? SAYA THN INI PINDAHAN KE JKT MASIH BINGGUNG DAFTAR PINDAHAN SEKOLAH BELOM TAU MO KEMANA NELP AZHAR SD WAITING LIST JUGA ,MAKASIH SHARINGNYA

    Capslock nya kepencet ya mbak :)
    Biaya sekolah Binus ada di web nya kok. Silahkan dicek aja. Notelp Binus juga ada di web mereka.

  13. Good Job!!! so lovely to read how you so concern with education of your kids. Wonderful

    Allow me to promote our Art Course, Wow ART Studio is a progressive and forward thinking children art learning studio that uitilizes the foremost thoughts and methodologies in early childhood psychology, creative development and art education in its signature art courses.

    visit us at Ruko Malibu B #1 Komplek ITC – BSD
    http://www.wow.com

  14. Mbaak..boleh japri gak buat nanya2 lebih kanjut tentang Binus sama Al Fath BSD. Akhir tahun ini ada rencana mau pindah BSD juga soalnya. Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>