Kegiatan Liburan

Rafa & Fayra sudah menerima annual raport di tanggal 31 Mei, alhamdulillah nilai mereka diluar dugaan kami orang tuanya. Kami paham bahwa 1 tahun pertama di sekolah baru tidak mudah bagi mereka, tapi Rafa dan Fayra menunjukkan bahwa mereka bisa dan alhamdulillah sekarang sudah merasa nyaman di sekolahnya.

Tanggal 1 Juni hari terakhir di sekolah. Fayra menghadiri Class Party dengan membawa Macaroni Schotel dan jus buah. Fayra juga melakukan tukar kado, dengan ketentuan nilai kado tidak melebihi Rp 20ribu. Fayra pulang dan berkata “it was so fun!

Sementara Rafa menghadiri pesta perpisahan di pinggir kolam renang sekolah. Hari itu Rafa membawa 3 pasang pakaian: seragam olah raga untuk main air – jeans & white tshirt untuk menari – 1 pasang lagi baju seragam biasa. Pesta perpisahan ini bukan hanya untuk murid-murid yang mungkin di tahun ajaran baru akan tidak satu kelas atau tidak satu sekolah, tetapi juga untuk guru-guru yang memutuskan untuk pindah mengajar di sekolah lain bahkan pindah negara. Rafa sangat kaget dan sedih ketika tahu Mr. Neil akan pindah mengajar di sekolah lain. Beliau adalah salah satu guru favorit Rafa dan karena beliau lah Rafa bisa mengalami peningkatan dalam berbahasa Inggris. Walaupun cengkok Scotish (Scotland – British) beliau membuat ucapan nya agak sulit dicerna telinga, tetapi cara mengajar beliau begitu membekas untuk Rafa. Kini Rafa tidak takut untuk berkomunikasi (verbal maupun tulisan) dalam bahasa Inggris. Rafa mengaku sempat menangis ketika Mr. Neil pamit. So sweet!

Setelah pesta … maka datang lah LIBURAN. Yippiieee. Rafa dan Fayra akan libur selama 45 hari, yupe karena mereka baru akan masuk sekolah tanggal 14 Juli (resmi belajar tanggal 18 Juli).

Wiken pertama di bulan Juni sebenarnya ada harpitnas, tetapi mama – papa terpaksa membatalkan cuti karena papa diminta tugas kantor ke luar kota. Fayra berpesan ke saya “kalo papa gak ada, kita jangan pergi naik motor ya ma. Aku juga gak mau naik angkot atau kereta. kalo mama mau ajak aku jalan-jalan, kita naik taksi aja” hahahaha she’s really my princess, no?

Dan ini lah kegiatan kami di minggu pertama liburan:

  1. Latihan Baca + Tulis
  2. Fayra merasa masih belum lancar membaca. Jadi Fayra membongkar peralatan sekolah, dan asyik membaca sambil duduk di sofa. Gak lama kemudian Fayra pindah ke meja makan, dan mulai menulis kalimat yang ada di dalam buku latihan membaca nya. Tanpa disuruh dan gak mau diganggu, Fayra melakukannya sendiri.

    Sementara Rafa meminta saya membuka AlQuran dan mendengarkannya membaca 5 ayat dari salah satu surat dalam juz terakhir. Alhamdulillah Rafa baru menyelesaikan Iqra dua minggu lalu, dan mulai masuk ke Juz’amma (mulai dengan membaca AlQuran halaman belakang dari surat An-Naba). Targetnya sebelum Ramadhan harus sudah selesai, sehingga ketika Ramadhan datang Rafa bisa mulai membaca AlQuran dari halaman depan. Semoga sebelum masuk SMP, Rafa sudah bisa khatam AlQuran. Amin.

  3. Membuat surat

  4. Beberapa waktu lalu Fayra membeli buku yang bercerita tentang seorang anak yang rajin berkirim surat dengan seorang putri kerajaan. Lembar terakhir buku tsb penuh dengan gambar perangko. Fayra menggunting salah satu gambar perangko, menempelkan di sebuah amplop kecil. Memasukan kertas yang sudah ditulis – gambar – lipat ke dalam amplop tsb dan menyerahkannya ke saya. Menggemaskan deh.

  5. Melukis batu
  6. Taman belakang kami sengaja dibuat menjadi taman kering. Karena chaya matahari gak penuh masuk dibelakang, akan sulit untuk rumput hijau tumbuh subur disini. Maka taman belakang kami penuhi dengan batu koral hitam dan putih, dan dilengkapi dengan beberapa pot bunga kecil.

    Saya mengusulkan untuk mengambil beberapa batu yang bentuknya menarik, kemudian dicuci bersih.

    Setelah itu batu dilukis menggunakan cat minyak. Dan hasil lukisan batu anak-anak menjadi seperti ini:

Alhamdulillah walau papa harus kerja, tapi anak-anak tetap bisa merasakan liburan dengan penuh kegiatan dirumah.

Tapi masih ada beberapa minggu kedepan nih, ada usul kegiatan apa yang menarik untuk mengisi liburan anak-anak?

4 thoughts on “Kegiatan Liburan

  1. kalo di BSD sih banyak pilihan paket liburan yang ditawarkan, tinggal yang anter kel okasi aja sama harganya juga hem…
    Krn izza lg seneng gambar fashion, aku ikutin di pasar modern ada kursus gambar manga seminggu ini, krn pas mbak ku pulang .. jadi aku juga cuti .. nah semoga setelah itu dia bisa asik sendiri (semoga ..)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>