Tempat Wisata di Shenzhen

Akhirnya mood untuk menulis perjalanan ke China bulan lalu datang lagi. Jadi mari kita lanjutkan dengan cerita tentang tempat wisata di Shenzhen yang selalu masuk dalam daftar ‘tempat untuk dikunjungi’ dari biro jasa perjalanan.

Perhatian: postingan ini akan banyak foto!

——————————————————————

Chinese Folk Culture Village (Splendid China)

Tempat ini adalah miniatur China layaknya Taman Mini Indonesia Indah. Menampilkan versi mungil dari bangunan bersejarah, tempat-tempat ikonik (seperti Great Wall, Forbidden City, Terracotta Warriors, etc), dan sejarah China. Luasnya 30K meter persegi. Harga tiket masuknya CNY 120 (1 yuan = Rp 1,300). Tempat ini dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Karena kantor berada di pinggir kota dan rapat baru selesai sore banget, jadi kami sampai di Splendid China setelah matahari terbenam. Salah kostum deh saya kesini. Masih pake high-heels, tempatnya luas banget, sampe sana udah malem. Harus lari-lari mengejar pertunjukan yang dimulai jam 19:30. Udah gitu tempat souvenir dan jajanan udah pada tutup. Jadi ngos-ngosan tanpa nemu penjual minuman sama sekali. Phiewwhh


Kami hanya sempat menonton theater colossal yang sangat spektakuler dan menampilkan seluruh budaya China. Bentuk theater nya seperti foto dibawah ini:

Bentuk panggungnya 3 dimensi. Dengan lantai yang bisa maju mundur, lantai samping yang bergerak ke kanan dan ke kiri, ditambah pencahayaan yang sangat luar biasa indah.

Pertunjukannya terdiri dari beberapa bagian, ada sejarah china – upacara pernikahan – perayaan hari lahir – persembahan untuk dewa bunga – olahraga khas China – adeganĀ  sirkus – tarian lampion – barongsai – kungfu – dll. Efek nya bagus, ada air mancur diatas panggung – kobaran api – sampai laser seperti dibawah ini:

Penari nya cantik-cantik, tinggi dan langsing. Putih mulus kaya keramik. Kalo ada lalat nemplok pasti langsung kepeleset deh. hihihi

Setelah pertunjukan selesai, kami gak bisa keliling area ini karena sudah mau tutup. Sebentar-bentar diingatkan oleh petugas kebersihan “buruan woy, mo tutup nih“. Tapi kami curi-curi kesempatan untuk memanfaatkan lokasi tertentu untuk foto-foto, walo kucing-kucingan sama petugas keamanan.

Liat gak tulisan difoto atas? The park is DOSED

hehehe maksudnya CLOSED, mungkin saat pesan papan tulisan dikertas closed terlihat nyambung huruf c dan l jadi seperti d.

Kalo ke Shenzhen harus sempatkan waktu untuk mengunjungi Splendid China ini. Dan jangan lupa tonton pertunjukannya. Bagus banget. Sulit dilukiskan dengan kata-kata. Makanya saya kasih sebagian fotonya aja yah biar kebayang, walau aslinya jauuuhhhh lebih indah. Maafkan kemampuan moto saya yang gak canggih.

——————————————————————

Window of the World (WoW)

Ini mirip sih ama taman mini juga, tapi miniatur dunia. Lokasinya gak jauh dari Splendid China. Harga tiket masuknya sedikit lebih mahal: CNY 140. Walau lokasinya dekat, saya main kesini satu hari setelah kunjungan ke Splendid China. Gerimis pun gak menjadi halangan deh. Daripada gak kemana-mana, mosok ke China cuma rapat doang.

Tempat ini dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 10:30 malam. Untuk mengelilingi area WoW, ada beberapa kendaraan yang tersedia didalam contohnya kereta monorel seperti dibawah ini:

Harga tiket untuk naik kendaraan ini berbeda dengan tiket masuk yah. Selain monorel, bisa naik mobil gandeng berbentuk kreta seperti ini:

Saat berhenti di beberapa spot, pak supir menawarkan penumpang untuk foto-foto selama 3 menit sebelum perjalanan dilanjutkan lagi. Hebatnya supir bus gandeng ini bisa cakap melayu. Karena saya dan teman duduk didepanĀ  percakapan kami dalam bahasa Indonesia terdengar oleh pak supir, beliau bilang “foto dulu 3 menit“. Begitu pun mbak-mbak penjaga tempat souvenir “mampir, murah“. Pasti karena banyak orang indo atau malay sering kesini deh.

Ikon atau bangunan apapun yang ngetop di dunia, tersedia versi KW nya disini. Dengan ukuran yang lebih kecil tentunya (biasanya 1:3 atau 1:5 atau 1:15 dari ukuran asli). Termasuk Borobudur juga ada loh. Tapi saya gak sempat foto :(

Di wilayah Mesir ini, ada Spinx dan piramid kecil. Lengkap dengan pasir dan pohon palem disekitarnya. Eh ada yang nawarin foto juga, lengkap dengan kostum dan onta. Tapi males aja foto pake kostum duduk di atas onta, sementara si penggembala onta nya sipit. Gak akan ada yang percaya kalo itu ada di Mesir beneran deh hahahaha.

Saya juga sempat naik ke atas menara Eiffel nya. Walo tinggi nya cuma 1/3 ukuran aslinya, tapi tetap deg-degan karena lift nya cuma muat untuk 6 orang dan geraknya diagonal dulu mengikuti kaki tower setelah itu baru lurus keatas. Dari atas tower kita bisa melihat kota Shenzhen yang penuh dengan ribuan gedung bertingkat.

Menurut saya gak ada yang istimewa lah dari taman WoW ini. Pertunjukan theater nya masih bagus di Splendid China. Mungkin kalau kita bawa anak-anak, taman ini memang berguna untuk mengenalkan anak-anak akan ikon yang terkenal di seluruh dunia. Sebenarnya WoW ini lengkap beberapa wahana permainan seperti DuFan. Ada indoor ski juga seperti yang saya kunjungi di Dubai, tapi tentunya lebih kecil ukuran arena ski nya. Tapi untuk manusia dewasa, taman ini ya sekedar taman bermain aja. Lucu untuk foto narsis-narsisan sih. Hehehe

——————————————————————

Ada satu tempat lagi yang saya kunjungi. Nantikan di postingan berikutnya ya!

Semua posting tentang China bisa dilihat disini

3 thoughts on “Tempat Wisata di Shenzhen

  1. mbak…minta referensi donk ttg t4 maem halal kl di shenzen, sering pengen ngerasain makanan khas di negara asal tp cukup ribet ya utk cari yg 100% moslem

  2. mba klau ke sana dari hongkong kira2 susah tdk ya trs disana bs bahasa inggris tdk ya blh minta tips u ke shenzen mba

    tq mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>